Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

7 Pilihan Program Afiliasi Terbaik

Bagi kamu seorang digital marketer, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah “Affiliate Marketing” atau “Program Afiliasi”. Ada beberapa perusahaan atau startup terkenal yang menyediakan program ini.

Apa itu Program Afiliasi?

Program Afiliasi adalah model bisnis untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Jadi, ada dua pihak yang terlibat dalam program afiliasi. Ada “affiliate merchant”, yaitu sebagai pemilik produk (bisnis). Dan “affiliate marketer”, yaitu sebagai pemilik website, blog, atau media sosial yang bertugas mempromosikan bisnis affiliate merchant.

Dengan adanya program ini, tentu akan membantu pemilik bisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan. Dan kamu sebagai affiliate marketer juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan produk tersebut.

Affiliate marketer akan mendapatkan keuntungan (komisi) dari penjualan produk melalui link (kode referral) kepada konsumen.

7 Pilihan Program Afiliasi Terbaik

Ada 7 situs (perusahaan) yang menyediakan program afiliasi untuk bisa kamu gunakan:

1. Shopify Affiliate

Shopify adalah platform e-commerce yang menyediakan jasa pembuatan toko online, manajemen produk, inventaris harga, pembayaran, hingga shipping. Platform pembuatan toko online ini cocok bagi kamu para pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri, tapi tidak punya pengalaman coding sama sekali.

Untuk program afiliasi, shopify menawarkan dua jenis paket yang bisa digunakan:

A. Paket Standard, affiliate marketer akan mendapatkan keuntungan $58 (Rp855.065) untuk setiap penjualan.
B. Paket Shopy Plus, affiliate marketer akan mendapatkan keuntungan $2.000 (Rp2.9485.000) untuk setiap penjualan.

Bagaimana cara bergabung dengan program afiliasi shopify?

1. Buat akun Shopify Partner dengan memasukkan informasi tentang situs website kamu.
2. Menjawab bagaimana kamu akan mempromosikan Shopify dan apakah kamu memiliki pengalaman dalam digital marketing?
3. Tunggu dua hari kerja untuk verifikasi akun dan tinggal login ke shopify affiliate.
4. Buat promosi produk yang menarik.

2. Amazon Associates

Amazon adalah marketplace yang menyediakan berbagai macam koleksi produk, mulai dari lifestyle, teknologi, fashion, hingga makanan.

Setiap kategori produk memiliki harga dan keuntungan program afiliasi yang berbeda-beda, bayaran tertinggi dapat mencapai $10 (Rp147.425). Jika kamu ingin memaksimalkan penghasilan kamu, pilih kategori produk dengan bayaran tertinggi.

Untuk mendaftar program afiliasi juga tidak sulit, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Amazon Associates.
2. Klik “Join Now for Free”.
3. Isi informasi tentang situs, blog, atau media sosial yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk.
4. Jawab beberapa pertanyaan yang diberikan, seperti produk apa yang akan kamu promosikan, dari mana kamu mendapatkan traffic, dan beberapa pertanyaan lainnya.
5. Setelah mengatur profil kamu, silahkan tunggu hingga 24 jam untuk status verifikasi sebelum memulai bisnis kamu.

3. ThirstyAffiliate

Thistry adalah plugin wordpress yang membantu blogger untuk mengelola link afiliasi mereka secara gratis. Dengan menggunakan plugin ini, kamu dapat menyembunyikan link afiliasi, melindunginya dari pencurian, dan menambahkan link tersebut ke dalam artikel kamu.

Kamu bisa mendapatkan komisi 30% untuk setiap penjualan. Dan produk ThirstyAffiliates yang paling terjangkau adalah one-site licence ($49 / Rp722.382) yang memberi kamu komisi sebesar $14,9 (Rp219.663) untuk setiap penjualan.

