9 Langkah Membuat Absen Siswa Online Menggunakan Zoho Forms

9 Langkah Membuat Absen Siswa Online Menggunakan Zoho Forms

Sekarang ini merupakan masa peralihan dari masa karantina ke new era. Akan tetapi, karena sudah sempat akrab dengan digital, banyak orang yang masih memakai aplikasi online sebagai media untuk aktivitas, terutama bidang pendidikan. Nah, untuk Anda yang ingin membuat absen siswa online, yuk perhatikan langkah-langkah berikut ini!

Apa Itu Zoho Forms?

Zoho Forms adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda download di Play Store ataupun Appstore yang ada pada smartphone Anda. Aplikasi ini berfungsi sebagai form builder (pembuat formulir) secara online yang gratis dan cepat.

Anda dapat membuat formulir secara manual maupun menggunakan template yang ada pada Zoho Forms. Selain membuat formulir secara online, Anda juga dapat melakukan analisis terhadap respon yang didapat ketika Anda sudah membagikan formulir yang sudah dibuat kepada.

Tentunya, dengan cara ini, Anda dapat mengerjakan pekerjaan secara efisien dan sangat membantu untuk Anda yang membutuhkan formulir cepat.

Keunggulan Zoho Forms

Ada beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan jika membuat formulir online melalui Zoho Forms ini, yaitu:

1. Offline Collecting

Terkadang, jika Anda menggunakan aplikasi pembuat formulir lain, data yang masuk ketika seseorang mengisi form hanya dapat terakumulasi jika Anda sedang online atau sedang terhubung ke internet.

Hal ini terkadang kurang efektif untuk para masyarakat yang tidak memiliki koneksi internet stabil. Maka dari itu, jika Anda adalah salah satu masyarakat dengan masalah tersebut, Zoho Forms adalah pilihan yang tepat.

Walaupun perangkat ponsel Anda tidak memiliki internet yang cukup, jika Anda menggunakan Zoho Forms, data isian dari formulir yang Anda buat tetap bisa masuk. Hal ini karena Zoho Forms menggunakan sistem offline collect yang tetap menjaga data aman dan terakumulasi dengan baik.

2. Unggah Gambar Langsung

Pada aplikasi Zoho Forms, Anda juga dapat melaporkan atau mengunggah gambar live atau diambil secara langsung. Mengambil gambar secara langsung tanpa harus membuka galeri tidak hanya sebagai bukti valid suatu dokumen, namun akan menguntungkan untuk orang yang mengisi formulir.

Keuntungannya adalah mereka dapat mengisi formulir dengan cepat dan efektif tanpa perlu mencari gambar pada galeri. Untuk Anda yang ingin membuat absen siswa online, fitur yang satu ini sangat membantu, agar meminimalisir “titip absen”.

3. Dapat Memindai Kode QR

Formulir yang Anda buat pada Zoho Forms juga dilengkapi dengan fitur pemindai yang bisa secara otomatis memindai Kode QR dengan kamera ponsel. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan pada saat input data. Para siswa mu tinggal menscan kode QR yang Anda beri untuk mengisi absen.

4. Fitur Tanda Tangan

Selain dapat terhubung dengan kamera ponsel, Zoho Forms juga memiliki fitur tanda tangan. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang ingin membuat absen siswa online yang juga mencegah tindakan ‘titip absen’.

Para siswa dapat langsung mencoret layarnya untuk mengabsenkan diri dan Anda dapat menerima data absen dengan cepat.

5. Fitur Geolokasi

Zoho Forms juga memiliki fitur geolokasi yang berfungsi untuk mengisi alamat pada formulir yang Anda buat. Dengan cara ini, siswa yang akan mengabsenkan diri tidak perlu terlalu lama berada pada halaman formulir, karena mereka cukup mengetik beberapa kata dan fitur ini akan secara otomatis menyesuaikannya.

6. Mode KIOS

Pada mode ini, Anda dapat menerima feedback dari para siswa tentang absen siswa online yang Anda buat hanya melalui ponsel.

Cara Membuat Absen Siswa Online di Zoho Forms

Setelah mengetahui pengertian dan kelebihan yang Zoho Forms miliki, sekarang waktunya Anda mengetahui bagaimana cara membuat absen siswa online pada Zoho Forms. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Lakukan Registrasi

Sama seperti aplikasi lainnya, Zoho Forms mewajibkan Anda untuk registrasi terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur-fiturnya. Setelah memasukkan data diri dan registrasi, silahkan masuk menggunakan akun Google Anda.

2. Pilih Menu Creator

Setelah masuk, Anda diharuskan memilih satu diantara enam menu yang dapat Anda lakukan pada Zoho Forms. Pilihlah menu creator jika Anda ingin membuat absen siswa online.

3. Ketuk Forms

Selanjutnya, Anda akan melihat banyak fitur yang tersedia pada Zoho. Cari dan pilih menu “Forms”. Untuk memudahkanmu, klik pojok kanan atas pada tombol berbentuk tiga garis dan pilih tombol “Forms” pada bagian Sales & Marketing.

4. Pilih Bentuk Forms

Seperti yang terbilang sebelumnya, pada Zoho Forms Anda dapat membuat formulir online sendiri atau menggunakan template yang sudah tersedia. Silahkan memilih salah satu. Sangat disarankan untuk memilih “Form Templates” agar memudahkanmu membuat formulir yang cepat.

5. Isi dan Edit Form dengan Pertanyaan Sesuai Keinginan Anda

Setelah itu, Anda akan otomatis masuk ke halaman editor, yang mana pada halaman ini Anda dapat mengedit, menambah, atau mengurangi bagan formulir yang Anda inginkan.

Nah, jika Anda ingin membuat form absen siswa online, Anda dapat membuat bagan pertanyaan untuk “Nama Lengkap”, “NIM”, “Kelas”, “Email”, dan Anda bisa menambahkan bagan “Signature”, agar siswa dapat memasukkan tanda tangan mereka.

Cara memasukkan “Signature” adalah dengan memilih menu “Builder dan pilih tombol signature.

6. Set Waktu

Anda juga dapat memasukkan waktu dan deadline waktu yang pas untuk formulir tersebut. Caranya pilih “Setting” pada tab bar, lalu masukkan waktu yang Anda inginkan, lalu klik “Save”.

7. Pilih Themes Jika Anda Ingin

Agar desain absen siswa online milikmu tidak monoton, Anda dapat mengubah tema absen tersebut dengan mengetuk tombol “Themes” pada tab bar. Jika sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan ketuk tombol “Save untuk menyimpan.

8. Share Link

Setelah semua siap Anda edit, Anda dapat share link dengan cara mengetuk tombol “Share” yang ada pada tab bar, lalu pilih “Copy link”. Kirim link tersebut kepada siswa yang bersangkutan.

9. Cek Data Masuk

Jika absensi sudah diisi, maka datanya dapat Anda lihat dari tab “All Entries” yang ada pada profile.

Sudah Mengerti Cara Membuat Absensi dari Zoho Forms?

Itulah beberapa pengertian dan cara membuat absen siswa online dari Zoho Forms. Untuk Anda yang sudah sering menggunakannya dan ingin meng-upgrade akun ke premium, silahkan mengunjungi website jual akun premium Zoho Forms yang terpercaya, seperti Id Copy. Selamat Mencoba!

Semua

Premium

x