Survei Jadi Lebih Mudah dengan Survey Monkey, Apa Itu Survey Monkey?

Zaman dulu, survei dilakukan secara tradisional melalui telepon atau kertas yang dibagi-bagikan kepada koresponden.

Sekarang, kegiatan survey bisa kita lakukan secara online dengan Survey MonkeyTapi, mengapa survei itu harus dilakukan dan apa itu Survey Monkey?

Apa Itu Survei dan Kenapa Survei Sangat Penting?

Survei adalah metode kuantitatif dimana seorang peneliti mengajukan beberapa pertanyaan kepada suatu kelompok atau individu untuk mengetahui minat seseorang dan membantu mempersiapkan studi yang lebih fokus dan mendalam.

Dari hasil data yang terkumpul, peneliti akan melakukan analisa data untuk mengetahui gambaran minat dan perilaku dari ciri-ciri kelompok tertentu.

Metode ini sangat penting dilakukan supaya pekerja bidang product development hingga marketing development dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus mereka kembangkan dari sisi kualitas produk hingga strategi bisnis model.

Apa Itu Survey Monkey?

Survey Monkey adalah sebuah platform yang memiliki fungsi hampir sama seperti Google Form, tapi memiliki tampilan yang jauh lebih interaktif daripada Google Form.

Di sini, kamu dapat mengajukan hingga 10 pertanyaan dan mendapatkan respon hingga maksimal 100 koresponden untuk layanan gratisnya.

Survey Monkey juga menawarkan paket berbayar dengan fitur-fitur yang lebih lengkap daripada akun gratis. Salah satu keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari akun berbayar adalah:

  • Jumlah pertanyaan per survei tanpa batas.
  • Jumlah tanggapan tanpa batas.
  • Lacak tanggapan email.
  • Pop-up online survey.
  • A/B Test.
  • Dan masih banyak lainnya.

Fitur-Fitur Canggih Survey Monkey

Adapun fitur-fitur yang bisa pengguna manfaatkan dari layanan survei ini antara lain:

1. Template Survey Interaktif

Survey Monkey memiliki lebih dari 150 template survei yang dapat kamu sesuaikan berdasarkan kategorinya. Salah satu jenis template yang mereka miliki adalah:

  • Customer Satisfaction.
  • Customer Loyalty.
  • Event Surveys.
  • Employee Engagement.
  • Job Satisfaction.
  • HR Surveys.
  • Market Research.
  • Opinion Polls.
  • Concept Testing.

2. Variasi Tipe Pertanyaan

Salah satu keunggulan Survey Monkey yang tidak dimiliki oleh Google Form adalah mereka menyediakan variasi tipe pertanyaan yang sangat lengkap, seperti:

  • Matrix Dropdown.
  • Ranking.
  • Multiple Textbox.
  • Net Promoter Score.
  • A/B Comparison.
  • Dan masih banyak lainnya.

Variasi tipe pertanyaan ini akan sangat membantu kamu dan tim untuk mengolah dan menganalisa data yang lebih advance.

3. Template Pertanyaan

Survey Monkey menyediakan template pertanyaan yang bisa kamu contoh atau gunakan dalam kuesioner kamu. Platform ini menyediakan lebih dari 1.600 template pertanyaan yang telah dibuat oleh para ahli survei yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kamu bisa mempelajari atau menggunakan template pertanyaan ini untuk survei kamu. Fitur ini sangat berguna sekali untuk kamu yang belum pernah melakukan kegiatan survei sama sekali.

4. Verbal Survey

Kamu tidak punya waktu untuk menulis pertanyaan survei di dokumen? Jangan khawatir, karena Survey Monkey memiliki fitur yang bernama “Verbal Survey”.

Verbal Survey ini memungkinkan kamu untuk merekam pertanyaan di smartphone kalian. Setelah itu, platform ini akan mengirimkan rekaman pertanyaan tersebut ke nomor telepon koresponden yang sudah kamu tentukan.

Responden dapat mendengar pertanyaan tersebut dan merespon pertanyaan tersebut dari smartphone mereka. Hasil respon yang kamu kirim akan otomatis tersimpan di dalam akun Survey Monkey.

Bagaimana Cara Menggunakan Survey Monkey?

Sudah tahu cara penggunaannya? Jika belum, simak dulu tatacara membuat Survey Monkey berikut ini:

1. Sign-Up

Bagi yang belum memiliki akun Survey Monkey, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.

Pertama, masuk ke website SurveyMonkey.com dan klik tombol “Sign-Up Free” yang terletak di bagian pojok kanan atas. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman berikutnya.

sign up survey monkey

Survey Monkey

Lakukan pendaftaran dengan menggunakan email bisnis kamu atau daftar melalui media sosial yang kamu miliki. 

2. Buat Template

Buat Template di Survey Monkey

Survey Monkey

Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman “Dashboard.” Di halaman ini, kamu akan melihat tiga pilihan untuk membuat survei, yaitu:

  • Build it for me: Jenis pilihan ini akan membantu membuatkan survei dan memandu kamu saat membuat survei.
  • Start from template: Membuat survei dari template yang sudah tersedia.
  • Start from scratch: Buat survei dari dokumen yang sudah kamu buat.

Pilihlah opsi sesuai dengan yang kamu butuhkan saat ini.

3. Buat Pertanyaan

Buat Pertanyaan di survey monkey

Survey Monkey

Langkah selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman “Survey Designer SurveyMonkey.” Mulailah membuat kustomisasi pertanyaan yang sudah kamu buat atau menyalin pertanyaan dari template yang sudah kamu pilih.

Setelah selesai, klik tombol “Next” yang terletak di bagian pojok kanan kuesioner untuk melihat hasil penilaian survei yang telah kamu buat.

4. Preview & Score

Di halaman ini, kamu dapat melihat nilai template kuesioner yang sudah kamu buat. Apabila hasil penilaian Survey Monkey masih berwarna merah, itu tandanya ada beberapa pertanyaan atau section yang harus kamu perbaiki..

Tapi, jika penilaian template survei tersebut berwarna hijau, kamu dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya dengan mengklik “Next.”

5. Kirim Survei

Kirim Survei di Survey Monkey

Survey Monkey

Langkah selanjutnya adalah memilih metode membagikan survei kepada responden. kamu dapat memilih satu dari dua opsi, yaitu:

  • Send surveys your way: opsi ini cocok untuk kamu yang ingin menyebarkan survei secara mandiri melalui media sosial atau email.

  • Target your ideal respondents: opsi ini untuk menyebar survei secara otomatis dari data pelanggan yang sudah kamu miliki atau menyusun target audiens yang kamu sunting di halaman Survey Monkey. Opsi ini sebenarnya sangat ideal, tetapi memiliki biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk menyebar survei ini.

6. Hasil Responden

Hasil Responden di Survey Monkey

Terakhir, kamu dapat melihat hasil responden melalui halaman “Analyze Result.” Di sini, kamu dapat melihat hasil ringkasan pertanyaan, insight dan data trend, dan tanggapan individu.

Kamu dapat export data ini ke berbagai jenis dokumen seperti PDF, CSV, PNG, dan lain sebagainya. Tapi, sayangnya fitur ini hanya bisa digunakan untuk pengguna akun berbayar saja.

Keuntungan Menggunakan Survei Online

Adapun keuntungan dari menggunakan platform survei online ini antara lain:

A. Mudah Digunakan

Survei online sangat praktis dan fleksibel, kamu hanya perlu menyediakan waktu 1-2 jam untuk membuat survei dan membagikannya langsung secara online.

B. Hemat Biaya

Tidak seperti survei tradisional yang membutuhkan biaya besar seperti untuk print kertas, biaya telepon, dan tenaga manusia. Kamu hanya perlu membagikan link survei di media sosial atau email dalam beberapa menit saja.

C. Mudah Berpartisipasi

Kamu tidak perlu mencari-cari responden untuk mengisi survei yang telah kamu buat. Sekarang, siapapun dapat berpartisipasi mengisi kuesioner dimanapun dan kapanpun karena mereka mengisi online survey jauh lebih mudah daripada tradisional survey.

Bahkan, kamu mungkin bisa mendapatkan jumlah responden yang lebih banyak dari target yang sudah kamu tentukan.

D. Mudah Dianalisa

Keuntungan terakhir menggunakan survey online adalah kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu banyak untuk mendata responden secara manual.

Survey online akan menyajikan data secara real-time dengan visualisasi yang mudah pengguna pahami.

Sudah Paham Apa Itu Survey Monkey?

Jadi itulah seputar penjelasan apa itu Survey Monkey. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi semakin paham pentingnya melakukan survei untuk keberlanjutan bisnis.

Bagi yang memerlukan akun premium, Anda bisa menghubungi IDCopy yang merupakan jasa jual akun premium terpercaya. IDCopy menawarkan pembayaran tanpa kartu kredit serta mendukung berbagai e-wallet. Jadi, proses pembayarannya juga sangat mudah.

Semua

Premium

x