Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

5 Fitur Rahasia Google Drive yang Perlu Kamu Tahu

Google Drive adalah platform penyimpanan online (Google) yang dimiliki oleh Google. Google Drive memudahkan pengguna untuk menyimpan berbagai file hingga 15 GB secara gratis. Pengguna juga bisa menyimpan file hingga 100 TB secara premium.

Namun tahukah kamu, Google bukan hanya digunakan untuk menyimpan file, tapi ada fitur tersembunyi lain yang bisa kamu gunakan. Apa saja?

1. Konversi PDF ke Teks

Bagi kamu yang seringkali mendapatkan kiriman dokumen dalam format PDF di Google Drive dari rekan kerja atau teman sekolah dan ingin mengubah dokumen tersebut menjadi format text, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi yang memiliki fitur convert PDF to txt.

Kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur yang dimiliki oleh Google Drive, berikut caranya:

    • Klik kanan pada dokumen pdf kamu.
    • Pilih “Open With” dan klik “Google Doc”

    • Dokumen PDF kamu akan langsung diconvert menjadi dokumen text. Dan file PDF kamu akan tetap tersimpan.

2. Fitur Penerjemah

Ketika kamu mendapatkan dokumen bahasa asing dari atasanmu, tentu akan menyulitkan kamu untuk memahami isi dokumen tersebut. Kamu bisa langsung menerjemahkan dokumen tersebut langsung melalui Google Drive, dimana penerjemah ini sudah terintegrasi dengan Google Translate.

Berikut caranya:

    • Buka file yang akan kamu terjemahkan.
    • Klik menu “Tools” dan pilih “Translate Document”.

    • Pilih salah satu bahasa yang kamu pahami.

    • Tunggu hingga proses translating selesai, kamu akan diarahkan ke file baru yang berisi dokumen hasil terjemahan.

3. Voice Typing

Fitur selanjutnya yaitu voice typing, melalui fitur ini pengguna dapat merekam dan kemudian menyusun sebuah artikel tanpa menyentuh papan ketik (keyboard). Google drive dapat merekam kata yang berasal dari berbagai bahasa, salah satunya bahasa Indonesia.

Bagaimana caranya?

    • Klik menu “Tools” pada halaman document kamu. Pilih “Voice Typing”.

    • Pilih bahasa yang kamu gunakan dan klik tombol “Click to Speak” untuk memulai merekam suara.

4. Backup Smartphone Data

Seringkali ketika handphone sedang bermasalah (rusak/hilang), hal yang paling ditakutkan adalah kehilangan data yang ada di handphone tersebut. Terlebih lagi jika kamu tidak pernah backup data-data di handphone. Benar nggak?

Google Drive menjadi salah satu cara mudah untuk backup data handphone kamu, kamu tidak perlu lagi menyambungkan handphone ke laptop atau komputer. Tinggal install Google Drive di handphone, bisa backup kapan saja dan dimana saja kamu mau. Tapi tetap harus terhubung ke internet ya.

Berikut cara melakukannya:

    • Pilih menu “Pengaturan” di handphone kamu.
    • Klik “Pencadangan” dan pilih apa saja yang ingin di-backup, misalkan kontak, kalender, foto, dan video.

    • Kemudian tinggal klik “Cadangkan Sekarang” dan semua data kamu akan tersimpan di Google Drive. (Setiap handphone menggunakan bahasa yang berbeda-beda)

5. Backup Data WhatsApp

Backup data WhatsApp menjadi hal penting bagi setiap pengguna WhatsApp. Walaupun handphone kamu mengalami gangguan (seperti mengalami kerusakan, hilang, atau sebagainya), kamu masih memiliki riwayat obrolan atau media (foto atau video) yang masih tersimpan.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang memanfaatkan WhatsApp sebagai bisnis online. Mulai dari orderan, info nomor tracking hingga testimoni dari pembeli menjadi data penting untuk disimpan.

Salah satu cara untuk backup data WhatsApp yaitu memanfaatkan Google Drive. Berikut cara melakukannya:

    • Pilih menu “Setting” di WhatsApp kamu.
    • Klik “Chat”.

    • Klik “Cadangkan Chat”

    • Pilih “Cadangkan” dan semua data WhatsApp akan tersimpan di Google Drive. Jangan lupa untuk mengatur akun Google Drive yang akan kamu gunakan ya.

Nah, apakah kamu pernah menggunakan 5 fitur di atas? Dengan kemudahan fitur yang ditawarkan Google Drive, platform ini menjadi pilihan tepat untuk mempermudah berbagai kerjaan kamu. Jika kamu berniat untuk mengubah akun menjadi akun premium, tinggal hubungi kontak IdCopy yang siap membantu kamu.

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu