Cara Mendapatkan Komisi Dari Referral Shutterstock

Program referral atau afiliasi (affiliate) adalah model bisnis untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Misalnya ketika kamu akan membeli handphone, tetapi kamu tidak mengetahui brand apa yang bagus. Kemudian kamu melakukan pencarian di Google, misalnya menggunakan keyword “jual handphone bagus 2020”.

Kemudian kamu akan membaca salah satu blog atau menonton video yang muncul di halaman pencarian. Biasanya blogger atau youtuber tersebut akan melakukan review produk dan memberikan link (kode referral) untuk mengunjungi halaman pembelian handphone.

Jika kamu membeli handphone melalui link yang diberikan blogger atau youtuber tersebut, maka mereka akan mendapatkan komisi dari penjual handphone.

Program ini tentu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan sebuah pekerjaan atau menjadikan pekerjaan sampingan kan? Nah bagi kamu yang menyukai photography dan tertarik untuk mengikuti program ini, kamu bisa mengikuti program afiliasi dari Shutterstock (Referral Program).

Diketahui dari website resmi Shutterstock, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti program ini.

Syarat dan Ketentuan Referal Kontributor

Pada tahun pertama, kontributor akan mendapatkan keuntungan sebesar 10% dari harga penjualan sebuah video.

Dan selama dua tahun pertama, kontributor akan mendapatkan keuntungan sebesar $0,04 (Rp594.12) untuk penjualan sebuah gambar.

Mereferensikan Pelanggan

Setiap kali kamu berhasil mereferensikan pelanggan baru ke Shutterstock, kamu akan mendapatkan 20% dari pembayaran pertama mereka, hingga $ 200. Untuk paket bulanan, kamu akan mendapatkan komisi referensi berdasarkan pembayaran bulanan pertama pelanggan yang direferensikan saja.

Misalnya, jika kamu merujuk pelanggan yang pembelian pertamanya adalah $ 249 keanggotaan bulanan, maka kamu akan mendapatkan 20% dari $249 (Rp3.698.397), yaitu sebesar $49 (Rp727.797).

Note: Pelanggan yang direferensikan “harus” melakukan pembelian pertama mereka dalam waktu 30 hari setelah membuat akun pelanggan Shutterstock.

Pengiriman Pembayaran

Shutterstock berhak untuk menunda pembayaran penghasilan referal kamu hingga 90 hari sejak tanggal kontributor atau pelanggan yang kamu refensikan membuat akun mereka.

Hal ini bertujuan untuk melindungi kontributor dari aktivitas penipuan. Setelah masa percobaan tersebut selesai, Shutterstock akan mengirim penghasilan ke akun Shutterstock kamu.

Cara Mendapatkan Link Referral Shutterstock

1. Login ke akun kontributor kamu.
2. Klik menu “Promotion” dan pilih “Referral Program”.

3. Shutterstock akan memberikan 3 link referral kamu.

  • Link untuk membagikan portofolio (hasil karya kamu) kepada pembeli.
  • Link yang mengarahkan pembeli ke halaman Shutterstock.
  • Dan link yang mengarahkan pembeli untuk menjadi kontributor.

Cara Mendapatkan Komisi dari Referral Shutterstock

Setelah mendapatkan link referral shutterstock, apakah kamu akan langsung mendapatkan penghasilan? Tentu tidak, kamu perlu mempromosikan link tersebut.

Berikut beberapa cara promosi link referral yang bisa kamu lakukan:

  • Memanfaatkan Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, maupun media sosial lainnya untuk menyebarkan link referral kamu. Misalnya menaruh link pada profil akun Instagram kamu.
  • Memanfaatkan media chatting seperti WhatsApp atau Line. Kamu bisa melakukan broadcast pada berbagai grup atau menulis link pada status update.
  • Memanfaatkan kolom komentar untuk meninggalkan link referral kamu, misalnya komentar pada salah satu postingan di media sosial.
  • Buat grup atau halaman Facebook sendiri baik yang sifatnya umum maupun dengan topik yang lebih spesifik mengenai jual-beli foto di Shutterstock.
  • Jika kamu sudah memiliki blog, buatlah konten yang membahas Shutterstock dan masukkan link referral kamu.
  • Dan terakhir, temukan teman, keluarga, atau kenalan baru yang memiliki ketertarikan dengan dunia fotografi maupun vektor. Cobalah untuk memperkenalkan Shutterstock kepada mereka dan ajak mereka mendaftar menjadi kontributor melalui link refferal kamu.

Demikian penjelasan mengenai cara mendapatkan komisi dari referral shutterstock, apakah kamu tertarik untuk melakukannya? Coba daftar sekarang yuk!

Beli akun shutterstock banner