Cara Merekam Video Meeting Zoom di Komputer Untuk Host & Peserta

Kalau kamu belum tahu cara merekam video meeting Zoom, itu bukan masalah. Karena, caranya tak begitu sulit kok. Cukup membaca artikel ini kurang dari lima menit, kamu bisa langsung tahu langkah-langkahnya secara menyeluruh.

Proses perekaman ini bisa dilakukan oleh semua pengguna Zoom. Baik yang berperan sebagai Host, maupun sebagai peserta.

Karena kamu mungkin bisa jadi sesekali menjadi Host dan sesekali jadi peserta, artikel ini akan mencoba membahas tutorial untuk keduanya.

Cara Merekam Video Meeting Zoom sebagai Host

Pada dasarnya, Zoom sudah punya fitur record. Tanpa memerlukan aplikasi lain, kamu sudah bisa memfungsikannya. Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan jika berposisi sebagai Host.

1. Cara merekam video meeting Zoom sebagai Host

Melakukan perekaman dalam posisi sebagai host merupakan cara paling mudah. Berikut cara merekam video meeting Zoom sebagai host di komputer atau laptop!

  • Sebagai host, kamu bisa melakukan perekaman secara otomatis maupun manual. Jika ingin mengaturnya secara otomatis, kamu bisa melakukan pengaturannya sejak membuat schedule. Di tab ini, kamu bisa masuk ke opsi advanced options.opsi advanced options pada zoom
  • Kamu bisa mencentang opsi perekaman otomatis lalu menyimpannya. Saat meeting dimulai, Zoom secara otomatis akan merekam pertemuanmu. Namun, jika tak mencetangnya, kamu juga tetap bisa melakukan recording meskipun manual.perekaman otomatis pada zoom
  • Ketika meeting berjalan, kamu bisa melakukan play dan pause recorder jika dibutuhkan. Kamu tinggal atur melalui dua tombol yang Zoom tampilkan di ruang utama pertemuan.
    play dan pause recorder pada zoom
  • Apabila kamu tidak melakukan pengaturan record otomatis, kamu akan menjumpai tombol record di ruang pertemuan dan bisa kamu klik secara manual.
    pengaturan record otomatis pada zoom
  • Setelah meeting berakhir, secara otomatis Zoom akan menyimpan file rekaman ke ruang penyimpan lokal di komputer atau laptop kamu.
    menyimpan file rekaman ke ruang penyimpan lokal di komputer pada zoom
  • Jika mau menyimak hasil rekamannya, kamu tinggal membukanya di lokasi penyimpanan.

2. Cara memberikan izin rekam kepada peserta sebagai Host

Host dalam zoom meeting, fungsinya persis moderator dalam sebuah pertemuan. Apa pun yang ingin peserta lakukan, harus seizin host. Termasuk, ketika peserta ingin melakukan perekaman.

Bagaimana cara melakukannya?

  • Dari semua peserta, pasti yang mau merekam hanya satu atau beberapa orang saja. Kamu bisa memberikan mereka izin dengan cara memilih opsi manage participants pada layar pertemuan Zoom.
    manage participants pada layar pertemuan Zoom
  • Nanti akan muncul nama-nama peserta yang bergabung di dalam Zoom Meeting yang kamu selenggarakan. Kamu bisa pilih opsi more atau lainnya lalu mengklik allow record.
    allow record pada zoom
  • Setelah itu, peserta yang sudah kamu izinkan bisa melakukan recording sebagaimana host.

Cara Merekam Video Meeting Zoom sebagai Peserta

Bagaimana jika posisi kamu adalah peserta? Apakah ada cara merekam Zoom Meeting sebagai peserta? Tentu saja ada.

1. Cara merekam Zoom Meeting sebagai peserta sesuai aturan

Untuk menjaga penyelenggara meeting atau host yang tak menghendaki pertemuannya disadap, Zoom membatasi kesempatan peserta untuk melakukan perekaman. Fitur hanya terbuka jika peserta mendapat izin langsung dari host.

Jadi, cara merekam Zoom meeting di PC sebagai peserta memerlukan izin.

Bagaimana cara mendapatkan izin host?

  • Di layar pertemuan peserta meeting Zoom di laptop atau komputer, sebenarnya terdapat pula tombol record. Namun, ketika kamu mengkliknya, kamu tak bisa otomatis melakukan recording. Kamu akan mendapatkan notice dari Zoom untuk meminta izin dulu kepada Host.
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung meminta izin dengan mengirimkan pesan kepada Host. Kamu bisa melakukannya di fitur chat Zoom maupun melalui aplikasi chat di luar Zoom.
  • Jika diizinkan, nanti Host akan memberikan izin dengan cara yang sudah kami bagikan di pembahasan sebelumnya dan fitur record bisa kamu gunakan sebagai peserta.

