Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Pengalaman Mengurus Penggantian Paspor Biasa ke Epassport di Surabaya

Pengalaman Mengurus Penggantian (Upgrade) Paspor Biasa ke Epassport di kota Surabaya

halo pelanggan IDcopy.net yang kita cintai. Heheheh.

Kali ini Admin posting berbeda dengan yang biasa berbagi cerita yang fresh from the oven karena baru aja dikerjakan tadi pagi

Mengapa sih Ganti ?

Sebenarnya paspor lama saya masih berlaku s.d 2019 yang berarti masih ada 3 tahun lagi. Ketika perpanjangan terakhir di tahun 2014 sempat galau apakah pilih paspor biasa seperti sebelumnya atau paspor elektronik (e-passpor) atas pertimbangan biaya yg lebih murah dan tidak ada kelebihan yang mencolok akhirnya tetep pilih paspor biasa. Hasilnya ? Menyesal deh. Karena mulai Desember 2014 , WNI pemilik e-paspor bisa pergi ke Jepang dengan bebas visa dengan syarat mendaftarkan e-paspor terlebih dahulu ke kedutaan Jepang sesuai yuridiksi KTP.

Itulah kelebihan utama dari e-paspor.

Kalau kamu adalah pemilik paspor biasa dan ingin ke Jepang diharuskan mengurus visa biasa. Dan tahu sendiri visa biasa itu memakan biaya 300rb an untuk single entry dan melampirkan dokumen tetek bengek. Sedangkan jika kamu sudah memiliki stiker visa waiver Jepang di e-paspormu  masih ada kelebihan lainnya yaitu bebas keluar masuk ke Jepang selama 3 tahun dengan durasi sekali kunjungan maximal 15 hari (multiple entry). Dan gilanya lagi mengajukan visa waiver itu bebas biaya. Kurang enak apa coba. Memiliki e-paspor adalah investasi yang menguntungkan.

Kabar dari teman saya yg di Taiwan, per April 2016 WNI pemegang visa waiver Jepang juga berhak mendapatkan bebas visa kunjungan selama 30 hari infonya di sini. Kalau kata orang Madura itu “Shoot two bird using one stone”.

Jadi , untuk kamu yang berencana ke Jepang alangkah baiknya untuk ganti ke e-paspor. Meskipun paspor biasa mu masih aktif tetap diperbolehkan. Simak pengalaman saya di artikel ini.

Apa saja yang disiapkan ?

Inilah daftar dokumen

  1. KTP
  2. Kartu Susunan Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran/ Ijazah (maximal SMA)/Surat Nikah ( wajibnya pilih salah 1 tetapi akan lebih baik pilih 2)
  4. Surat Rekomendasi atasan (bagi yang bekerja)
  5. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau surat keterangan mahasiswa dari Kampus (bagi yg berstatus mahasiswa/pelajar)
  6. paspor lama
  7. Materai 6000

Dokumen di atas di fotokopi di kertas A4 dan bawa juga aslinya. Khusus untuk KTP, KTM biarkan utuh tidak perlu dipotong karena petugas akan memasukkan ke dalam scanner otomatis.

Dan pastikan KK asli sudah ditandatangani oleh kepala keluarga. Banyak pemohon disuruh pulang karena lupa tanda tangan KK. Bawa map bening sekaligus bolpen sendiri ya supaya memudahkan mengisi formulir nantinya.

Datang Ke Kantor Imigrasi

E-paspor harus diurus secara walk-in alias pemohon ybs harus datang ke kantor dan hadir mengambil no.antrian, tidak bisa secara online seperti paspor biasa. Kabar gembira, sejak Januari 2016 sistem kuota telah dihapus sehingga tidak perlu datang subuh-subuh untuk dapat no.antrian. Sekarang sistemnya berubah ke sistem berbasis waktu.

Jadwal untuk mengambil no.antrian adalah jam 07.30 – 10.00 setiap harinya. Datang makin pagi makin baik karena kamu akan mendapat no. antrian paling awal. FYI sejak jam 06.30 orang sudah ramai mengantri lho. Pengalamanku dapat no.urut 122 (B-122) tercetak jam 8.50 dan mulai mengantri jam 8.00. Tapi tenang berapapun no.antrian yang diambil sampai jam 10 akan tetap dilayani oleh kantor imigrasi walaupun sudah lewat jam kerja.

