Persiapkan 10 Hal Ini Sebelum Membuat Karya Desain Grafis yang Menarik

aset desain

Aset desain grafis adalah bagian penting untuk membuat suatu karya desain yang menarik. Karya desain grafis seperti vektor, ilustrasi desain, dan desain publikasi penting untuk menggunakan aset desain tersebut. 

Fungsi dari adanya aset ini dapat memberikan gambaran kepada kliennya untuk menggunakan ilustrasi apa yang cocok. Beberapa diantaranya adalah mock up, font, color, ikon, foto, referensi, ilustrasi. Selanjutnya, perhatikan juga beberapa tips untuk karya desain yang menarik. 

Sumber Daya Desain Grafis 

Sebelum membahas tips dan persiapan dalam membuat desain grafis, kamu harus mengetahui sumber daya desain grafis atau aset. 

Aset ini nantinya bisa dipakai seluruhnya atau bisa juga menggunakan diterapkan sebagian untuk membuat bidang pekerjaan desain grafis menjadi mudah, berikut beberapa jenisnya:

  • Mock up: aset desain yang membantu memberikan gambaran dengan kesan yang lebih realistis. Mock up ini dipakai untuk kaos, banner, tas, cangkir, dsb. 
  • Font: jenis tulisan yang dapat mempengaruhi nilai desain kamu. Biasanya dipakai untuk headline dan deskripsi. Untuk mendapatkan font yang mendukung desain kamu, bisa menggunakan beberapa situs gratis seperti Google font, Dafont, Adobe font, dsb. 
  • Color pairing: aset ini berkaitan dengan warna yang membantu hasil karya kamu menjadi lebih hidup dan menarik. Beberapa situs yang menyediakannya seperti coolors.co, colorhunt.co, adobecolor.com, dsb. 
  • Icon: gambar-gambar kecil yang dijadikan sebagai pendukung karya desain kamu. Biasanya dipakai untuk ikon sosial media untuk membuat penjelasan dan deskripsi menjadi lebih mudah. Situsnya seperti iconfinder.com, iconstore.com, dsb. 
  • Foto: aset lainnya adalah foto yang berguna untuk menangkap objek. Seringkali aset ini dibutuhkan sebagai model dari proses pembuatan karya kamu. Contoh foto yang bisa didapatkan gratis seperti Freepik, Pixabay.co, Unsplash.com, dan Pexels.com. 
  • Referensi: referensi bisa didapatkan dimana saja seperti melihatnya melalui situs pinterest.com.
  • Ilustrasi: adanya ilustrasi akan membantu pekerjaan desain grafis menjadi lebih mudah.

Tips Desain Grafis yang Menarik 

Setelah mengetahui aset desain, kamu bisa menentukan aset mana yang akan membantu kamu dalam menghasilkan karya. Namun, sebelum memulai, ada 10 hal penting yang perlu dilakukan untuk membuat desain grafis menarik, yaitu: 

1. Mempelajari Program Software 

Bagi para desainer grafis harus memiliki keahlian dalam penggunaan software desain. Hal ini penting karena setiap pekerjaannya selalu bergantung pada sebuah program. Desain ini dibuat dengan tool seperti Adobe illustrator, photoshop, Canva, dsb. 

Jadi, pastikan untuk mempelajari penggunaan tools ini agar membuat desain grafis lebih cepat dan praktis. 

2. Simpan List Aset Desain 

Desainer terkadang memiliki jadwal yang padat untuk mengerjakan berbagai tugas dari klien. Untuk itu, desainer harus melakukan manajemen waktu dengan baik dan tidak membuat waktunya untuk mencari aset desain yang terlalu lama. 

Jadi, pastikan kamu sudah punya 3 website yang dimanfaatkan untuk desain. Jadi, kamu bisa langsung memanfaatkannya dan tidak membuang waktu. 

3. Upgrade Komputer 

Komputer adalah perangkat yang paling umum dipakai bagi desainer. Namun, bagi pemula biasanya mereka tidak langsung menggunakan program profesional dan lebih suka memakai PC Windows lama seperti photoshop versi gratis. 

Penting diketahui bahwa itu bahkan bukan photoshop asli karena dibuat GIMP atau gratis. Jadi, upgrade komputer adalah langkah yang tepat untuk berinvestasi pada karir desain. 

4. Punya Alur Proses yang Jelas 

Kamu harus punya proses yang jelas untuk membangun suatu karya terbaik. Tujuannya agar tidak berhenti sampai disitu saja dan meluangkan waktu untuk memikirkan cara menyelesaikan desain tersebut. 

5. Siapkan Pengaturan 

Pengaturan ini dalam hal pengaturan komputer yang baik seperti mengisi daya baterai hingga  penuh, memastikan keyboard dan mouse berjalan lancar, menjaga software tetap up to date, dan sebagainya.

Semua itu perlu dilakukan dengan baik agar kamu bisa bekerja dengan lancar dan tetap termotivasi. 

Pasalnya, banyak yang merasa tidak semangat lagi ketika dalam proses membuat karya mengalami kemacetan karena tidak tahu metode apa yang dipakai untuk menyelesaikannya. 

6. Buat Template untuk Hal yang Berulang 

Tata letak dan ukuran pada desain umumnya hampir sama, contohnya saat mendesain logo atau  kartu nama. Oleh sebab itu, kamu bisa menyiapkan template yang nantinya bisa digunakan kembali dibandingkan harus membuatnya dari awal. 

7. Buat Pengaturan yang Nyaman Untuk Menjalankan Software 

Program desain grafis memungkinkan kamu untuk membuat ruang kerja yang bisa diatur sesuai keinginan. Contohnya adalah Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator yang sudah punya fitur untuk membantu kamu mengurangi kesulitan dalam mendesain. 

Fitur-fitur ini yang harus dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan untuk lebih efisiensi waktu. Direkomendasikan juga untuk berlangganan software yang premium sebagai investasi karir. 

8. Paham Dasar Desain 

Dasar desain grafis wajib dipelajari oleh semua orang yang ingin menjadi desain grafis. Dasar-dasar yang wajib dipahami meliputi warna, simbol, dan tipografi. Ketiganya termasuk pilar utama dalam desain. 

Pelajari juga yang dimaksud dengan Grid System yang merupakan sistem pembagian garis. 

9. Tentukan Gaya Ciri Khas dalam Desain 

Tentukan juga gaya desain sebelum mulai membuat karya, setiap gaya yang dipilih akan mempengaruhi hasil karya. Beberapa orang terkadang memiliki keahlian membuat gaya desain lebih dari satu. 

10. Kumpulkan Desain yang Menginspirasi 

Bagi yang ingin memulai karir di dunia desain, kini saatnya untuk mengumpulkan berbagai karya desain orang lain yang menginspirasi. Pelajari gambar yang menarik tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat desain. 

Kamu bisa mencarinya melalui Pinterest atau Behance. Ada sebuah quotes yang berasal dari Austin Kleon. Dia menyebutkan bahwa semua karya yang kreatif berasal dari apa yang terjadi sebelumnya. 

Jadi, jika kamu memperkaya keilmuan dengan melihat banyak karya orang lain secara tidak sadar, desain yang dibuat akan lebih kreatif lagi. 

Marketplace Produk Desain 

Untuk mendapatkan aset desain, kamu bisa mencarinya melalui marketplace produk desain. Salah satu caranya yaitu memiliki akun premium Envato Elements

Di dalam marketplace desain grafis ini kamu bisa mendapatkan musik latar belakang dan elemen grafis menarik yang cocok bagi animator sampai video editor. 

Ada banyak stok foto, video, membeli theme WordPress di Envato market dan berbagai aset desain yang membantu dalam karya kamu. 

Langganan Envato elements hanya membayar 16,5 US dollar atau Rp258.888 tiap bulan. 

Sudah Siap Membuat Karya Desain Grafis yang Menarik?

Demikian penjelasan tentang aset desain dan 10 hal yang perlu dilakukan sebelum membuat desain. Dengan melaksanakannya, desainer dapat menghasilkan karya terbaik yang memvisualisasikan ide kamu menjadi lebih baik.

Semua

Premium

x