Apakah hanya ini caranya?

Benar. Jika kamu tunduk pada rules yang Zoom berikan, mau tak mau kamu perlu mengikuti alur yang Zoom tetapkan.

Namun kami paham, sebagian dari kamu mungkin merasa berat jika harus meminta izin karena beberapa alasan.

  • Malu
  • Tidak kenal atau kurang dekat dengan Host
  • Merasa khawatir jika tidak diizinkan

Jika kamu merasakan salah satu atau beberapa poin di atas, kamu mungkin memerlukan cara ‘tidak resmi’ dengan aplikasi pihak ketiga.

2. Cara merekam Zoom Meeting tanpa izin Host

Sebelum kami bagikan cara merekam Zoom Meeting tanpa izin host, kami berpesan agar kamu tidak menyalahgunakan cara ini.

Sebagian host atau penyelenggara meeting sejak awal bisa jadi tidak menghendaki pertemuannya direkam karena berbagai faktor, misalnya:

  • Pertemuannya merupakan meeting berbayar yang menjadi bagian dari bisnis host atau penyelenggara meeting. Jadi, mereka mengusahakan video tetap eksklusif.
  • Pembahasannya rahasia dan tidak boleh ada kebocoran. Jika kamu bagian dari organisasi atau perusahaan tertentu, sebagian informasi bersifat rahasia.

Jika kamu tahu bahwa Host dan penyelenggara punya salah satu motif di atas dan kamu ‘memaksa’ merekam tanpa izin, itu namanya penyadapan. Jadi, sebaiknya jangan lakukan.

Namun apabila faktanya tidak demikian, kamu mungkin saja melakukan cara record Zoom tanpa izin host dengan langkah berikut:

  • Kamu perlu memasang aplikasi perekam layar dulu di komputer atau laptop. Ada banyak aplikasi yang recomended seperti Camtasia, Camstudio, Bandicam, Icecream Screen Recorder, Ace Thinker, Movavi Screen Recorder, dan masih banyak lagi.
  • Pada kesempatan kali ini, kami berikan tutorial dengan penggunaan Bandicam. Kamu bisa download gratis di situs resminya lalu melakukan instalasi di komputer atau PC.
    tutorial penggunaan Bandicam
  • Setelah terinstal, buka aplikasi Bandicam bersamaan dengan meeting Zoom yang sedang berjalan. Akan muncul beberapa opsi mode yang bisa kamu pilih. Pilih saja salah satu, misalnya mode fullscreen.
    mode fullscreen pada zoom
  • Kemudian, kamu bisa klik tombol ‘REC’ dan Bandicam akan merekam berbagai aktivitasmu di layar PC atau laptop secara otomatis.
    Bandicam pada zoom
  • Jika sudah selesai, kamu bisa klik stop dan otomatis file video rekamannya akan tersimpan di file penyimpanan lokal. Biasanya, dalam pengaturan default tersimpan di Local Disk C. Itulah cara merekam Zoom sebagai peserta yang praktis.

Rekomendasi

Dokumen atau file rekaman yang tersimpan dari Zoom Meeting, umumnya memakan memori cukup besar. Misalnya dengan Bandicam, untuk sekitar 2 menit file rekaman, besar filenya bisa 5MB.

Bayangkan jika kamu rutin merekam video hingga berjam-jam dengan intensitas yang tinggi, pasti akan lumayan memakan memori penyimpanan lokal PC atau laptop kamu.

Untuk mengatasi masalah ini, Zoom memiliki fitur yang memungkinkan kamu secara otomatis menyimpan file rekamannya langsung ke penyimpanan Cloud.

Selain lebih praktis, ini membuat komputer atau laptop kamu tidak mudah berat. Jadi, kamu bisa terhindar dari bug yang mungkin mengganggu proses belajar atau kerjamu.

Sayangnya, fitur Cloud Zoom Recorder ini hanya Zoom berikan aksesnya bagi pelanggan berbayar saja. Jika kamu masih pakai Zoom gratisan, kamu tak bisa mendapatkan fitur keren dan memudahkan ini.

Bagaimana, tertarik tidak menggunakan Zoom Berbayar?

Selain bisa mengelola file rekaman lebih praktis, kamu bisa menggunakan Zoom tanpa batasan waktu, jumlah peserta lebih banyak, dan berbagai fitur bernilai lainnya.

Baca juga: Harga Zoom Premium Terbaru 2021

Jika tertarik, kamu bisa beli akun premiumnya di ID Copy. Mulai 200 ribuan rupiah per bulan, kamu bisa dapatkan berbagai fiturnya. Termasuk, menggunakan cara merekam video meeting Zoom dengan pengalaman lebih baik!