Filmora : Pengertian, Fitur, Dan Kelebihan

Bagi kamu seorang video editor, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tools yang cukup populer yaitu Filmora, tools ini memungkinkan kamu untuk mengedit video dan audio. Filmora juga menawarkan dukungan pengeditan untuk video 4K.

Menurut Compare Camp, salah satu alasan yang membuat tools yang satu ini sangat populer tentunya karena beragam fitur canggihnya untuk mengedit video dan audio.

tentang filmora

Ingin tahu lebih banyak tentang tools ini? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Filmora?

Filmora adalah alat pengeditan video populer yang ditujukan bagi pengguna yang ingin mengedit dan membuat video berkualitas tinggi.

Belakangan ini, Filmora semakin populer dan menjadi salah satu tools yang disukai oleh para video editor, terutama bagi mereka yang masih pemula. Karena tools ini cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula dan memiliki berbagai fitur menarik.

Filmora tersedia untuk pengguna Windows dan Mac.

Spesifikasi Filmora

Diketahui dari Wondershare Filmora, tools ini sudah digunakan hingga 77 juta pengguna di seluruh dunia.

Filmora juga memiliki dua versi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengguna, yaitu Filmora X (versi biasa) dan Filmora Pro yang merupakan versi yang lebih profesional.

Kamu bisa menggunakan berbagai fitur ketika mengedit video, mulai dari menata gaya, menambahkan efek, dan menyesuaikan video. Serta memasukkan overlay, membuat animasi dan elemen, menambahkan audio, menyisipkan teks, dan masih banyak yang lain.

Harga Filmora

Meskipun tools ini bisa digunakan pada perangkat Windows dan Mac, tetapi harga yang ditawarkan cukup berbeda.

Kamu bisa melihat pada tabel berikut.

Windows Mac
Quarterly Plan $15,99 (Rp227.543)
Annual Plan $39,99 (Rp567.790)
Subscription Plan $44,99 (Rp640.223)
Perpetual Plan $69,99 (Rp994.701)

Tinggal pilih salah satu paket harga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Fitur Menarik Yang Dimiliki Filmora

Menurut Twitgoo, Filmora menyediakan fitur-fitur menarik dan penting yang selalu dibutuhkan oleh para video editor.

Berikut ini beberapa fitur menarik yang dimilikinya:

A. Motion Tracking

Fitur ini memungkinkan penggunanya dalam menambahkan elemen ke objek bergerak dengan mudah.

B. Zooming and Panning

Pengguna bisa membuat tampilan zoom dan panning dengan lebih mulus.

C. Color Matching

Fitur ini dikembangkan untuk mencocokkan warna klip yang dipilih dengan frame dari klip lainnya.

D. Keyframing

Melalui fitur ini, pengguna akan lebih mudah menyesuaikan animasi apapun dengan menggabungkan keyframe untuk mengubah posisi, skala, opasitas, hingga rotasi klip.

E. Stabilization

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengedit video dengan hasil yang lebih halus dan stabil.

F. Audio Ducking

Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa menghilangkan background music untuk memastikan kejernihan suara dialog.

G. Color Grading

Jika video yang kamu rekam hasilnya tidak terlalu memuaskan, maka dengan fitur ini kamu bisa memperbaikinya dengan memberikan warna yang lebih baik.

H. Picture in Picture

Dan jika kamu ingin memberikan kesan futuristik pada proyek yang dikerjakan, maka bisa menggunakan fitur yang satu ini.

I. Basic Feature

Fitur yang satu ini tentunya juga memiliki beberapa fungsi dasar untuk proses edit video misalnya splitting, cropping, brightness control, rotating, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Filmora

Kelebihan Filmora

1. Ringan Dan Tidak Mudah Crash

Filmora dapat dijalankan pada perangkat yang memiliki spesifikasi rendah, misalnya pada laptop dengan prosesor Intel Celeron dengan RAM 2GB.

Dan kebanyakan aplikasi biasanya akan mengalami crash, namun crash yang terjadi pada tools ini masih bisa ditoleransi karena tidak begitu parah dan dan tidak sampai membuat tools ini keluar sendiri atau force close.

2. Tampilan Dan Fitur Sesuai Kebutuhanmu

Ketika membuka Filmora versi 8, kamu akan menemukan 4 pilihan mode dan ukuran rasio video sesuai dengan kebutuhanmu. Ada Full Feature Mode, Easy Mode, Instant Cutter Mode dan Action Cam Tool. Tentunya, keempat mode tersebut masing-masing memiliki tampilan dan fitur yang berbeda sesuai dengan namanya.

Sementara itu, untuk versi 9, kamu akan menemukan 5 pilihan rasio video yang akan kamu gunakan, pilihan project baru atau yang sudah kamu selesaikan sebelumnya dan yang baru saja kamu kerjakan.

3. Tampilan Sederhana Dan Berbagai Tool Mudah Dikenali

Filmora memiliki tampilan yang sederhana dan berbagai tools mudah dikenali sehingga pengguna lebih leluasa dan mudah dalam mengedit video.

Kamu bisa melakukan kustomisasi layar preview maupun timeline sesuai dengan keinginanmu.

4. Hasil Kualitas Video

Setelah selesai mengedit video, kamu bisa melakukan export edit video pada berbagai opsi yang tersedia, seperti format file, resolusi video, frame rate hingga bit rate.

Kamu juga bisa secara instan memilih kualitas video sesuai dengan perangkat atau media sosial yang kamu inginkan. Misalnya untuk smartphone, konsol game, TV, Youtube, Vimeo, ipod maupun smart TV.

5. Semua Fitur Dan Plugin Gratis

kamu bisa menggunakan semua fitur yang disediakan tanpa harus mengeluarkan biaya. Hanya saja, terdapat watermark yang cukup kelihatan dan di akhir video. Jika kamu ingin menghapus tanda tersebut, kamu harus beralih pada pengguna versi berbayar.

Versi berbayar memungkinkan kamu untuk menghilangkan watermark, kamu juga bisa mendapatkan gratis update, dukungan dari developer jika ada masalah, akses download Standard Library secara unlimited di situs Film Stocks.

Selain fitur, Filmora juga menyediakan berbagai plugin bawaan, tetapi beberapa plugin harus kamu download terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

6. Tersedia Paket Plugin Berbayar Dengan Harga Terjangkau

Jika kamu menginginkan koleksi plugin lebih banyak dengan kualitas yang lebih keren lagi, kamu bisa membeli di situs Film Stock dengan harga relatif cukup terjangkau. Mulai dari harga $9.99 (Rp142.161) hingga $49.99 (Rp711.375)

7. Tersedia Berbagai Tutorial Resmi Di Filmora

Untuk mendapatkan informasi terbaru maupun berbagai tutorial dalam mengedit video, kamu bisa subscribe channel Youtube Filmora. Misalnya cara menggunakan efek tertentu, menambahkan transisi atau elemen hingga ke tingkat yang lebih lanjut seperti colour grading dan green screen.

Selain dari channel Youtube Filmora, kamu juga bisa belajar tutorial dari berbagai postingan di internet maupun dari channel Youtube lain yang membahas hal serupa, karena banyaknya yang sudah menggunakan tools ini.

Kekurangan Filmora

1. Efek Baru Hanya Bisa Diakses Pada Paket Yang Berbayar

Untuk beberapa efek baru yang dikeluarkan oleh Filmora, mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya agar bisa digunakan.

2. Jika Ingin Membuka Semua Fitur Diperlukan Biaya Tambahan

Bukan hanya Filmora, beberapa aplikasi lainnya juga membutuhkan biaya tambahan untuk bisa menggunakan fitur yang lebih lengkap (membuka semua fitur yang dibutuhkan untuk kebutuhan video kamu.

3. Dikarenakan Ukuran Kecil, Diperlukannya Mengunduh Fitur Terlebih Dahulu

Salah satu yang harus diketahui, Filmora akan memiliki proses export video yang cukup lama. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang cukup rendah. Oleh karena intu, diperlukan mengunduh fitur yang akan kamu gunakan terlebih dahulu. Proses export video juga akan lebih cepat.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Filmora, bagaimana menurut kamu ? apakah kamu tertarik menggunakan tools editor video ini? Cobain aja yuk!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Semua

Premium