Setelah dapat no.antrian kamu bisa duduk manis mengisi formulir dan menunggu no.dipanggil. Kalau dirasa no.antrian masih jauh , boleh ditinggal kok, mungkin mau nongkrong di kedai kopi depan graha pena atau tengak-tenguk di masjid UBHARA. AWAS, jika kamu tidak hadir saat no.antrian dipanggil, kamu harus datang lagi esok harinya. Jadi tetap hati-hati jangan ditinggal jauh-jauh.

oh ya, Untuk mengurus e-pasport kamu harus datang ke Kantor imigrasi yang berlokasi di Lantai Dasar Graha Pena Surabaya (sejak Mei 2016). Ini adalah kantor sementara karena gedung kantor imigrasi yang di Waru sedang direnovasi (kata petugas imigrasi akan rampung pada Mei 2017). Kata satpam di kantor imigrasi dalam sehari rata-rata ada 200-an no.antrian yang diambil untuk walk-in dan paling banyak pernah 350-an nomer dalam sehari.

TIPS :

– Parkirlah sepeda motor di area parkir kampus UBHARA harganya 3rb, sebenarnya bisa gratis kalau kamu punya penampilan mahasiswa dan sok cool saja seolah kamu memang mahasiswa UBHARA. Hahahhahaha.

  • Bawalah power bank , camilan, makanan , gadget, buku, majalah, dll untuk membunuh waktu dan mengatasi kebosanan. Ajak juga pacar atau teman supaya ada teman ngobrol.

Sesi Wawancara

Petugas akan mengecek kelengkapan dokumen dan katakan bahwa kamu mengurus E-paspor. Dan mungkin kamu akan ditanya mengapa mengurus e-paspor sedangkan paspor lama masih berlaku. Jawab saja ingin mendapatkan bebas visa ke jepang. Pertanyaannya ringan kok tenang saja. Pede aja. Cool oke ! Setelah wajah ganteng atau cantikmu dijepret. Pak petugas akan memberikan slip pembayaran ke bank. Bayarlah ke BNI dengan membawa slip pembayaran dari imigrasi secepat mungkin jangan ditunda-tunda atau e-paspormu akan terlambat dicetak.

Mengambil E-paspor

Kebetulan sistem e-paspor sedang gangguan berakibat buku e-paspor baru selesai 4 minggu kemudian. Sebelum mengurus atau datang ke Surabaya pastikan kamu tidak sedang buru-buru pergi keluar negeri. Kamu juga bisa mengecek status permohonan e-paspor dengan menelpon kantor imigrasi graha pena terlebih dahulu supaya gak gelo (kecewa). Bawa slip pembayaran dari BNI dan scan di mesin antrian pengambilan paspor. Tunggu namamu dipanggil. Jangan lupa minta lagi paspor lama yang telah digunting untuk arsip.

Sekarang e-paspor sudah ditangan dan bisa dipakai untuk mengurus visa waiver Jepang. Bagaimana cara mengurus visa waiver akan ditulis di post lainnya.

Update 6 September 2016

Untuk mengecek status paspor apakah sudah bisa diambil, caranya mudah buka link ini https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml

Klik menu “Status Permohonan Personal” di kiri atas yg berwarna merah, masukkan No.permohonan (ada di lembar billing bank di atas barcode) ke dalam kotak.

jika hasilnya adalah “Serahkan” artinya Epaspormu sudah bisa diambil besok lusa.

Cara ke-2 untuk mengetahui atau mengecek status pengajuan epaspor apakah sudah jadi bisa melalui sms dengan syntax

ketik paspor [spasi] no.permohonan kirim ke 08123-005-6677 atau kirim ke 081-330-4425-86

contoh : paspor 1071000000635341

Mengambil Epaspor bisa diwakilkan oleh orang lain selama dalam satu KK dengan menunjukkan lembaran KK yang asli. Normalnya epaspor akan selesai dalam 12 hari kerja atau jika kamu beruntung epaspor bisa selesai dalam 5 hari kerja.

Skip to toolbar

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu