Mengenal “Editorial Use Only” pada Gambar Shutterstock

Shutterstock memang telah menjadi primadona bagi kalangan dunia bisnis dan hiburan. Kualitas stok gambar yang disediakan telah terbukti nyata mampu memenuhi ekspektasi dari para customernya. Dengan berbagai jenis pelanggan yang dimiliki Shutterstock, tidak heran platform ini memiliki banyak kebijakan. Hal tersebut terbukti dari adanya tipe lisensi yang berbeda-beda seperti Standard dan tingkat lanjut (Enhanced). Sedikit mengulas kembali untuk perbedaan kedua lisensi tersebut adalah adalah lisensi tingkat lanjut (Enhanced) membolehkan penggunaan gambar untuk produk komersial (template web, dekorasi restoran, dsb). Selain itu, lisensi Enhanced juga mengizinkan gambar untuk dicetak lebih dari 500.000 salinan. Untuk bahasan lebih jelas dan lengkap, silahkan baca artikel lisensi Enhanced Shutterstock.

Tapi selain itu, ternyata ada kebijakan yang luput dari perhatian banyak orang yaitu gambar yang bertipe “Editorial Use Only”. Mari kita bahas di artikel ini.

Apa itu Editorial Use Only di Shutterstock?

Editorial Use Only pada Shutterstock atau jika dalam bahasa indonesia disebut “Penggunaan Editorial Saja”  adalah sebuah tipe gambar. Gambar editorial ini bisa kita temukan di dalam koleksi gambar Shutterstock. Untuk mengetahui apakah gambar tersebut merupakan gambar editorial, dapat dilihat di deskripsi gambar terkait seperti pada contoh di bawah ini.

Kebijakan Shutterstock berkaitan dengan Gambar editorial adalah boleh dipakai hanya untuk konten editorial seperti berita dan edukasi. Sehingga Gambar editorial tidak boleh digunakan untuk keperluan komersial. Shutterstock memberikan opsi untuk segala keperluan komersial dengan menggunakan konten komersial. 

Konten Komersial vs Konten Editorial

Konten komersial merupakan konten yang dapat digunakan sesuai dengan namanya yaitu seperti monetisasi, penjualan, promosi, dan iklan produk, bisnis, atau layanan. Sedangkan konten editorial hanya digunakan untuk kebutuhan berita dan edukasi seperti dokumentasi, pemberitaan, dan tutorial. Konten editorial bisa mengandung logo, nama brand, dan juga orang ternama. Bila ingin mengetahui lebih dalam tentang hal ini, termasuk syarat supaya sebuah gambar bisa menjadi konten komersial, klik link ini

Selain itu, gambar yang digunakan untuk konten editorial juga harus memberikan kredit di setiap gambar dengan format “Artist’s Name/Shutterstock.com”. Contoh pengkreditan untuk gambar konten editorial adalah seperti berikut ini.

Kenapa Tidak diperkenankan Menggunakan Gambar Editorial untuk Keperluan Komersial

Konten editorial mengandung logo, nama brand, dan trademark tertentu. Karena itu, gambar editorial tidak bisa digunakan untuk kepentingan komersial. Apabila Anda menggunakan gambar Editorial untuk kepentingan komersial maka Anda melanggar hak cipta dari IP yang ada pada gambar tersebut dan berpotensi mendapat teguran atau bahkan denda dari pihak Shutterstock. 

Jadi, kejelian dalam mengetahui bahwa apakah sebuah gambar merupakan gambar editorial sebelum menggunakan gambar tersebut untuk keperluan komersial dapat menghindarkan Anda dari potensi kerugian di masa depan.

Tips IDCopy: Exclude Gambar Editorial dari Hasil Pencarian

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Peribahasa itu merupakan gambaran besar dari tips yang akan diberikan kali ini. Ya, tips ini bertujuan untuk menghasilkan list gambar yang semuanya merupakan konten komersial sehingga aman untuk digunakan untuk keperluan komersial. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama, masukkan kata kunci dari gambar yang akan dicari, pada contoh ini, IDCopy menggunakan kata kunci “Gedung Pencakar langit”. Kemudian klik cari (search) atau dengan menekan tombol merah bergambar kaca pembesar.

Setelah muncul hasil gambar sesuai dengan kata kunci yang diinputkan sebelumnya, lanjutkan dengan klik tombol Lainnya. Letak tombol tersebut berada di barisan properties pencarian.

Selanjutnya akan muncul barisan opsi baru, kemudian klik opsi Non-editorial di kolom bagian Penggunaan.

Selesai, dengan cara ini Anda akan mendapatkan kumpulan gambar sesuai dengan kata kunci dan aman digunakan untuk keperluan komersial.

Demikian artikel kali ini. Semoga pengetahuan mengenai gambar dengan atribut “Editorial Use Only” atau gambar editorial ini dapat bermanfaat bagi Anda. Hindari menggunakan gambar editorial untuk keperluan komersial Anda supaya terhindar dari potensi yang merugikan diri sendiri. Sampai Jumpa di artikel berikutnya!

Semua

Premium

x