Temukan Gambar Berkualitas Tinggi dengan Fitur Reverse Image Search di Shutterstock

reverse image search

Saat ini, mencari gambar yang berkualitas di internet cukup mudah. Apalagi kini juga tersedia fitur reverse image search di banyak platform. Contohnya, seperti Google dan juga website pencarian foto dan video Shutterstock.

Tetapi, masih banyak pengguna internet yang belum mengetahui fitur tersebut. Alhasil, banyak dari mereka yang kesulitan saat perlu mencari gambar berkualitas di internet. Bagi kamu yang tertarik ingin tahu lebih banyak tentang fitur tersebut, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tentang Shutterstock

Shutterstock adalah perusahaan terkemuka yang menyediakan foto, vektor, ilustrasi, video, dan musik berlisensi berkualitas tinggi. Biasanya, koleksi Shutterstock ini digunakan untuk keperluan bisnis, agen pemasaran, hingga organisasi media di seluruh dunia.

Hingga sekarang ini, Shutterstock telah memiliki lebih dari 100.000 kontributor dari seluruh dunia. Bahkan setiap minggunya, ada ratusan ribu gambar yang masuk ke dalam website perusahaan mereka. Jumlah foto yang ada di website Shutterstock kini ada lebih dari 70 juta gambar dan 2 juta klip video. 

Pusat kantor Shutterstock berada di New York. Namun, mereka juga memiliki kantor cabang di beberapa negara, seperti Chicago, Amsterdam, London, Los Angeles, Paris, Berlin, dan San Fransisco. Selain itu, perusahaan juga memiliki beberapa fitur lainnya, antara lain.

  • Bigstock, yakni penyedia media visual seperti gambar dan video yang berorientasi pada nilai.
  • Offset, yakni koleksi gambar premium atau berkualitas tinggi.
  • PremiumBeat, yakni perpustakaan musik bebas royalti yang telah dikurasi.
  • Rex Features, yakni sumber utama gambar editorial untuk keperluan media.
  • WebDAM, yakni layanan manajemen aset digital berbasis cloud untuk bisnis.

Apa Itu Fitur Reverse Image Search di Shutterstock?

Reverse image search yang tersedia di website Shutterstock adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menemukan sumber asli suatu gambar. Dengan adanya fitur ini, maka kamu dapat mengetahui di mana gambar tersebut diambil. Termasuk juga siapa yang mengambil gambar.

Shutterstock menyediakan hubungan antarmuka intuitif bagi pelanggan untuk dapat mencari dan juga menemukan gambar berkualitas tinggi dari banyak koleksi para fotografer, ilustrator, dan juga seniman profesional.

Perusahaan Shutterstock berusaha untuk mempertahankan standar kualitas tinggi, dengan mempekerjakan tim peninjau yang telah profesional. Nantinya, tim peninjau akan mengawasi kiriman dari kontributor di seluruh dunia.

Jadi, pada dasarnya, Shutterstock dibuat dengan prinsip kecepatan. Oleh karena itulah, kamu sebagai pengguna, dapat cepat menemukan gambar apa saja yang dicari. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hanya pengguna akun premium Shutterstock saja yang bisa menggunakan fitur ini.

Kegunaan Fitur Reverse Image Search Shutterstock

Fitur reverse image search pertama kali dikenalkan Shutterstock pada bulan Maret 2016. Fitur ini bisa membantu kamu dalam mencari gambar dengan kualitas terbaik, lengkap dengan informasi kontributornya.

Kamu dapat menelusuri situs ini dengan menggunakan gambar untuk menemukan gambar yang bisa diunduh sesuai keinginan. Jadi, bukan dengan keyword atau kata kunci seperti pada umumnya.

Hal ini tentu dapat meminimalisir kesalahan dalam pencarian gambar menggunakan kata kunci yang kerap dialami pengguna internet. Melalui fitur reverse image search, maka masalah ini dapat teratasi dengan baik.

Pasalnya, fitur tersebut dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pencarian menggunakan keyword atau kata kunci. Apalagi tak jarang kamu kerap melakukan penelusuran gambar secara spesifik, sehingga sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Beberapa pengguna dari negara besar, seperti Rusia, India, dan Turki, menyatakan bahwa mereka telah mengalami peningkatan hasil penelusuran dengan adanya fitur  ini. 

Mayoritas dari mereka sepakat bahwa fitur reverse image search berhasil mengatasi hambatan bahasa dalam penggunaan keyword, yang dapat menghambat proses penelusuran mereka. 

Bahkan, negara-negara ini berhasil melakukan unduhan gambar dalam jumlah penelusuran besar dengan fitur tersebut, dibandingkan dengan penelusuran teks.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh Shutterstock sendiri berhasil menemukan data, bahwa penelusuran melalui fitur reverse image search telah menghasilkan lebih banyak unduhan daripada yang penelusuran berbasis teks.

Diketahui, bahwa setidaknya pengguna fitur ini memiliki kemungkinan 3,49 kali lebih besar melakukan pencarian gambar berkualitas tinggi. Hal inilah yang membuat pengguna tidak ragu untuk melakukan pembelian berikutnya.

Cara Menggunakan Fitur Reverse Image Search Shutterstock

Pada dasarnya, fitur reverse image search menggunakan data piksel berbasis visual untuk menghasilkan gambar berlisensi yang sangat mirip. Dalam hal ini, sudah pasti penelusuran berbasis visual akan lebih baik. Pasalnya, kamu dapat mencari gambar dengan hasil yang lebih sesuai dan berkualitas tinggi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur reverse image search di Shutterstock? Berikut ini adalah panduannya yang bisa kamu coba ikuti.

  • Pertama-tama, kamu bisa klik ikon kamera di bagian pencarian gambar pada halaman utama Shutterstock.
  • Kemudian, unggah gambar yang sesuai dengan kriteria tertera. Nantinya, sistem akan memunculkan daftar gambar yang serupa secara visual.
  • Lalu, kamu dapat memilih gambar sesuai dengan kebutuhan.

Perlu diketahui juga, bahwa fitur reverse image search ini dapat menerima gambar dengan besaran hingga 5MB dan 4000 piksel di setiap sisinya. Namun, apabila ukuran gambar terlalu besar, maka kamu bisa memperkecilnya dengan menggunakan fitur image resizer yang ada di website.

Dari tutorial di atas, bisa diketahui bahwa teknologi penelusuran visual ini akan menggunakan gambar dan piksel untuk mengidentifikasi konten. Kemudian nantinya, secara dinamis, sistem akan mencari konten lain yang serupa.

Tertarik Menggunakan Reverse Image Search di Shutterstock?

Berdasarkan informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa fitur reverse image search di Shutterstock akan memudahkan kamu sebagai pengguna dalam mencari gambar berkualitas tinggi. Khususnya pada gambar-gambar yang bersifat spesifik dan sulit dijelaskan dengan kata kunci tertentu.

Namun, fitur ini hanya bisa kamu gunakan pada akun premium saja. Tidak perlu khawatir, karena kini ada layanan jual akun premium untuk akun Shutterstock dari IDCopy.

Jasa Shutterstock dari IDCopy menyediakan layanan beli akun premium, sehingga kamu bisa mengunduh gambar berkualitas tinggi. Menariknya lagi, IDCopy juga menyediakan banyak pilihan pembayaran, mulai dari bank, e-wallet, hingga via pulsa. Tentunya akan memudahkan kamu dalam menggunakan layanan ini.

Tertarik untuk beli akun premium Shutterstock? Langsung saja gunakan layanan dari IDCopy dengan cara menghubungi kontak IDCopy.

Semua

Premium

x