Course Hero Melakukan Akuisisi Pada LitCharts, Bagaimana Jadinya?

Menarik untuk menyaksikan apa yang akan terjadi setelah Course Hero melakukan akuisisi pada LitCharts.

Sebagai media pembelajaran yang berhasil mengumpulkan 24 juta pendidik dan peserta didik dalam satu platform, ada banyak harapan bahwa akuisisi terhadap LitCharts memberi efek yang baik.

Sebagaimana dilansir Techcrunch pada 11 Juni 2021, nilai akuisisi yang dikeluarkan Course Hero masih rahasia. Namun, jika mengacu pendapatan Course Hero pada tahun 2020, tampaknya tak sulit bagi mereka menggelontorkan dana.

Sebagaimana diketahui, sepanjang 2020 mereka berhasil meraih pendapatan tahunan hingga 100 juta dollar.

Apa yang akan Litcharts Berikan?

Litcharts sudah memiliki reputasi sebagai platform yang berguna bagi pembelajar literatur sastra.
Pendirinya adalah Ben Florman dan Justin Kestler yang juga menjadi editor untuk Sparknotes. Mereka merintis Litcharts sejak tahun 2008. Artinya, platform ini sudah memiliki pengalaman lebih dari satu dekade.

Litcharts memiliki semangat yang visioner. Mereka berambisi menjadi panduan literatur sastra paling hebat sedunia. Jadi, lini yang mereka ambil adalah sastra.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya mendukung kamu yang senang mendalami sastra untuk lebih mahir.
Mengacu pada situs resminya, ada beberapa fitur unggulan dari Litcharts yang mungkin nanti akan terintegrasi dengan Course Hero. Antara lain:

  • Sebanyak 1467 panduan literatur seputar sastra dan terus bertambah setiap waktu. Semua panduan ini dapat penggunanya download dalam format PDF.
  • Berbagai penjelasan tentang kutipan-kutipan yang ada dalam berbagai teks sastra dengan penomoran halaman yang memudahkan pengguna.
  • Terdapat edisi guru untuk 1467 panduan literatur sastra dengan format yang memudahkan guru dalam mengajar di kelas.
  • Penerjemahan modern baris demi baris dari setiap puisi dan drama karya Shakespeare.
  • Ratusan definisi dan istilah sastra yang disertai contohnya.

Dengan semua fitur yang ada di dalamnya, Litcharts adalah paket lengkap bagi siapa saja yang tertarik mendalami sastra.

CEO Course Hero, Andrew Grauer, memperkirakan 30% pengguna Litcharts berasal dari kalangan pendidik dan pelajar. Jadi, tak jauh berbeda dengan segmen pengguna Course Hero yang secara terang-terangan ingin memudahkan urusan pelajar di seluruh dunia.

“Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki solusi terbaik untuk area tertentu dan kemudian pada saat yang tepat dapat membuat rekomendasi yang benar-benar otentik dari alat lain atau penawaran lain yang dapat membantu kamu (sebagai siswa),” kata Grauer sebagaimana dikutip dari Techcrunch.

Dengan Litcharts, Course Hero mungkin akan membuat para pelajar lebih mudah terhubung dengan sumber-sumber belajar sastra yang lebih sederhana.

Penasaran ya apa yang akan terjadi dengan Course Hero?

Akuisisi Besar Kedua Course Hero dalam 1 Tahun

Langkah akuisisi terhadap Litcharts merupakan keputusan besar kedua yang Course Hero ambil dalam satu tahun ke belakang.

Belum lama ini, pada Oktober 2020, Course Hero baru mengakuisisi platform Symbolab. Sama seperti Litcharts, Symbolab juga merupakan platform Edtech yang serius memberikan kemudahan belajar bagi pelajar di seluruh dunia.

Berdiri sejak 2011, Symbolab menjadi kalkulator canggih dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang mampu dengan mudah memecahkan berbagai problem matematika rumit. Misalnya calculus, algebra, geometry, trigonometry, dan banyak lagi.

Pasca mengakuisisi Symbolab, Course Hero mampu meningkatkan kualitas penawaran dalam bidang matematika di platform-nya. Sumber literatur Course Hero tentang matematika jadi lebih mendalam dan bernilai bagi penggunanya.

Sebagaimana kamu tahu, Matematika merupakan salah satu pelajaran paling populer di dunia.
Setelah meningkatkan sumber literatur Matematika dan kini bersiap untuk pendalaman sastra, Course Hero tampaknya semakin siap menjadi leader dalam persaingan Edtech dalam skala global.

Kemungkinan Melakukan Akuisisi Baru

Jika mencermati visi dari CEO Course Hero saat ini, bukan tak mungkin dalam waktu mendatang Course Hero melakukan akuisisi-akuisisi baru.

