Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Cara Riset Keyword di Shutterstock Agar Upload Foto Maksimal

Bagi seorang contributor di microstock mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Shutterstock”. Shutterstock terbilang cukup populer, karena memiliki tingkat penjualan yang tinggi dan harga per download yang juga tinggi dibanding situs lainnya. 

Saat mengupload foto di Shutterstock, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum foto kamu dapat dijual. Salah satunya yaitu menentukan keyword (kata kunci) yang tepat agar foto kamu mudah ditemukan oleh pembeli.

Oh iya ngomong-ngomng, bagi kamu yang ingin beli item di shutterstock kamu bisa menggunakan Jasa Shutterstock dari IDCopy. Dengan begitu kamu tidak perlu melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, cukup menggunakan bank Indonesia dengan mata uang rupiah.

Shutterstock memiliki tools yang memudahkan kita mengisi keyword untuk hasil karya contributor mereka tool ini dinamakan “Keyword Suggestions Shutterstock”. Melalui tools ini, akan mempermudah kamu menemukan keyword yang tepat untuk foto kamu, serta keyword suggestion ini cukup akurat, karena Shutterstock mengumpulkan beberapa keyword berdasarkan hasil pencarian pengguna. 

Untuk meriset keyword menggunakan tools ini sangat mudah, terlebih jika kita sudah sering melakukannya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke Shutterstock menggunakan akun contributor kamu.
  2. Klik menu “Portofolio” dan pilih “Keyword Suggestions”.

3. Masukkan keyword yang sesuai dengan karya foto kamu pada kolom search dan klik tombol “search”. Misalnya disini saya akan mengupload foto kantor dan saya akan memasukkan keyword “office”.

kata kunci shutterstock

4. Pilih minimal 3 Karya yang sesuai atau paling mirip dengan karya foto kamu.

Kata kunci shutterstock

5. Maka akan muncul 2 Kolom yang sudah berisi Keyword dari karya-karya contributor yang telah mengupload sebelumnya.

Contoh Kata Kunci Shutterstock

Pada gambar diatas, kamu bisa melihat bahwa ada 2 kolom keyword yang dihasilkan, dimana:

  • Most Relevant yaitu berisi keyword yang paling relevan dan populer.
  • More Options yaitu keyword tambahan atau optional keyword lain yang masih relevan dengan foto kamu.

Sebagai saran, akan lebih baik jika kamu memilih keyword yang berada pada kolom pertama karena lebih relevan dengan karya foto kamu.  

  1. Kemudian silahkan tambahkan keyword yang akan kamu gunakan (maksimal: 50 jumlah keyword). Caranya tinggal klik pada bagian keyword atau klik tanda plus biru (+) di bagian kanan keyword 

Jika sudah, silahkan klik tombol “Copy to Clipboard” dan klik “Paste”  di bagian halaman submission.

Menggunakan keyword pada shutterstock

Setelah langkah di atas dilakukan, artinya kamu sudah menemukan kata kunci yang tepat untuk karya foto kamu. Tinggal tunggu 3 hingga 4 hari proses pemeriksaan oleh Shutterstock, maka foto kamu siap ditampilkan dan dijual melalui situs ini. 

Semoga bermanfaat.

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu