8 Cara Membuat Skripsi yang Benar, Biar Cepat Lulus!

cara membuat skripsi

Semua mahasiswa pasti ingin cepat lulus kuliah. Namun, banyak mahasiswa menganggap skripsi sebagai momok menakutkan, apalagi jika mendapat dosen pembimbing killer. Padahal pembuatan skripsi tidak sesulit itu. Kamu hanya perlu menguasai materi penelitian dan mengetahui sistematika cara membuat skripsi.

Jika mengalami kendala, segera konsultasikan pada dosen pembimbing. Sehingga, progres skripsi tidak terbengkalai. Pengerjaan tugas akhir memang susah-susah gampang. Kuncinya adalah konsisten dan fokus pada target pengerjaan. Kalau kamu masih kebingungan harus mulai buat skripsi dari mana, mari simak caranya di sini!

Apa itu Skripsi?

Skripsi adalah karya ilmiah yang wajib mahasiswa tulis sebagai persyaratan akhir pendidikan akademiknya agar mendapat gelar sarjana di perguruan tinggi, topik pembahasan bisa terkait problematika fenomena menggunakan kaidah penulisan yang berlaku.

Cara Membuat Skripsi yang Benar

Sebagai mahasiswa semester akhir, kamu harus tahu cara mengerjakan skripsi yang benar agar cepat lulus. Berikut adalah langkah yang perlu kamu perhatikan dan terapkan!

1. Tentukan Topik dan Judul Sesuai Passion

Langkah pertama adalah menentukan topik dan judul sesuai minat. Selama kuliah, pasti banyak ilmu yang kamu pelajari. Nah, ketika memilih topik, usahakan untuk mengambil topik terkait problematika yang menarik. Sehingga, kamu akan tertantang untuk mencari solusinya. Sebisa mungkin, cari topik yang belum pernah dikaji.  

Tujuannya agar penulisan skripsi tidak mudah terdeteksi plagiat dan lancar. Seusai memilih topik, mulai tentukan judul yang menarik untuk penelitian kamu. Tujuannya agar pembaca merasa tertarik untuk menambah wawasan dan menjadikannya referensi literatur.

2. Pahami Pemilihan Konsep

Cara kedua, yaitu memahami pemilihan konsep penelitian. Tujuan dari mendalami konsep adalah sebagai upaya mempersiapkan perkiraan pertanyaan jebakan dari dosen penguji. 

Kamu bisa mencoba membuat mind map berupa catatan terkait tema dan istilah yang akan kamu teliti. Lalu, hubungkan satu sama lain agar mudah memahaminya. 

3. Pelajari Pedoman Penulisan Skripsi

Cara membuat skripsi berikutnya adalah pelajari pedoman penulisan skripsi agar lebih rapi dan terstruktur. Kamu tentu tidak mau melakukan revisi berulang kali, bukan? Karena itu, pastikan kamu memahami pedoman dan menerapkannya. 

Pasalnya, menulis tugas akhir yang benar harus menggunakan kaidah (KBBI) Kamus Besar Bahasa Indonesia dan (EYD) Ejaan yang Disempurnakan. Agar lebih mudah, kamu juga bisa melakukan pengecekkan menggunakan Grammarly Premium

Di dalam platform tersebut akan ada menawarkan pengecekan tata bahasa, ejaan, gaya penulisan, bahkan plagiarisme. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas tulisan menjadi lebih rapi dan original. Menarik, bukan?

4. Membuat Kerangka Penelitian Terstruktur

Penulisan skripsi akan berantakan jika tidak menyusun kerangkanya. Pasalnya, kerangka penelitian termasuk bagian penting berupa susunan bab dan sub bab dalam pembuatan skripsi. Setiap fakultas umumnya memiliki sandar masing-masing mengenai kerangka ini. Secara umum, beginilah susunan kerangka penelitiannya.

A. Bab 1 Pendahuluan

Berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, batasan masalah, hipotesis, dan sistematika penulisan tugas akhir. Pada dasarnya, semuanya akan berkaitan dengan topik dan teori yang kamu pilih.

B. Bab 2 Tinjauan Pustaka

Mencakup bab khusus untuk meninjau kembali pustaka atau literatur bacaan yang berkaitan dengan topik penelitian kamu. Tujuannya untuk menguji hipotesis dan kebenaran dari teori yang kamu ambil dalam penelitian.

