Tips Membuat Foto yang Laku Dijual di Shutterstock

foto yang laku dijual

Ada yang punya pengalaman menawarkan foto ke Shutterstock tapi belum laku sama sekali? Jika ada, sebaiknya mencari tahu seperti apa foto yang laku dijual dalam aplikasi dan situs tersebut. 

Sebagai penyedia layanan berbagai vektor, foto, ilustrasi, audio hingga video ini memberi banyak kemudahan bagi konten kreator dalam mencari gambar. Jika tertarik menjadi kontributor, dapat pula membuat akun dan menawarkan karyanya dengan syarat tertentu.

Apa Itu Shutterstock dan Fungsinya

Salah satu tempat jual foto untuk mendapatkan uang adalah Shutterstock. Situs yang populer dengan karya berkualitas ini menyediakan berbagai foto, vektor, ilustrasi dengan jumlah stok mencapai 350 juta lebih.

Karya bisa digunakan konten kreator sebagai pelengkap konten. Seorang blogger dapat  mengambil foto yang sesuai dengan artikel yang ditulisnya. Jika seorang desain ilustrasi dapat mengambil gambar untuk kemudian melakukan editing kembali sesuai kebutuhan.

Fungsi dari Shutterstock adalah menampilkan banyak karya foto yang laku dijual untuk berbagai kebutuhan digital. Apabila ingin menikmati berbagai layanan dalam situs, pengguna perlu berlangganan terlebih dahulu sehingga bisa mengunduh karya sesuai kebutuhan.

Selain itu, pengguna dapat menjadi kontributor Shutterstock dengan membuat foto, ilustrasi hingga video melalui situs. Hanya saja, untuk menjualnya terdapat kriteria tertentu supaya acc kemudian bisa tampil dan terjual lewat situs. 

Tips Membuat Foto Yang Laku Dijual di Shutterstock

Berikut adalah tips membuat foto yang laku dijual melalui Shutterstock dan hanya bermodal online android HP atau kamera seadanya, yaitu:

1. Foto Timeless

Timeless adalah karya yang tak lekang oleh waktu karena kapanpun waktunya banyak yang membutuhkannya. Contoh dari foto ini seperti hal yang berkaitan dengan gaya hidup, kesehatan, bisnis, gadget, desain dan yang lainnya.

Secara lebih khusus misalnya gambar HP, gambar orang sedang di depan laptop, orang sedang minum kopi, kopi dalam cangkir dan sejenis itu. Foto yang laku dijual bersifat timeless akan tetap dicari dalam jangka panjang dan menguntungkan. 

2. Foto Simpel dan Bersih

Kriteria kedua yang tidak boleh abai begitu saja adalah foto harus bersih dan simpel. Tidak perlu melakukan editan yang aneh-aneh dan malah membuat foto tampak palsu. 

Gunakan filter yang wajar saja masalahnya pengguna yang mencari foto melalui Shutterstock sudah memiliki planning tersendiri untuk mengubahnya sesuai keinginan. Foto simpel, bersih dan alami selalu menjadi peringkat utama pencarian foto lewat situs tersebut.

3. Foto Autentik dan Terlihat Nyata

Foto terlihat nyata bukan berarti harus melakukan pemotretan menggunakan kamera atau HP mahal. Sebab, bukan jaminan juga foto yang laku dijual menghasilkan hasil terbaik, meskipun secara kualitas memiliki nilai plus.

Autentik dan nyata akan terlihat pada objek alami, tidak dibuat-buat, fokus dengan latar belakang apa adanya. 

4. Foto Serbaguna

Membuat foto yang laku dijual dan serbaguna dengan mengunggah dalam berbagai format. Foto yang banyak peminatnya adalah fleksibel untuk ukuran banyak platform dan lintas industri. 

Misalnya, foto dalam ukuran 9:16, 4:3 dan lain sebagainya. Ukuran beragam dengan mendatar atau vertikal memudahkan pencari foto menyesuaikan kebutuhan mereka dan mengunduhnya.

5. Persiapkan Matang

Sebelum melakukan pemotretan atau memotret objek apa saja, mempersiapkan secara matang dan terencana. Biasanya hal ini sedikit diabaikan ketika ingin jual foto online untuk pemula sehingga banyak yang tidak di ACC.

Persiapan matang mencakup pemilihan model (jika membutuhkan model), outfit yang hendak dikenakan, lokasi hingga penyesuaian sinar matahari yang mempengaruhi hasil. 

Melakukan pemotretan dalam ruang atau luar ruang akan berbeda sebab cahaya memegang peran penting.

Agar hasil foto yang laku dijual optimal dapat melakukan trik atm yaitu amati, tiru dan modifikasi. Persiapan matang menghasilkan foto lebih detail dan terstruktur dengan bagus.

6. Identifikasi yang Berbeda

Banyak sekali foto di Shutterstock yang mirip satu dengan yang lain. Supaya berbeda, bisa melakukan identifikasi lokasi atau landmark tempat tertentu yang paling dekat dengan domisili. 

Contoh foto Shutterstock yang banyak pencariannya tempat unik dan berbeda dari yang lain, ikonik atau hanya ada satu-satunya di dunia.

Dari situ alan terlihat landmark jelas, lokasi yang tak biasa dan bahkan sesuatu yang hanya ada satu dalam Shutterstock. Dengan perbedaan mencolok akan membuat foto lebih menarik dan menjadi pilihan banyak pengguna.

7. Menggunakan Keyword Paling Tepat

Foto yang sudah jadi tinggal mengedit secukupnya dan unggah ke situs. Kemudian jangan lupa memberi keyword atau kata kunci yang paling tepat dan relevan dengan foto tersebut.

Kata kunci menjadi hal penting supaya orang menemukan apa yang diunggah dan melihat hasil karya yang ada. Pemilihan kata kunci tepat memungkinkan lebih banyak orang akan melihat lalu mengunduhnya jika memang membutuhkan.

8. Konsisten

Tips terakhir jual foto di Shutterstock adalah konsisten dalam mengunggah foto. Dengan mengunggah banyak foto, maka lebih banyak kemungkinan orang melihat foto dalam akun tersebut.

Konsistensi ini memberi support terbaik agar akun lebih dikenal publik, foto yang ada dengan kualitas dan angle terbaik serta keunikan lain yang tidak ditemukan dalam foto lainnya.

Setelah tahu tips di atas dapat memulai mengunggah lebih banyak foto supaya akun memiliki stok melimpah. Sedangkan bagi yang ingin melakukan unduhan dengan lebih praktis dapat menggunakan jasa Shutterstock.

Pada umumnya pihak jasa layanan sekaligus jual akun premium terpercaya. Mau sebagai pengguna ataupun kontributor bukan masalah apalagi setelah mengetahui tips mudah agar foto laku terjual lewat Shutterstock.

Jual Foto Kamu Sekarang!

Ada tips jitu foto yang laku dijual di Shutterstock yaitu timeless, foto bersih, autentik, nyata, serbaguna, persiapan memotret matang dan identifikasi berbeda. Selain itu harus dapat memilih keyword paling tepat dan terus konsisten mengunggah foto.

Semua

Premium

x