Cara Menghilangkan Watermark di Shutterstock Secara Gratis

Bagi kamu yang suka fotografi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan marketplace media yang paling populer di dunia, yakni “Shutterstock”. Marketplace ini didirikan oleh Jon Oringe pada tahun 2003 di New York.

Diketahui dari website resminya, hingga saat ini Shutterstock memiliki lebih dari 1 miliar gambar, video dan musik yang telah diunduh oleh para pengguna.

Shutterstock juga memiliki lebih dari 1 juta kontributor, 200 ribu lebih gambar yang ditambahkan setiap harinya, serta memiliki pelanggan yang berasal dari 150 negara.

Banyak perusahaan besar dunia yang juga menggunakan shutterstock untuk kebutuhan bisnis mereka. Seperti Google, Marvel Studio, Microsoft, National Geographic, dan perusahaan besar lainnya.

Namun, untuk menjadi pelanggan Shutterstock, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan foto atau konten lainnya dengan harga yang cukup beragam. Artinya Shutterstock tidak menyediakan konten secara gratis.

Bagaimana jika kamu terkendala dengan biaya untuk membeli foto? Tentu kamu akan mendapatkan foto yang dilengkapi dengan watermark, kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah.

contoh foto shutterstock yang ada watermark

Dari gambar diatas, bisa kamu lihat beberapa tulisan “Shutterstock” di bagian dalam gambar dan di bagian bawah gambar kan? Tentu tulisan ini sangat mengganggu. Tetapi jangan khawatir, saya memiliki cara download gambar gratis dari shutterstock tanpa watermark.

Namun sebelumnya saya akan membahas beberapa hal mengenai watermark.

Apa Itu Watermark?

Watermark adalah label yang terdapat pada sebuah konten digital sebagai tanda untuk memberikan informasi kepada banyak orang bahwa konten tersebut merupakan hasil karya milikinya.

Label tersebut dapat berupa tulisan maupun logo penyedia konten. Biasanya terletak pada bagian kiri atau kanan bawah dari sebuah konten. Namun banyak juga yang meletakkannya di dalam konten tersebut.

Contoh lain dari konten yang menggunakan watermark.

contoh watermark pada gambar

Fungsi Watermark

Meletakkan watermark pada sebuah hasil karya memiliki beberapa fungsi tertentu, berikut 3 fungsi watermark.

1. Sebagai Identitas

Fungsi utama dari watermark yaitu sebagai identitas sebagai hasil karya untuk memudahkan orang lain mengenalinya.

Misalnya ketika kamu melihat sebuah foto pemandangan yang sangat bagus dan pada foto tersebut terdapat watermark di bagian kiri bawah dengan tulisan “Id Copy”. Tulisan itu menandakan bahwa foto tersebut milik Id Copy.

Watermark juga banyak digunakan oleh perusahaan atau fotografer profesional yang memiliki banyak fans atau penggemar.

2. Sebagai Hak Cipta

Watermark juga digunakan sebagai hak cipta untuk melindungi hasil karya seseorang agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Seperti tindakan pembajakan, pencurian hak cipta, atau mengedit foto untuk hal yang negatif (merugikan banyak orang).

3. Sebagai Media Promosi

Terakhir, watermark juga bisa digunakan sebagai strategi marketing untuk memperkenalkan sebuah bisnis kepada banyak orang lain. Misalnya e-commerce, situs penyedia produk atau jasa dan berbagai bisnis lainnya.

Contohnya di media sosial kamu melihat sebuah foto yang terdapat watermark dengan tulisan deskripsi sebuah bisnis, baik itu nama produk, cara penggunaan produk, hingga cara mendapatkan produk tersebut. Dari foto tersebut kamu bisa mengetahui bahwa foto tersebut merupakan hasil karya sebuah bisnis tertentu.

Cara Download Gambar Gratis Dari Shutterstock Tanpa Watermark

Nah setelah mengetahui beberapa hal mengenai watermark, sekarang kita akan mempelajari cara download gambar gratis dari shutterstock tanpa watermark.

1. Buka Shutterstock.

2. Cari gambar yang akan kamu download.

cara gambar di shutterstock

3. Copy link gambar tersebut.

cara mudah menghilangkan watermark di shutterstock

4. Buka situs Downloader.

5. Pilih Download Shutterstock dan klik “Download Now”.

cara download foto gratis di shutterstock

6. Paste link foto yang akan kamu download pada kolom downloader, dan klik tombol “Download”.

donwload foto shutterstock gratis di downloader

7. Tunggu beberapa saat dan klik tombol “Download now”.

download gratis foto di shutterstock menggunakan downloader

8. Klik kanan pada foto dan pilih “Save Image As…” untuk menyimpan foto.

menghilangkan watermark di shutterstock dengan mudah

9. Sekarang kamu telah berhasil menyimpan foto Shutterstock secara gratis tanpa watermark.

Wah ternyata sangat gampang ya untuk melakukannya, hanya saja kualitas foto yang kamu dapatkan tidak sebagus foto aslinya. Jika mengharuskan kamu untuk membelinya, kamu bisa menggunakan jasa akun premium Shutterstock dari Id Copy dengan harga yang murah dan memungkinkan kamu menggunakan berbagai bank Indonesia untuk transaksi. Prosesnya juga sangat mudah, hubungi kontak Id Copy sekarang, kamu juga bisa berkonsultasi secara gratis!

Semoga bermanfaat ya 🙂

Beli akun shutterstock banner