Google Play Console

Aplikasi/game berplatform mobile memang menjadi trend pada saat ini. Kemudahannya untuk diakses kapan saja karena secara ukuran smartphone atau tablet yang kecil dan ringan jika dibandingkan dengan laptop/PC itulah yang membuatnya banyak digemari. Ini merupakan peluang besar yang terbuka lebar bagi Anda untuk mendapatkan income sebanyak mungkin. Nah, apabila Anda berniat untuk mempublish aplikasi/game pada platform mobile, pada kasus ini adalah Android maka ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan.

Pastikan kesiapan aplikasi/game Anda untuk Google Play Store

Anda direkomendasikan mengikuti panduan Google Play untuk membuat aplikasi/game Anda memiliki kualitas yang tinggi. Pastikan aplikasi/game Anda memenuhi standar kualitas aplikasi inti sehingga akan mengurangi hambatan di tahap selanjutnya dari proses publikasi.

Anda dapat melihat rekomendasinya disini.

Tentukan target audiens dari aplikasi/game Anda

Untuk menghasilkan interaksi yang maksimal, penting untuk aplikasi/game Anda berada pada lingkaran audiens yang Anda inginkan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menetapkan rating konten ke aplikasi/game Google Play Anda. Sebagai contoh jika Anda membuat game untuk kaum muda, Anda dapat menyetel maturity aplikasi/game ke “Semua Orang”. Jika Anda telah membuat sebuah game yang memiliki adegan berbahaya dan menyeramkan, maka sepatutnya Anda menempatkannya ke kategori “Dewasa” pada game Anda.

Ketahui dimana audiens dari aplikasi/game Anda

Saat Anda upload aplikasi/game ke Play Store, Anda perlu mempertimbangkan sejak awal apakah Anda akan mendistribusikan secara lokal, internasional atau bahkan ke seluruh dunia karena dapat memiliki beberapa pengaruh ke aplikasi/game seperti:

  • Lokalisasi resource dari aplikasi/game seperti teks, panduan, dsb.
  • Lokalisasi pada keterangan aplikasi/game di Play Store.
  • Persyaratan hukum yang mungkin berbeda di tiap wilayah target.
  • Pengaruh time-zone, mata uang yang berbeda, dsb.

Ini mungkin terlihat sepele namun Anda harus memutuskan sejak awal supaya Aplikasi/game lebih optimal.

Mengumpulkan material-material untuk aplikasi/game Anda

Ada beberapa hal yang perlu Anda atur sebelum mulai memublikasikan aplikasi/game Anda yang dibutuhkan oleh Google Play Store. Hal tersebut termasuk mendapatkan kunci cryptographic yang berfungsi sebagai tanda tangan digital yang mengautentikasi aplikasi/game Anda, mendesain ikon dari aplikasi/game Anda, menulis End User License Agreement (EULA), menyiapkan material untuk pemasaran aplikasi/game Anda seperti gambar, video cuplikan, atau teks yang mewakili aplikasi/game Anda untuk menarik audiens.

Merencanakan strategi monetizing dari aplikasi/game Anda

Anda perlu merencanakan bagaimana aplikasi/game Anda menghasilkan keuntungan untuk Anda. Seperti contoh model game free to play sehingga user dapat mendownload dengan gratis namun terdapat in-game items seperti skins, outfits, dsb yang dapat dibeli dengan uang.

Oke, jadi Anda sudah siap untuk mempublish aplikasi/game Anda di Google Play Store. Sekarang Anda perlu mengenal apa itu Google Play Console atau Google Play Developer Console.

Apa itu Google Play Console?

Google Play Console merupakan tempat untuk mempublish dan memanajemen aplikasi Anda. Untuk dapat menggunakan Google Play Console Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Langkah 1: mendaftar akun google play developer

Anda perlu memiliki akun developer untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Anda bisa mendaftar akun developer melalui akun google Anda pada halaman ini.

Langkah 2 : Menyetujui persyaratan Developer Distribution

Pada proses pendaftaran akun developer, Anda mereview dan menyetujui persyaratan Developer Distribution.

Langkah 3 : Membayar biaya registrasi

Terdapat biaya registrasi yang harus dibayarkan dan bersifat one-time. Artinya setelah Anda membayar Anda akan dapat menggunakannya untuk selamanya. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit/debit jenis MasterCard, Visa, American Express, Discover (khusus Amerika), dan Visa Electron (Khusus di luar Amerika).

Langkah 4 : Melengkapi akun secara detail

Anda perlu melengkapi detail akun Anda termasuk memilih tipe akun dan melengkapi kolom isian sesuai dengan tipe akun. untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat disini.

Selamat!! Anda sudah menyelesaikan proses pembuatan akun developer untuk Google play console. Namun, untuk persetujuan akun umumnya memakan waktu 1-2 hari kerja. Setelah akun Anda mendapat persetujuan, Anda dapat mengupload aplikasi/game ke Google play console gratis dan bebas mempublishnya ke Playstore. 

Namun tidak semua orang memiliki kartu kredit/debit MasterCard, Visa, dan sejenisnya yang bisa digunakan untuk membayar biaya registrasi google play console. Solusinya Bagaimana? Tenang, IDCopy akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda cukup klik “Beli Sekarang”, selesaikan proses pembayaran dan dalam proses 5 hingga 15 menit pembuatan akun developer Anda akan selesai. Percayakan jasa pembayaran Google Play Console Anda pada IDCopy yang murah, cepat dan aman.

Biaya Pendaftaran

500.000
475.000
Beli Sekarang
  • 1x Bayar di depan untuk selamanya
  • Not Refundable (Tidak dapat dikembalikan)
  • Keputusan ditangan Google sepenuhnyaa

Produk Lainnya yang Mungkin Kamu Suka

Semua

Premium