Apa itu Netflix? Lebih Baik Daripada TV?

Apa Itu Netflix?

Netflix adalah layanan atau platform streaming yang memungkinkan penggunanya menonton sebuah tayangan yang terdapat pada database Netflix dimana pun, kapan pun, dan dapat di akses dengan perangkat apapun. Seperti: smartphone, smartTV, PC, dan laptop.

Bisa di katakan Netflix adalah toko yang menyediakan berbagai tayangan namun secara digital. Sehingga bisa di akses dari mana pun dan kapan pun. Beda dari tv kita tidak punya kuasa penuh pada tayangan apa yang ingin kita lihat.

Dengan berlangganan Netflix, kamu bisa menonton tayangan apapun yang disediakan Netflix kapanpun kamu mau. Hal ini seperti halnya kamu punya sebuah dvd yang bisa kamu putar sewaktu-waktu. Namun bedanya, Netflix menyimpan dvd tersebut secara digital di database. Sehingga tidak berfisik dan dengan mudah kamu bisa menggunakannya dimana pun dan kapan pun.

Berapa Biaya Langganan Netflix?

Kamu bisa menggunakan layanan Netflix dengan harga mulai dari Rp109.000. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menonton seluruh tayangan film yang ada pada database Netflix.

Namun perlu di ingat, karena Netflix menggunakan sistem streaming pada layanannya, maka untuk menonton film yang disediakan Netflix kamu harus punya kuota internet atau jaringan wifi. Karena sistem Netflix sama halnya ketika kamu streaming Youtube yang mengharuskan kamu terkoneksi dengan internet. Untuk itu disarankan kamu punya wifi pribadi jika ingin berlangganan Netflix.

Lalu apa bedanya Netflix dengan platform streaming lain seperti HOOQ, iFlix, Google Play Movies dan lain-lain? Hampir sama. Bedanya hanya library atau database film yang disediakan. Netflix punya database yang lebih besar sehingga film yang bisa kita akses lebih banyak.

Netflix sendiri sudah ada sejak 1997 sebagai akomodir arsip film terbesar di dunia. Hingga saat ini, Netflix sudah digunakan di 190 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Yang targetnya Netflix bisa tersedia di 200 negara di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, Netflix menyediakan 3 jenis paket layanan yaitu; Basic, Standart, dan Premium. Perbedaan antara masing-masing layanan terletak pada kualitas resolusi dan jumlah perangkat yang bisa digunakan pada saat bersamaan.

Untuk berlangganan akun Netflix, kamu perlu melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Namun jika kamu belum punya kartu kredit, kamu bisa menggunakan alternatif seperti menggunakan jasa pembelian akun premium netflix. Karena di Indonesia sendiri untuk proses pembuatan kartu kredit masih cukup sulit. Untuk itu disarankan menggunakan jasa pembelian akun netflix premium seperti IDCopy.

Namun belakangan ini ada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengklaim bahwa ada beberapa hal yang dianggap bahwa Netflix melanggar UU ITE Indonesia karena ada beberapa konten yang tidak sesuai dengan norma Indonesia.

Untuk itu Kemenkominfo mengambil langkah agar pihak dari Netflix agar bisa melakukan filter pada beberapa tayangan yang mengandung konten negatif agar tidak ditampilkan pada konsumen Indonesia.