Pasalnya, dalam pernyataannya, Andrew Grauer berusaha membangun strategi pemberdayaan pengusaha yang bersifat terdesentralisasi.

Alih-alih memusatkan semua tanggung jawab sendiri, Course Hero mendorong perusahaan-perusahaan kecil untuk bertahan dengan mereknya agar lebih berdaya di bawah pengelolaan Course Hero.

Jadi, sebagaimana kasus Symbolab, Course Hero sama sekali tidak mengubah merek platform tersebut.

Meski mengambilnya sebagai sumber, tapi Course Hero tidak memaksakan Symbolab berganti nama.

Course Hero sangat optimis dengan kesuksesan berbagai platform yang sudah mereka akuisisi sebelumnya dengan pola seperti ini.

Mereka memperkirakan, 2 – 3 juta pelanggan berbayar akan mereka dapatkan sepanjang tahun 2021.

Baik dari pelanggan langsung Course Hero maupun platform lain yang ada di bawah kendalinya.

Dengan kata lain, ada prediksi peningkatan 1 juta pelanggan dari grafik tahun sebelumnya.

Keunggulan Course Hero Saat Ini

Sebagai platform Edtech global, Course Hero saat ini sebenarnya sudah mapan. Akuisisi yang mereka lakukan pada Litcharts, hanya menambah kualitas layanan untuk kualitas yang sebenarnya sudah tinggi.

Ada banyak layanan yang mereka tawarkan untuk kemudahan pendidik dan pelajar. Sejak berdiri pada tahun 2006, perusahaan ini terus memperbarui layanannya untuk mencapai kesempurnaan.

Beberapa layanan utamanya antara lain:

  • Sumber Belajar yang Kaya

    Kamu bisa menemukan sumber belajar dari referensi beragam. Mulai dari buku pelajaran sekolah, textbook kuliah, dan berbagai literatur bermanfaat lainnya. Semuanya bisa kamu cari dalam beberapa ketukan.Langkah-langkah akuisisi yang mereka lakukan, secara berkala akan memperkuat seluruh layanan yang mereka berikan.

  • Layanan Bantuan PR 24 Jam

    Course Hero mampu menjawab PR untuk 140 mata pelajaran dengan bantuan tutor yang sudah ahli dan terverifikasi. Bahkan, jawabannya bisa kamu dapat dalam waktu singkat, hanya 15 – 30 menit saja.

  • Pertukaran Pendidik

    Ada lebih dari 60.000 pendidik terverifikasi yang sudah bergabung dalam Course Hero. Mereka sudah bertukar lebih dari 40 juta sumber pengajaran. Kamu yang menjadi guru atau dosen, akan mendapatkan banyak inspirasi di Course Hero.

Berkontribusi untuk Kerja-Kerja Sosial

Sebagai platform pendidikan, Course Hero memberikan contoh pengajaran moral untuk publik melalui berbagai pekerjaan sosial.

Misalnya, Course Hero menyisihkan sebagian anggaran perusahaannya untuk membantu mahasiswa yang kesulitan dana dalam proses menuntaskan kuliah. Bagi orang-orang terpilih, Course Hero memberi bantuan hingga 5.000 dolar AS per tahun.

Terdapat pula pertolongan darurat yang siap Course Hero berikan untuk mahasiswa yang mendapati masalah dadakan yang mengganggu proses belajarnya selama pandemi Covid-19. Tak tanggung, 500.000 dolar AS per tahun mereka anggarkan untuk ini.

Yakin Mau Melewatkan Layanan Luar Biasa Course Hero?

Dengan segala layanan yang Course Hero berikan, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, agaknya sayang sekali untuk kamu lewatkan.

Course Hero membuka layanan gratis untuk kamu yang masih mempertimbangkan berbagai manfaat fiturnya. Layanan sumber belajar dan bantuan PR 24 jam, bisa kamu akses tanpa biaya.

Baca juga: Cara Mudah Beli Foto di Shutterstock

Sayangnya, ada banyak sumber belajar yang akan terkunci di fitur gratis. Kamu tak bisa menikmati layanan secara total. Padahal, biaya langganan premiumnya relatif terjangkau untuk ukuran siswa atau mahasiswa.

Bagi kamu yang berasal dari Indonesia, kami sarankan membelinya melalui jasa pembayaran akun premium lokal. Ini akan memudahkan kamu dalam proses pembayarannya. Apalagi, harganya tak jauh berbeda.

Kamu bisa gunakan jasa dari ID Copy untuk membuktikannya. Setelah Course Hero melakukan akuisisi pada Litcharts, kamu sebaiknya segera berlangganan sekarang. Siapa tau, tak lama lagi harganya jadi naik!