Wajib Tahu! 11 Fakta Menarik dan Statistik Shutterstock 2021

Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak 2003, Shutterstock terus mengalami perkembangan. Baik dari jumlah stok, pengguna, tren, pendapatan, dan lainnya. Sebagai user yang banyak mendapat manfaat dari situs ini, tentu menarik jika kamu tahu berbagai statistik Shutterstock 2021.

Secara resmi, perusahaan ini sudah merilis Shutterstock Statistic 2021 yang berisi simpulan aktivitas user-nya satu tahun ke belakang serta berbagai report lain yang terbit pada 2020. Selain jadi wawasan, tentu kamu dapat membaca fakta-fakta ini untuk berbagai kepentingan.

Kamu penasaran bagaimana hasil data analysis Shutterstocks? Berikut statistik Shutterstock 2021 Indonesia dan dunia beserta fakta menariknya!

1. Pertumbuhan Subscriber dan Kepuasan Pengguna

Dalam satu tahun antara kuartal 4 2019 hingga kuartal 4 2020, terdapat pertumbuhan pelanggan yang lumayan signifikan. Ada 281.000 pelanggan baru yang datang.

Adapun pendapatan subscriber meningkat sekitar 0,9%, atau rata-rata di angka 333 dolar AS selama satu tahun. Adapun jika mengacu perhitungan total, ada 71,1 juta dolar AS uang yang pelanggan dapatkan.

Selengkapnya, kamu bisa lihat metrik berikut ini:

Pertumbuhan Subscriber dan Kepuasan Pengguna Zoom

Source: Investor Shutterstock

Kepuasaan pengguna juga masih relatif tinggi. Pengguna Shutterstock di iOS mengulas aplikasi ini dengan rata-rata nilai 4,8. Sementara itu, pengguna Android di Playstore memberi angka ulasan 4,1.

2. Wallpaper dengan Teknik Marmer Semakin Disukai

Wallpaper dengan Teknik Marmer pada zoom

Source: Pngtree

Secara sederhana, marmer merupakan teknik yang membangun ketidaksempurnaan yang indah di tengah kekacauan. Kamu pasti sering menemukan lantai dan tembok yang memiliki desain semacam ini.

Ada tiga kata kunci yang menjadi indikator meningkatnya minat user Shuttetstock terhadaap desain semacam ini. Antara lain tingginya pencarian untuk kata kunci ‘alcohol ink’ (381%), ‘fluid art’ (247%), serta ‘kintsugi’ (140%). Ada juga kata kunci baru yang kini banyak user cari, yakni ‘marmer cair’.

3. Gambar Tie Dye dan Pastel Makin Populer

Gambar Tie Dye dan Pastel pada Zoom

Source: Fivver

Setahun ke belakang, teknik pewarnaan tie dye yang mencampurkan warna-warna bernuansa pastel seolah hidup kembali. Wujud-wujud desain tie dye membuat jagad desain bernostalgia dengan tren tahun 70-an. Tentu, dengan berbagai sentuhan khas dan lebih kreatif.

Kata kunci ‘pastel tie dye’, meningkat di mesin pencari Shutterstock hingga 2400%. Begitu pula dengan ‘tie dye’ (287%) dan ‘shibori’ (250%).

4. Foto Wajah tanpa Filter Makin Diminati

Foto Wajah tanpa Filter Makin Diminati di zoom

Source: The Photo Argus

Ketika semakin banyak orang menggunakan filter wajah untuk potret fotografinya, tren justru berkembang seolah berlawanan. Para pengguna Shutterstock, lebih senang mencari dan menaruh stok foto yang memiliki nilai otentik. Baik dari sisi gambar, maupun teknik pemotretannya.

Buktinya, ada peningkatan pencarian untuk kata kunci ‘authentic people’ hingga 133% serta ‘candid portraits’ hingga 350%.

5. Momen-Momen Kehidupan Pribadi Makin Dicari

Momen Kehidupan Pribadi Makin Dicari pada Zoom

Source: Hiconsumption

Kamu  mungkin melihat ada banyak gambar berseliweran terkesan dibuat-buat. Namun faktanya, Shutterstock mencatat arus minat user mereka bergerak ke momen-momen inner life yang sederhana dan banyak di kehidupan sehari-hari. Gambar-gambar ini, mengaktualisasikan konsep visual storytelling.

Meski tak begitu signifikan, kata kunci seperti ‘self care’ dan ‘home hobbies’ mengalami peningkatan. Masing-masingnya, ada di angka 177% dan 102% untuk statistic pictures jenis ini.

6. Adegan Alam yang Intimidatif dalam Video Footage

Source: Wallpaper Access

Ombak yang menerjang tebing di bibir pantai, gunung yang berselimut kabut, atau bukit pasir yang bermandi terik mentari, menjadi idola dalam pencarian footage. Cuplikan video mengenai berbagai momen bersama sepertinya memang menarik bagi audiens.

Kamu bisa lihat peningkatan statistic images kata kunci untuk ‘mountain aerials’ yang signifikan hingga 1396% . Pada kata kunci lain seperti ‘stormy beach’, ‘cliff aerials’, dan ‘dunes’ yang peningkatannya berkisar 300 hingga 400%.

7. Musik yang Membangkitkan Semangat Tetap Populer

Sebenarnya, musik yang membangun nuansa menyenangkan, percaya diri, serta menggugah semangat menjadi favorit. Satu tahun ke belakang, tren ini tetap terjaga dan banyak pencarinya. Momen pandemi yang panjang membuat orang-orang mencari energi dari musik-musik semacam ini di Shutterstock.

Instrumen All Summer Long dari Black Rhomb, Swing Me the Groove dan Zoom out dari Pavlo Butorin, serta Happy Colours dari Ricky Bombino, adalah beberapa diantaranya. Kamu bisa dengarkan langsung untuk mengecek energi yang musik tersebut bawakan.

8. Meningkatnya Minat Terhadap Foto Non Biner

Batas pembeda antara pria dan wanita sesungguhnya sudah sangat jelas dan tegas. Sayangnya, fakta menunjukan bahwa pengguna Shutterstock semakin berminat dengan foto-foto yang bersifat non-biner.

Dengan kata lain, tak mencerminkan secara jelas apakah sosok manusia dalam foto itu pria atau wanita.
Peningkatannya di kolom pencari cukup ‘gila’, mencapai 2300%. Lebih dari 20x lipat dari tahun sebelumnya.

9. Animator Eksentrik Makin Memiliki Daya Tarik

Kemajuan teknologi berupa software-software animasi, termasuk VFX atau Visual FX (Effect), memperkaya ide-ide animator dalam menuangkan karyanya. Hasil-hasil unik mendapatkan ruang di tengah user Shutterstock yang semakin banyak.

Buktinya, ada peningkatan hingga 13.572% untuk kata kunci ‘whimsical animation’ atau animasi aneh. Selain itu, orang-orang menjadi lebih berminat dengan berbagai animasi abstrak.

10. Tiga Juta Stok Video dalam 1 Tahun

Hingga akhir 2020, jumlah video yang terdapat dalam Shutterstocks sudah mencapai sekitar 20 juta. Padahal pada 2019, jumlahnya baru 17 juta. Tentu saja, peningkatan ini relevan dengan kebutuhan konten video yang juga meningkat.

Sayangnya, bagi pengguna gratisan, kamu hanya bisa mengakses sekitar 2 juta video saja. Dengan kata lain, hanya 10% saja. Meski tergolong sudah banyak, tapi akan lebih menyenangkan jika kamu punya akses premium.

11. Jumlah Gambar Semakin Melimpah

Statistic picture di Shutterstock, per-Maret 2021, jumlahnya sudah mencapai 350 juta stok. Padahal, pada 2018 lalu, jumlahnya masih 225 juta. Peningkatan lebih dari 100 juta gambar dalam rentang 3 tahun ini tentu sangat fantastis. 1 juta kontributor dari seluruh dunia mendukung dahsyatnya statistik ini.

Setiap harinya, Shutterstock mencatat penambahan sekitar 200 ribu gambar. Itu artinya, setiap bulan ada 6 juta gambar baru yang bisa kamu akses. Kamu bisa bayangkan kan betapa pesatnya pertumbuhan gambar ini?

Baca juga: Cara Mudah Beli Foto di Shutterstock

Angka peningkatan harian ini sangat mungkin berlipat ganda pada tahun ini, mengingat semakin banyak kontributor baru berdatangan.

Rekomendasi

Kamu pasti mendapatkan cukup banyak insight dari fakta-fakta seputar Shutterstock di atas.

Namun, sudahkah kamu memiliki akun premium di situs ini?

Sungguh disayangkan jika belum. Karena, kamu hanya bisa mengakses sekitar 5% dari keseluruhan stok yang ada. Padahal, keberlimpahan konten dalam situs ini sayang untuk kamu lewatkan.

Agar bisa mengakses semuanya, kamu perlu akun premium. Harganya memang tak murah, namun kamu bisa dapatkan diskon hingga 45% jika membelinya melalui Id Copy. Selain itu, ID Copy juga menawarkan proses cepat dan pilihan tanpa kartu kredit.

Oh ya, kalau kamu merasa artikel tentang statistik Shutterstock 2021 ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke orang-orang sekitarmu, ya!