Lightroom : Sejarah, Pengertian , Kegunaan, Kelebihan, Dan Fitur Terbaru

Bagi kalian yang suka mengedit foto, ada beberapa aplikasi (tools) yang biasanya kalian gunakan, seperti VSCO, PicsArt, Snapseed, Pixlr sampe Adobe Photoshop. Tetapi ada aplikasi edit foto yang sekarang ini favorit serta aplikasi edit foto kekinian, yaitu Adobe Lightroom.

Selain karena fiturnya yang lengkap, mudah digunakan, dan banyak digunakan oleh kalangan muda saat ini. Bagi seorang fotografer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, tetapi bagaimana dengan kamu yang baru mengenal dunia multimedia?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas apa itu Adobe Lightroom, dari pengertian Adobe Lightroom, sejarah, kegunaan, kelebihan, dan beberapa hal lain tentang Adobe Lightroom.

Sejarah Adobe Lightroom

Adobe Lightroom dikembangkan pada tahun 1999, oleh Mark Hamburg yang merupakan pengembang Adobe Photoshop. Seorang mantan desainer Adobe Creative Suite, Andrei Herasimchuk menghubungi Hamburg untuk mendapatkan dan bergabung dengan sebuah proyek baru, dimana proyek tersebut bernama “Shadowland”.

Kemudian mantan designer Adobe Photoshop Herasimchuk, Sandy Alves dan Grace Kim melakukan penelitian produk Adobe hingga Shadowland mendapatkan momentum sekitar tahun 2004.

Saat itu, Herasimchuk memilih meninggalkan Adobe System dan memulai perusahaan baru di Silicon Valley. Hamburg memulai pengembangan proyek Lightroom dan memilih Phil Clevenger, seorang mantan Kai Krause untuk menciptakan interface baru pada aplikasi ini.

Pengembang Photoshop Lightroom di antaranya sebagian dari pekerja di Minnesota yang telah membuat program Adobe Image Ready. Mereka adalah Troy Gaul, Melissa Gaul, dan beberapa krunya (Minnesota Phats), dan Hamburg sebagai pengembang arsitektur. Dan juga seorang fotografer terampil bernama George Jardine sebagai manajer produk.

Diketahui dari salah satu blog Dianisa yang mengatakan, pengembangan awal (versi beta) dimulai pada 9 Januari 2006, dikenal sebagai Photoshop Lightroom dirilis ke publik sebagai Macintosh pada situs Adobe Labs.

Dengan pengembangan ini Adobe menggunakan metode dalam mengembangkan Adobe Photoshop CS3. Dan pada tanggal 9 Januari 2006, Adobe mengumumkan akuisisinya terhadap aset teknologi dari Pixmantec, pengembang RawShooter (perangkat lunak pengolah gambar). Pada tanggal 18 Juli 2006 rilis Beta 3, dengan tambahan dukungan untuk sistem Microsoft Windows.

Kemudian pada 25 September 2006, dirilis Beta 4 dengan bergabung ke dalam berbagai produk Photoshop, hingga diikuti minor update pada 19 Oktober sebagai Beta 4.1.

Pengertian Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Adobe yang digunakan untuk image organizer, dimana aplikasi ini dapat melakukan import export, menyimpan, melihat, mengatur, menandai, mengedit, dan fungsi lainnya.

Adobe Lightroom mempunyai berbagai fitur edit foto yang mudah digunakan seperti sliders maupun filters untuk gambar. Proses mengedit foto juga dibuat mudah & simpel.

Selain itu, jika kamu ingin memperbaiki foto resolusi penuh, menerapkan filter foto, ataupun mengedit foto di mana pun kamu berada. Dan banyak juga yang mengatakan Adobe Lightroom identik dengan teknik editing warna dan pencahayaan.

Sistem Operasi Adobe Lightroom

Untuk menggunakan Adobe lightroom, dapat diakses melalui PC (Windows, Mac) maupun di perangkat mobile (Android, IOS), dan tvOS.

Versi Adobe Lightroom

Berikut daftar versi Adobe Lightroom dari tahun 2006, hingga 2021.

