5 Keuntungan Membeli Foto di Shutterstock

Tak bisa dipungkiri, kini ShutterStock menjadi salah satu situs microstock untuk mengunduh konten visual premium dengan kualitas yang tinggi dan paling populer di dunia.

Di Shutterstock, kamu bisa mengunduh berbagai konten visual mulai dari gambar (foto), vector, video hingga music dengan sistem berlangganan (berbayar).

Selain itu, kamu juga bisa mendaftar sebagai anggota (contributor) untuk menjual koleksi foto-fotomu sendiri. Penghasilan yang bisa kamu dapatkan juga cukup lumayan, terlebih jika foto kamu berkualitas dan memiliki nilai jual yang bagus.

Berjualan di Shutterstock, kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga $10.000 (Rp147.785.000), tergantung paket yang digunakan oleh pembeli. Kamu bisa melihat lebih detail pada gambar dibawah.

penghasilan jual foto di shutterstock

Sumber: Photographytalk

Lalu, berapa harga foto di Shutterstock? Sangat beragam, ada yang bisa membeli 10 foto dengan harga $49 (Rp692.100)/bulan atau 5 foto dengan harga $49(Rp692.100)/bulan (tergantung paket yang kamu gunakan). Pada artikel sebelumnya kita sudah mengetahui harga foto di Shutterstock secara detail.

Nah pada artikel ini kita akan mengetahui keuntungan membeli foto di Shutterstock.

1. Memiliki Kualitas yang Bagus

Keuntungan utama yang akan kamu dapatkan yaitu foto yang dijual oleh Shutterstock memiliki kualitas yang sangat bagus. Shutterstock sangat selektif ketika melakukan review terhadap hasil karya foto para contributor sebelum menjual foto di Shutterstock.

Foto yang dijual memiliki minimal sebesar 4MP, sehingga akan tetap bagus walaupun di zoom berkali-kali. Begitupun jika kamu mengeditnya, kualitas foto akan tetap bagus dan menarik tanpa mengganggu kualitas foto asli.

2. Terdapat Fitur Editing

Saat membeli foto di Shutterstock, kamu bisa langsung mengubah tampilan foto sesuai dengan kebutuhan kamu. Shutterstock menyediakan fitur editing untuk setiap foto yang mereka jual.

Misalnya mengubah ukuran (resize) foto, menambahkan teks, atau menambahkan berbagai element untuk membuat foto semakin menarik.

fitur editing ketika membeli foto di Shutterstock

3. Foto Tanpa Watermark

Watermark adalah sebuah tulisan atau logo yang biasa ditemukan pada sebuah karya digital atau manual. Watermark menunjukkan identitas dari seseorang yang menciptakan karya tersebut.

Berikut contoh watermark pada sebuah gambar:

Setelah melihat gambar diatas, watermark tersebut tentu sangat mengganggu foto yang kamu download kan? Kamu juga bisa dianggap melakukan pencurian atas karya orang lain.

Maka dari itu, membeli foto melalui Shutterstock, kamu bisa mendapatkan foto tanpa watermark.

contoh watermark pada sebuah foto

4. Terdapat Banyak Pilihan Foto

Shutterstock menyediakan ribuan hingga jutaan foto yang bisa kamu beli. Diketahui dari situs resmi Shutterstock, saat ini mereka memiliki lebih dari 370 juta gambar.

Shutterstock juga menyediakan berbagai kategori foto yang memudahkan kamu untuk menemukan foto yang kamu butuhkan. Tinggal beli foto sesuai dengan kebutuhan kamu.

kategori foto pada shutterstock

5. Menyediakan Akun Pengguna Tunggal dan Multi-Pengguna

Shutterstock menyediakan dua jenis akun untuk para pengguna (pembeli), yaitu akun pengguna tunggal dan multi-pengguna. Akun pengguna tunggal memberi satu orang akses untuk melisensikan, mengunduh, dan menggunakan konten.

Tetapi jika kamu bekerja dalam tim atau di lingkungan perusahaan, akun multi-pengguna cocok untuk kamu gunakan.

Nah itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membeli foto premium di Shutterstock. Untuk berlangganan di Shutterstock, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cara mudah berlangganan di Shutterstock.

Dan sebagai penyedia akun premium, IDCopy juga menyediakan jasa Shutterstock. Hanya dengan waktu 10 menit, kamu sudah bisa mendapatkan foto yang kamu inginkan.

Beli akun shutterstock banner