Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Mengenal Istilah Merchandise

Seringkah kamu mendengar kata merchandise entah karena mengikuti undian, quiz, perlombaan. Atau mungkin selama ini kamu adalah orang yang berkecimpung dalam produksi merchandise. Padanan kata merchandise dalam bahasa Indonesia adalah barang dagangan. Namun, ternyata kata ini memiliki makna lebih luas.

Secara sederhana merchandise adalah suatu benda fisik dan umumnya benda ini akan dijual kembali. Wujud merchandise ini bermacam-macam yaitu tshirt/kaos, hijab/scarf, notes, kalender, bantal, jaket, topi, goodiebag, totebag, tumbler, casing handphone, emoney dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang punya rencana ingin memproduksi merchandise maka ada pertanyaan yang perlu dijawab yaitu apakah bahan desain grafisnya menggunakan template siap pakai atau merancang dari nol. Bagi kamu yang akan menggunakan template maka perlu memperhatikan terkait aturan penggunaan alias lisensi. Lisensi yang umum dikenal dan dipakai adalah royalty-free (RF). Apakah dengan memiliki gambar/template dengan lisensi Royalty-free otomatis mengijinkan untuk digunakan ke dalam merchandise ? Jawabannya adalah tidak.

Skip to toolbar

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu