Tutorial Membuat Mockup Produk Dengan Mudah Menggunakan Pacdora

Bagi kamu yang sedang bekerja atau belajar di bidang desain produk pasti mengetahui bahwa proses pembuatan mockup akan memakan waktu. Namun, kita sebagai pekerja dituntut untuk menghasilkan mockup dengan cepat dan berkualitas karena persaingan yang semakin ketat. Tentunya mendesain dari alat desain seperti Illustrator atau Photoshop kemudian diaplikasikan ke tampilan 3D dengan menggunakan software seperti Blender adalah rangkaian proses yang cukup panjang. Adakah cara yang lebih praktis? IDCopy akan memberikan tutorialnya step by step dengan menggunakan Pacdora.

Perlu diperhatikan sebelumnya, Akun yang digunakan dalam tutorial kali ini merupakan akun Pacdora Pro alias berbayar. Hal itu untuk menunjukan potensi maksimal dari website ini. Belum mempunyai Pacdora Pro? klik disini

Selanjutnya, mari kita masuk ke step by step tutorial membuat mockup produk dengan mudah menggunakan Pacdora.

Step 1: Kunjungi website Pacdora

Langkah pertama diawali dengan membuka website Pacdora di pacdora.com atau klik di sini. Selanjutnya klik tombol Login untuk masuk ke akun milikmu. 

Belum mempunyai akun? Buat akun gratismu terlebih dahulu. Selanjutnya upgrade ke Pacdora Pro disini

Dengan Pacdora Pro, kamu akan mendapatkan fitur penuh dari Pacdora termasuk unlimited export untuk file rendering beresolusi 4k dan file video beresolusi 2k, menghilangkan watermark dan batasan copyright dari konten, penggunaan unlimited untuk advanced features di mockup generator, scene generator, dan dieline generator serta banyak lainnya.

Step 2: Buat Project Baru

Klik tombol Workbench di laman website Pacdora seperti gambar dibawah ini (pastikan kamu sudah login terlebih dahulu).

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pribadi milikmu. Dalam halaman ini kamu akan bisa mengorganisir proyek-proyek milikmu. Kamu bisa menyortir berdasarkan jenis file (Mockup file, 3D Design files, Dieline files), tanggal pembuatan dan kapan terakhir kali file disimpan. Untuk membuat proyek baru kamu bisa klik tanda plus (+) pada jenis file yang ingin dibuat, penjelasannya sebagai berikut:

  • Mockup file : Memiliki fungsi untuk memvisualisasikan rancangan desain produk dalam 3D. Model 3D sangat berguna karena dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mendapatkan gambar Mockup terbaik. 
  • 3D design file : Dapat digunakan untuk membuat display mockup produk menjadi lebih menarik.
  • Dieline file : Mengutip dari bikin.co, dieline adalah ilustrasi template datar berupa garis dan bentuk sederhana. Kamu bisa menggunakan Dieline untuk menunjukkan dimana template kemasan harus dipotong, dimana kemasan harus dilubangi, atau dimana kemasan harus dilipat. Fitur ini cocok untuk kamu yang ingin sekaligus mencetak produk desainmu.

Step 3: Buat File Mockup

Pada tutorial kali ini, kita akan berfokus terlebih dahulu ke pembuatan mockup. Oleh karena itu, klik Add new mockup file.

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman untuk mendesain mockup produk milikmu. 

Kelebihan dari Pacdora dibandingkan alat sejenisnya adalah tersedianya banyak template kemasan yang siap digunakan mulai dari berbagai jenis dan bentuk box, botol, tumbler, dan banyak lagi. Kamu bisa menekan tombol tanda panah bawah untuk melihat lebih banyak variasi template yang disortir berdasarkan bentuknya.

Di tutorial ini, IDCopy ingin membuat mockup suplemen vitamin. Oleh karena itu langkah pertama adalah mencari packaging kategori botol (Bottle) berjenis medicine bottles. Kemudian dilanjutkan dengan memilih salah satu template yang disediakan.

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita bahas beberapa fitur utama yang tersedia pada halaman desain mockup 3D Pacdora sebagai berikut:

  • Models: Menyediakan template model 3D sebagai media mockup desain produk milikmu. Model 3D yang disediakan bervariasi mulai dari yang berbentuk botol, box kemasan, tumbler, botol obat, dan banyak lagi.
  • Edit: Digunakan untuk mengedit model 3D seperti mengubah ukuran, material, warna di beberapa bagian model, dan lainnya.
  • Background: Berfungsi untuk merubah warna latar belakang. Berikut ini IDcopy merubah warna background dari putih ke kuning. 
  • Videos:  Menyediakan template animasi yang bisa kamu gunakan untuk mockup produk milikmu.

Step 4: Upload Gambar Desain Milikmu

Pada tahap ini, kamu perlu menyiapkan desain produk dalam bentuk format JPG, PNG, atau SVG. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Upload seperti pada gambar dibawah ini.

Kemudian, klik Add images atau drag n drop file dari komputer kamu ke area upload Pacdora.

Setelah gambar terupload, kamu bisa mengatur gambar dengan menggeser, merubah skala, dan sebagainya di area bagian tengah. Kamu bisa mengacu preview pada model 3D untuk menyesuaikan tata letak gambar. Lanjutkan dengan klik Save untuk menyimpan perubahan.

Setelah klik “Save” gambar yang telah kamu upload akan otomatis tertempel di objek 3D dan mockup siap digunakan.

Step 5: Export Mockup 3D 

Sekarang saatnya untuk mengekspor mockup produk milikmu. Langkah pertama yang dilakukan adalah klik “Super export.

Pada halaman expor, kamu bisa mengatur posisi model 3D produk, aspek rasio, dan juga format output yang diinginkan. Jika sudah sesuai, klik tombol Download Now atau Render Now untuk mengunduh gambar mockup.

Opsi Render Now akan terlihat jika kamu memilih opsi Slow speed karena file akan diproses di server Pacdora terlebih dahulu. Sesuai dengan namanya, opsi Slow speed akan memakan waktu lebih yang lama untuk mendownload hasil gambar. 

Bagaimana dengan hasilnya? Berikut ini adalah hasil perbandingan gambar dari opsi Fast speed dan opsi Slow speed.

Meskipun opsi Slow speed membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendownload gambar, terlihat bahwa hasilnya gambar lebih bagus dan tampak lebih nyata. 

Cepat, mudah dan berkualitas bukan? Segera gunakan Pacdora sekarang juga dan rasakan sendiri manfaatnya. Sekian tutorial cara membuat mockup produk dengan mudah menggunakan Pacdora. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Semua

Premium

x