Tipe Tanggal
Photoshop Lightroom (Beta) 9 Januari 2006
Photoshop Lightroom (Beta v3) 18 Juli 2006
Photoshop Lightroom (Beta v4) 25 September 2006
Photoshop Lightroom (Beta v4.1) 19 Oktober 2006
Adobe Lightroom v1.0 19 Februari 2007
Adobe Photoshop Lightroom v2.0 29 Juli 2008
Adobe Photoshop Lightroom v3.0 8 Juni 2009
Adobe Photoshop Lightroom v4.0 5 Maret 2012
Adobe Photoshop Lightroom v5.0 9 Juni 2013
Adobe Photoshop Lightroom CC 2015 (v6.0) 21 April 2015
Adobe Photoshop Lightroom Classic CC (v7.0) 18 Oktober 2017
Adobe Lightroom Classic CC (v8.0) 15 Oktober 2018
Adobe Lightroom Classic CC (v8.1) 11 Desember 2018
Adobe Lightroom Classic CC (v8.2) 12 Februari 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v8.2.1) 2 April 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v8.3) 14 Mei 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v8.3.1) 29 Mei 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v8.4) 13 Agustus 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v8.4.1) 20 September 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v9.0) 4 November 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v9.1) 10 Desember 2019
Adobe Lightroom Classic CC (v9.2) 11 Februari 2020
Adobe Lightroom Classic CC (v9.2.1) 14 April 2020
Adobe Lightroom Classic CC (v9.3) 16 Juni 2020
Adobe Lightroom Classic CC (v9.4) 18 Agustus 2020
Adobe Lightroom Classic CC (v10.0) 19 Oktober 2020
Adobe Lightroom Classic CC (v10.1) 8 Desember 2020
Adobe Lightroom CC (v3.0) 4 November 2019
Adobe Lightroom CC (v3.1) 10 Desember 2019
Adobe Lightroom CC (v3.2) 11 Februari 2020
Adobe Lightroom CC (v3.2.1) 14 April 2020
Adobe Lightroom CC (v3.3) 16 Juni 2020
Adobe Lightroom CC (v3.4) 18 Agustus 2020
Adobe Lightroom CC (v4.0) 19 Oktober 2020
Adobe Lightroom CC (v4.1) 7 Desember 2020
Adobe Lightroom CC (v4.1.1) 15 Desember 2020
Adobe Lightroom (6.4.1) Oktober 2021

Kegunaan Adobe Photoshop Lightroom

A. Manajemen Foto

Adobe Lightroom memiliki fungsi seperti aplikasi file manager di sistem operasi windows atau perangkat mobile, yaitu mengedit foto, memindahkan, copy paste, menghapus, indexing, tagging, serta mengorganisir semua foto yang kamu miliki dan ingin di edit.

B. Membuat Galeri Foto

Slemain manajemen foto, Adobe Lightroom juga memiliki fitur membuat galeri photo secara online. Cukup memilih beberapa foto yang akan dijadikan atau dimasukkan ke album foto pada Aplikasi Lightroom.

C. Mengedit Foto Beresolusi Tinggi

Adobe Lightroom juga memungkinkan kamu membuka dan mengedit sebuah file WAW yang berukuran besar dan memiliki resolusi yang tinggi.

D. Membersihkan Objek Foto

Jika foto di Handphone kamu memenuhi storage (memori), kamu bisa gunakan Adobe Lightroom untuk membersihkan foto kamera dengan memakai fitur spot removal dan adjustment brush. Kedua fitur ini mampu digunakan untuk mengoptimalkan foto yang kamu punya sehingga tidak membutuhkan storage space yang besar.

E. Mengambil Gambar Live

Adobe Lightroom juga memungkinkan kamu untuk mengambil foto secara langsung, kemudian menyimpan hasilnya ke handphone atau komputer tempat kamu melakukan editing foto. Cukup mengkoneksikannya cukup menggunakan kabel USB.

F. Melakukan Batch Editing

Batch Editing adalah teknik mengedit foto secara massal menggunakan fitur yang ada di Adobe Lightroom. Cukup dengan sekali klik saja, kamu bisa mengedit banyak foto sekaligus, sehingga tidak perlu manual satu persatu.

Kelebihan Adobe Lightroom

Berikut 7 kelebihan Adobe Lightroom yang juga perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya.

1. Fitur Edit Foto Yang Lengkap

Adobe Lightroom menyediakan fitur edit foto yang lengkap, banyak yang mengatakan aplikasi ini termasuk aplikasi edit foto yang All In One. Kamu bisa melakukan edit foto dengan mengatur pencahayaan, kejernihan, efek kabut, vignette, grain, dan masih banyak yang lain.

2. Punya Interface Yang Mudah Dipahami

Dari segi UI (interface), Adobe Lightroom juga mudah untuk digunakan dan dipahami. Setelah mendownload dan menginstall, kamu akan langsung diarahkan oleh panduan otomatis dari Adobe Lightroom.

Setelah itu tinggal tambahkan (import) foto ke aplikasi, edit foto sesuai keinginan, dan save jika sudah selesai mengedit. Semua proses mudah dipahami, termasuk bagi kamu seorang pemula.

3. Bisa Buat dan Simpan Preset Sendiri

Pengaturan preset yang sudah kita buat saat melakukan edit foto, juga bisa kita simpan di Adobe Lightroom. Sehingga kamu bisa membuat group preset untuk mengelompokkan preset sesuai kategori yang kamu inginkan.

Tentu hal ini mempermudah kamu ketika kembali mengedit, tinggal pilih preset yang kamu inginkan, secara otomatis foto akan di edit sesuai dengan preset yang disimpan.

4. Support Format File Raw

Bagi kamu yang suka mengedit foto dengan format file RAW, Adobe Lightroom mendukung format file RAW untuk bisa diedit pada aplikasi ini.

Kamu bisa langsung mengimport dan mengedit foto dengan format RAW yang ada di smartphone tanpa perlu mengedit di PC terlebih dahulu.

5. Ada Fitur Kamera

Adobe Lightroom juga memiliki aplikasi kamera built-in di dalamnya, Fitur yang terdapat di kamera juga lumayan lengkap, mulai dari pengaturan rasio foto, timer, Grid hingga white balance.

6. Ada Fitur Sinkronisasi Cloud

Fitur sinkronisasi cloud bisa menyimpan foto yang sedang ataupun akan diedit di cloud, sehingga bisa diakses kembali melalui berbagai perangkat (desktop atau mobile).Foto ataupun file yang sedang diedit bisa dicadangkan secara otomatis.

7. Ada Fitur Web Sharing

Kelebihan terakhir dari Adobe Lightroom yaitu terdapat fitur web sharing yang mempermudah kamu untuk berbagai (share) foto dengan orang lain.

Jika kamu sudah membuat album secara online di Lightroom, kamu bisa membagikan dan mengundang orang lain untuk melihat foto-foto di dalam album tersebut.

Fitur Utama Adobe Lightroom

Berikut 3 fitur utama yang dimiliki oleh Adobe Lightroom

A. Photo Editing

Adobe Photoshop Lightroom akan membantu kamu melakukan edit foto di desktop, mobile, maupun online dengan hasil yang sempurna.

Fitur editing foto memberikan kemudahan untuk membuat desain warna foto, mengatur komposisi, membuat ketajaman dan sorotan, noise, kreativitas, dan menambahkan berbagai efek menarik.

B. Photo Storage And Management

Lightroom dapat memberikan penyederhanaan pada penyimpanan foto kamu dengan fitur manajemen foto. Fasilitas penyimpanan foto online juga tersedia untuk mengatasi kehilangan file foto kamu.

Beberapa fungsi yang dapat kamu lakukan di antaranya, menyimpan dan membagikan foto online, menjelajahi gambar, menandai foto atau memberikan label foto seperti watermark, dan melakukan storage foto secara bebas dengan cloud yang tersedia pada aplikasi.

C. Lightroom Presets

Dengan menggunakan fitur Lightroom Presets, kamu akan mendapatkan manfaat filter menarik tanpa batas. Di sana kamu bisa mempelajari dan melakukan penyesuaian pengeditan foto dengan filter preset tersebut dengan menerapkannya.

Jelajahi dan pelajari beragam Lightroom Presets ini, kamu juga bisa membuat preset Lightroom sendiri untuk dibagikan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari dan menambahkan preset terbaru yang lebih menarik.

Semua

Premium