Untuk mengikuti program ThirstyAffiliates, ikuti langkah berikut:

1. Daftar di ThirstyAffiliates dengan memasukkan beberapa informasi pribadi kamu.
2. Cek email kamu untuk mendapatkan username dan password.
3. Login untuk mengakses dashboard afiliasi.
4. Di “Link & Images”, kamu bisa mendapatkan link dan banner afiliasi kamu.
5. Tinggal buat promosi produk semenarik mungkin.

4. eBay Partner Network

eBay adalah marketplace yang menjual berbagai macam produk, mulai dari fashion, electronic, hingga music. eBay juga menjadi salah satu situs yang menyediakan program afiliasi yang disebut dengan eBay partner network.

eBay partner network memberikan kamu antara 50% dan 70% dari pendapatannya, tergantung pada kategori produk yang dipromosikan.

Sebelum mengikuti program afiliasi eBay, kamu dapat mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook untuk mempercepat proses pendaftaran.

5. Zalora Afiliasi Program

Zalora adalah online fashion terbesar di Asia Tenggara, didirikan pada awal tahun 2012. Kami berada di Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong dan akan memperluas hingga ke Taiwan.

Sebagai marketplace fashion yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak orang. Zalora juga menyediakan program afiliasi. Zalora memberikan komisi sebesar 6% setiap transaksi untuk pelanggan baru dan 4%untuk pelanggan lama.

Untuk mengikuti program afiliasi Zalora, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka Zalora Affiliate Program.
2. Klik tombol “Daftar Sekarang”.
3. Kemudian akan muncul pop up jaringan afiliasi yang akan digunakan. Disini kami merekomendasikan memilih Involve Asia atau Accesstrade untuk penjualan di Indonesia.
4. Isi beberapa informasi diri yang dibutuhkan.
5. Jika sudah, Zalora akan mengirim email konfirmasi ke email kamu untuk memulai program afiliasi.

6. Lazada

Saat ini, siapa yang tidak mengenal Lazada. Sebagai salah satu marketplace (pusat pembelanjaan online) terbesar di Asia, lazada juga menyediakan program afiliasi yang memberikan komisi hingga 10% kepada affiliate marketer, tergantung kategori produk yang dijual.

Cara mengikuti program afiliasi Lazada:

1. Buka Lazada Affiliate Program.
2. Klik tombol “Daftar”.
3. Isi formulir (form) data diri dengan lengkap.
4. Tunggu pengajuan afiliasi kamu akan di review oleh pihak Lazada. Jika pengajuan kamu diterima, maka kamu akan diberikan link/URL menuju dashboard afiliasi Lazada.

7. Matahari Mall

Matahari mall adalah situs perdagangan online yang berasal dari Indonesia dan menyediakan lebih dari ratusan ribu pilihan produk dari segala kebutuhan mulai dari fashion wanita, fashion pria, kesehatan, kecantikan, handphone, tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga.

Bergabung dengan program afiliasi Matahari Mall, kamu akan mendapatkan komisi hingga 10%. Sama dengan program afiliasi lazada, komisi yang diberikan tergantung kategori produk yang kamu jual.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk bergabung menjadi program afiliasi matahari mall:

1. Buka Affiliate Matahari Mall.
2. Isi formulir data identitas diri kamu.
3. Pastikan pengisian data tidak ada yang terlewatkan, dan sebelum menekan tombol “Sign Up”, kamu telah mencentang syarat dan ketentuan yang diajukan oleh pihak Matahari Mall.
4. Jika sudah selesai, cek email kamu untuk mengkonfirmasi pendaftaran. Kamu akan diarahkan ke dashboard afiliasi.

Nah itulah 7 program afiliasi yang bisa kamu ikuti, pilihlah salah satu program afiliasi (kategori) afiliasi yang sesuai dengan minat (hobi) kamu. Misalnya kamu berminat di bidang fashion, maka program afiliasi Zalora mungkin menjadi pilihan terbaik kamu.

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu