Cara Menggunakan Grammarly dalam Email Bisnis Profesional

Saat ini, dunia bisnis semakin kompetitif, maka komunikasi yang efektif melalui email dapat menjadi kunci keberhasilan. Salah satu tool yang dapat membantu meningkatkan kualitas email bisnis kamu adalah Grammarly. 

Dengan menggunakan Grammarly, kamu dapat memastikan bahwa setiap email yang kamu kirimkan bebas dari kesalahan gramatikal serta terdengar profesional dan meyakinkan. Lantas, bagaimana implementasinya? Baca penjelasannya dibawah ini. 

Apa Itu Grammarly?

Grammarly adalah tool koreksi tata bahasa dan penulisan, yang membantu pengguna menulis dengan lebih jelas, efektif, dan bebas dari kesalahan tata bahasa serta ejaan dalam Bahasa Inggris.

Dengan fitur-fitur seperti deteksi kesalahan gramatikal, saran perbaikan, dan analisis gaya penulisan, Grammarly membantu meningkatkan kualitas tulisan dalam berbagai konteks, termasuk email, dokumen profesional, dan publikasi online.

Fitur Grammarly untuk Penulisan Email Bisnis Profesional

Berikut fitur-fitur Grammarly yang paling bermanfaat untuk menulis email bisnis yang lebih profesional.

1. Koreksi Tata Bahasa dan Ejaan

Fitur paling mendasar dari Grammarly adalah kemampuannya untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam teks. Hal ini termasuk kesalahan umum seperti kesalahan penulisan kata, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan gramatikal lainnya.

Contoh kalimat dengan kesalahan

We needs to discuss the project deadline as soon as possible.

Kalimat perbaikan

We need to discuss the project deadline as soon as possible.

2. Saran Perbaikan Gaya Penulisan

Selain koreksi tata bahasa dan ejaan, Grammarly Business juga memberikan saran untuk meningkatkan gaya penulisan. Contohnya, saran untuk memperbaiki struktur kalimat, memilih kata-kata yang lebih tepat, dan menghindari kalimat pengulangan yang tidak perlu.

3. Deteksi Kekurangan Kecakapan Berbahasa Inggris

Bagi pengguna yang bukan penutur asli bahasa Inggris atau yang memiliki keterbatasan dalam berbahasa Inggris, Grammarly dapat menjadi tool untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah-masalah seperti penggunaan kata-kata yang tidak tepat, struktur kalimat yang tidak baik, dan kesalahan tata bahasa.

4. Saran Kesesuaian Tone dan Gaya

Setiap email bisnis harus sesuai dengan konteks dan tujuan komunikasi. Grammarly dapat membantu kamu menyesuaikan tone dan gaya penulisan sesuai dengan kebutuhan. 

Misalnya, jika kamu ingin email kamu terdengar lebih formal dan profesional, Grammarly dapat memberikan saran untuk menghindari penggunaan kata-kata atau frasa yang terlalu santai atau informal.

Contoh

I think the campaign results haven’t quite met what we hoped for, but possibly there are changes we can think about to maybe make things better.

Grammarly

This sentence lacks confidence and might make your stakeholders feel like you don’t have a solid plan. Removing tentative language such as “I think” or “possibly” can make your email sound more confident and help build trust.

Saran

The campaign results have fallen short of expectations, however I believe there are adjustments we can implement to enhance performance.

5. Pemeriksaan Plagiarisme

Bagi kamu yang sering menulis email dengan merujuk pada sumber-sumber eksternal, seperti artikel berita atau dokumen perusahaan, fitur pemeriksaan plagiarisme Grammarly sangat berguna. 

Fitur ini memungkinkan kamu untuk memastikan bahwa konten email kamu tidak melanggar hak cipta atau kebijakan perusahaan terkait penggunaan materi yang sudah ada.

6. Integrasi dengan Platform Email

Salah satu keunggulan Grammarly adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan berbagai platform email populer, seperti Gmail, Outlook, dan Yahoo Mail. Hal ini berarti kamu dapat menggunakan Grammarly langsung di tab penulisan email tanpa perlu keluar dari platform email yang kamu gunakan.

7. Statistik Penulisan dan Kemajuan

Grammarly juga menyediakan statistik penulisan untuk membantu kamu melacak perkembangan dalam penulisan. Kamu dapat melihat statistik tentang berapa banyak kata yang telah kamu tulis, berapa banyak kesalahan yang telah diperbaiki Grammarly, dan bahkan membandingkan kemajuan kamu dengan pengguna Grammarly lainnya. 

Cara Menggunakan Grammarly dalam Email Bisnis Profesional

Setelah memahami beberapa fitur yang ditawarkan oleh Grammarly, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengaplikasikannya dalam penulisan email bisnis? Berikut penjelasannya!

A. Instal Ekstensi Grammarly

Langkah pertama adalah menginstal ekstensi Grammarly pada browser. Ekstensi ini tersedia untuk berbagai platform browser seperti Chrome, Firefox, dan Safari. Setelah diinstal, Grammarly secara otomatis memeriksa setiap teks yang kamu tulis di browser, termasuk email yang kamu susun di platform webmail seperti Gmail atau Outlook.

B. Aktifkan Pemeriksaan Grammarly di Email

Setelah menginstal ekstensi Grammarly, pastikan untuk mengaktifkan pemeriksaan Grammarly di email kamu. Biasanya, Grammarly akan memunculkan ikon di sudut bawah kotak teks saat kamu mulai menulis email. Dengan mengklik ikon tersebut, Grammarly akan mulai memeriksa email kamu dan memberikan saran perbaikan.

C. Perhatikan Saran dan Perbaikan

Ketika Grammarly memeriksa email, Grammarly akan menyoroti setiap kesalahan tata bahasa, ejaan, atau gaya penulisan yang ditemukan. Perhatikan berbagai saran yang diberikan oleh Grammarly dan perbaikan sesuai dengan kebutuhan. 

Hal tersebut termasuk saran untuk memperbaiki struktur kalimat, penggunaan kata yang lebih tepat, dan bahkan pengubahan kata-kata untuk meningkatkan kejelasan pesan email kamu.

D. Gunakan Fitur Premium untuk Keuntungan Lebih

Selain versi gratisnya, terdapat Grammarly premium yang menawarkan fitur-fitur tambahan, seperti deteksi plagiarisme, saran gaya yang lebih pro, dan pemantauan kemajuan penulisan.

Jika kamu sering menggunakan email bisnis, mempertimbangkan untuk meningkatkan ke versi premium, karena dapat memberikan nilai tambah yang cukup signifikan.

E. Periksa Kembali Sebelum Mengirim

Setelah selesai menyusun email, selalu periksa kembali dengan cermat sebelum mengirimkannya. Meskipun Grammarly dapat membantu menangani sebagian besar kesalahan, tetap penting untuk memastikan bahwa pesan kamu terdengar jelas, tepat, dan sesuai dengan tujuan komunikasi dengan penerima email.

Maksimalkan Penggunaan Grammarly Sekarang!

Dengan menggunakan Grammarly, kamu dapat mengambil langkah ekstra untuk meningkatkan kualitas tulisan email bisnis. Fitur-fitur seperti deteksi plagiarisme, analisis tulisan, dan pemeriksaan dokumen akan membantu kamu mencapai standar tertinggi dalam komunikasi bisnis kamu.

Namun, jika kamu tertarik untuk memaksimalkan penggunaan Grammarly premium. Gunakan jasa dari IDCopy sebagai platform jual akun premium Grammarly terpercaya dengan harga terjangkau dan bisa didapatkan dengan mudah. 

Khususnya bagi kamu yang masih pemula dan tidak mau dipersulit dengan metode pembayaran kartu kredit atau proses langganan. Pasalnya, semua akan diurus oleh tim IDCopy. Jadi, kamu hanya perlu melakukan pemesanan dan pembayaran via pulsa, transfer bank, maupun e-wallet. Tunggu apa lagi? Hubungi kontak IDCopy sekarang!

Semua

Premium

x