Cara Mengetahui Vector yang Sedang Trend di Shutterstock

Sebagai salah satu marketplace media terbesar di dunia, Shutterstock menjual berbagai macam produk, salah satunya “Gambar Vektor”. Apa itu gambar vektor?

Gambar vektor adalah gambar yang menggunakan poligon dalam menciptakan gambar pada grafis komputer. Salah satu kelebihan vektor yaitu, kualitas gambar tidak akan berubah (tidak pecah) ketika diperbesar atau dipindahkan ke layout yang berukuran lebih besar maupun lebih kecil dari ukuran layout aslinya (sumber: wikipedia).

Berikut salah satu contoh vektor pada Shutterstock:

gambar vektor

Sumber: Shutterstock

Apakah kamu tertarik menjual gambar vektor di Shutterstock? Atau sudah menjadi contributor yang menjual vektor gambar? Sebelumnya kamu perlu mengetahui gambar vektor yang sedang trend saat ini. 

 

Tujuannya agar penjualan hasil karya kamu semakin meningkat, bisa menginspirasi untuk membuat vector dengan hal-hal baru yang lagi ngetren, dan pastinya akan membuat hasil karya kamu menjadi populer. 

Untuk mengetahui trend baru mengenai gambar vektor di shutterstock, lakukan 3 cara ini:

  1. Melalui Shutterstock

Cara pertama untuk mengetahui vektor yang sedang trend yaitu melalui situs Shutterstock itu sendiri. Shutterstock akan menampilkan beberapa vektor yang sedang tren kepada para pembeli. 

Berikut cara mengetahuinya:

a. Buka Shutterstock.

b. Klik menu “image” dan pilih “vectors”.

cara menemukan vektor yang sedang trends

c. Lihat pada bagian “trending search”.

vektor tranding

Pada gambar diatas dapat kamu lihat beberapa kategori gambar vektor yang sedang trending, tinggal pilih salah satu kategori yang sesuai dengan gambar kamu. Misalnya disini saya memilih logo vector, maka akan tampil beberapa contoh logo yang sedang trending.

  1. Melalui M-Ranking

Selain situs Shutterstock, kamu juga bisa mengetahui vektor yang sedang trending melalui situs M-Ranking. Situs ini adalah situs yang menampilkan Rangking Kontributor Shutterstock beserta karyanya (gambar vektor).

  1. Kunjungi M-Rank
  2. Lihat beberapa vektor yang sedang trending. 

Misalnya pada contoh diatas, gambar vektor yang sedang trend yaitu gambar mengenai cara mencuci tangan, virus corona, masker, dan gambar lain yang berhubungan dengan COVID-19 yang memang sedang mewabah saat ini. 

Tertarik untuk membuat gambar vektor menggunakan tema ini? Cobain yuk!

  1. Perhatikan Moment Penting

Langkah terakhir untuk mengetahui vektor yang sedang trend yaitu dengan memperhatikan moment  Internasional atau holidays Worldwide. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan, gambar kamu juga akan mudah terjual dengan mudah. 

 Moment-moment itu bisa moment seperti Ramadhan, natal dan tahun baru, valentines day, Chinese new year dan lain-lain.

Berikut salah satu contoh trend vektor untuk bulan ramadhan:

Itulah 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui vektor yang sedang trending saat ini. Kamu akan buat gambar trending yang mana? Jangan lupa share juga artikel ini ke teman-teman kamu ya, biar teman-teman juga bisa berkarya. 

Beli akun shutterstock banner

Jangan lupa juga bagi kamu yang ingin membeli item di shutterstock namun belum memiliki kartu kredit, kamu bisa menggunakan Jasa Shutterstock dari IDCopy sehingga kamu bisa melakukan pembelian dengan mata uang rupian via bank Indonesia ya.

Semoga bermanfaat.