C. Bab 3 Metode Penelitian

Bab yang menjelaskan detail cara mengumpulkan data, kerangka penelitian, metode penelitian, waktu & tempat, alat & bahan, sampai cara menganalisis data.

D. Bab 4 Hasil dan Pembahasan

Bab yang mencakup halaman terbanyak berupa penjelasan inti dari pokok permasalahan hasil temuan penelitian secara mendalam. Hal tersebut akan menyesuaikan hipotesis pada bab sebelumnya. 

E. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.

Bab terakhir adalah untuk menyimpulkan hasil penelitian dan menambahkan saran-saran terkait penelitian yang kamu kaji.

5. Sajikan Data Terpercaya

Cara membuat skripsi selanjutnya, yaitu menyajikan data dari berbagai sumber. Kamu bisa melakukan pengumpulan dan pengolahan data melalui studi pustaka berupa jurnal, buku, observasi, wawancara, bahkan survei menggunakan kuesioner. Jangan lupa, pastikan sumber penelitian kamu valid.

Tujuannya untuk menentukan kredibilitas penelitian yang bisa kamu pertanggungjawabkan ke depannya. Jadi, tuangkan sumber yang jelas agar kualitas penelitian pun original dan hasil usaha sendiri.

6. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Tugas akhir kamu mengalami kesulitan? Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Tujuannya agar tidak terbengkalai dan menemukan ide dalam penulisannya. 

Pasalnya, dosen mempunyai pengetahuan luas dan pengalaman ekstensif dalam bidang kajian yang sedang kamu teliti. Umumnya, setiap mahasiswa akan memiliki satu atau dua dosen pembimbing dalam proses pengerjaan tugas akhir. 

Jadi, gunakan waktu bimbingan semaksimal mungkin terkait permasalahan yang tertuang dalam tulisan, struktur kepenulisan, dan lainnya. Apabila tulisan kurang sesuai, dosen pembimbing pasti akan memberikan pentunjuk dan revisi yang perlu kamu perbaiki.

7. Buat Deadline Pengerjaan Tugas Akhir

Ingin cepat selesai tugas akhirnya? Buatlah deadline progres biar lebih spesifik dan teratur. Caranya dengan membuat jadwal harian atau mingguan sampai mencapai target penyelesaian. Jika berhasil, tentu akan mempercepat kelulusan kuliah. 

Sebaiknya meminimalkan aktivitas healing, nongkrong, dan waktu bermain kamu. Prioritas utama adalah menyelesaikan skripsi terlebih dahulu. Jika sudah selesai, kamu masih bisa menikmati hobi. Jadi, saat bermain bisa lebih lega dan bebas karena tidak ada tanggungan tugas akhir lagi.

8. Tetap Konsisten Mengerjakan Tugas Akhir

Cara membuat skripsi terakhir adalah mengerjakannya dengan mencicil secara rutin. Jika melakukannya dengan konsisten, maka kesempatan selesainya akan lebih cepat. Adapun tips mengatur jadwal harian, yakni setting alarm selama 30 menit untuk fokus menyelesaikan. Sedangkan 10-30 menit buatlah sebagai waktu istirahat.

Apabila ingin mengerjakan, tanamkan niat untuk menyelesaikannya segera. Pasalnya tekad yang kuat akan menghasilkan kesuksesan kelak. Percayakan saja kemampuan, usaha pantang menyerah, dan doa agar mendapatkan hasil akhir memuaskan. 

Sudah Tahu Cara Membuat Skripsi yang Benar?

Demikian cara membuat skripsi yang benar. Ingat! Salah satu progres penting adalah penggunaan bahasa yang terstruktur. Jika penulisan tugas akhir kamu selesai, ada baiknya cek ejaan dan cek plagiarisme memakai Grammarly.

Cara menggunakan Grammarly pun cukup fleksibel, hanya perlu menyalin text dan semuanya akan teridentifikasi melalui aplikasi maupun platform Grammarly. Terdengar sangat mudah, bukan? Agar proses pengecekkan lebih lancar dan lengkap, kamu juga bisa menggunakan jasa jual akun premium melalui Id Copy. 

Jadi, kamu bisa membeli akun Grammarly Premium agar terjamin tingkat akurasi pengecekannya. Pelanggan akan mendapat keuntungan yang priority tergantung paket yang kamu inginkan. Tunggu apalagi? Yuk, klik kontak pada website Id Copy untuk berlangganan akun premium sekarang juga!

Semua

Premium

x