Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Netflix

Netflix adalah sebuah platform Video on Demand (VoD) populer yang digunakan untuk menonton berbagai film, drama, atau tv series.

Awalnya sukses di Amerika, kini Netflix semakin disukai di seluruh dunia, bahkan di Indonesia sendiri, tayangan film Netflix juga sudah bisa dinikmati dengan mudah.

Tetapi untuk menonton film menggunakan netflix, tentunya kamu akan membutuhkan banyak kuota internet, terlebih jika kamu merupakan tipe orang yang suka menonton. Kamu tidak perlu khawatir, ada 2 cara mudah untuk menghemat kuota internet ketika nonton menggunakan Netflix:

1. Atur Kualitas Video

Kualitas video yang disediakan oleh netflix terdiri dari 4 jenis, yaitu Low, Medium, High, UHD (Ultra High Definition). Dimana masing-masing kualitas membutuhkan jumlah kuota internet yang berbeda-beda.

Semakin tinggi kualitas video yang kamu pilih, maka semakin banyak kuota internet yang kamu butuhkan. Kamu bisa melihat pada tabel berikut ini:

Kualitas Video Pemakaian Kuota Internet
Low 300 MB per jam
Medium 700 MB per jam
High 3 GB per jam
UHD (Ultra HD) 7 GB per jam

Nah, setelah melihat tabel diatas, sebaiknya kamu memilih kualitas video yang low atau medium untuk menghemat kuota internet kamu.

2. Atur Penggunaan Kuota Internet

Langkah kedua yang harus kamu lakukan yaitu mengatur penggunaan kuota internet. Caranya, klik menu More, pilih App Settings, dan klik Cellular Data Usage. Kemudian kamu akan menemukan 4 pilihan pengaturan penggunaan kuota internet.

Kamu bisa lihat pada gambar dibawah:

a. Automatic

Secara otomatis, netflix akan menyesuaikan kualitas video secara random. Biasanya melalui mode ini, kamu bisa menonton 4 video dan menggunakan menghabiskan kuota internet sebanyak 1 GB (tergantung kualitas dan durasi filmnya juga) .

b. Wi-Fi Only

Kamu hanya bisa menonton saat terhubung dengan jaringan wifi, sehingga kuota internet kamu

c. Save Data

Ini adalah mode hemat kuota internet, biasanya kamu bisa menonton 6 video dan hanya menghabiskan kuota internet sebanyak 1 GB (tergantung kualitas dan durasi filmnya juga).

d. Maximum Data

Mode ini merupakan mode yang membuat kuota internet kamu cepat habis. Biasanya untuk menonton 1 video saja, kamu akan menghabiskan kuota internet sebanyak 1 GB.

Berdasarkan penjelasan diatas, alangkah lebih baik jika kamu memilih pengaturan penggunaan kuota internet yang “Save Data” agar kuota internet kamu tidak mudah habis.

3. Lakukan Download

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet untuk menonton film melalui Netflix yaitu mendownload terlebih dahulu film atau series yang akan kamu tonton.

Cara ini dianggap cukup efektif, karena kamu akan menghabiskan kuota internet lebih sedikit dibandingkan ketika menonton secara streaming.

4. Atur Waktu Menonton

Mengatur waktu menonton juga menjadi cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet. Mungkin kamu bisa membuat jadwal menonton yang lebih bijak.

Misalnya menonton hanya dilakukan di waktu libur atau setiap weekend. Bisa juga menonton di saat weekdays tapi tetap ada waktu tertentu, seperti 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Intinya kamu harus mengatur jadwal menonton kamu sebaik mungkin agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

Nah itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet ketika menonton film kesayangan kamu menggunakan Netflix.

Semoga bermanfaat.

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu