AnyDesk vs TeamViewer: Mana Remote Desktop yang Terbaik

AnyDesk vs TeamViewer

AnyDesk vs TeamViewer adalah perbandingan dua aplikasi remote desktop terbaik di dunia yang menarik untuk kita bahas. Meskipun menawarkan fungsi dan fitur yang hampir serupa, namun terdapat beberapa perbedaan yang akan mempengaruhi kinerja kamu ketika menggunakannya.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi aplikasi remote desktop, maka kamu perlu membaca komparasi AnyDesk vs TeamViewer dahulu. Baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, memiliki aplikasi remote desktop yang tepat akan membantu kamu. 

Apa Itu AnyDesk?

AnyDesk adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengontrol dan mengakses perangkat dari jarak jauh melalui internet. Aplikasi ini merupakan solusi terbaik untuk akses cepat dan aman ke perangkat tertentu dari lokasi yang berbeda.

AnyDesk menyediakan berbagai fitur hebat, termasuk transfer file cepat, kemampuan perekaman sesi, serta dukungan untuk berbagai sistem operasi. Dengan AnyDesk, kamu dapat mengakses perangkat kamu dari mana pun kamu berada dengan mudah.

Apa Itu TeamViewer?

TeamViewer adalah platform akses komputer jarak jauh yang cukup populer di pasaran. Kamu juga bisa akses perangkat dari jarak jauh melalui internet. Aplikasi ini mendukung untuk kerjasama tim, bantuan teknis, atau akses pribadi.

TeamViewer menawarkan berbagai fitur, termasuk transfer file, konferensi video, dan kontrol jarak jauh yang lengkap. Aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. Sehingga secara umum, fungsi utama TeamViewer sama dengan AnyDesk.

Perbandingan AnyDesk vs TeamViewer

Setelah mengetahui apa itu AnyDesk dan TeamViewer, sekarang kita akan melihat perbandingan di antara AnyDesk vs TeamViewer. Jika menganalisis secara spesifik, maka kamu akan melihat berbagai perbedaan, baik dari segi tampilan maupun fungsi dan fiturnya. Berikut beberapa perbedaan yang mendasar antara dua aplikasi ini!

1. Multiple Monitor

Perbandingan yang pertama adalah fitur multiple monitor. AnyDesk memungkinkan kamu untuk menampilkan lebih dari satu monitor remote secara bersamaan. Sementara TeamViewer belum bisa menghadirkan fitur tersebut.

Untuk setiap koneksi remote AnyDesk vs TeamViewer yang kamu buat, kamu akan melihat simbol persegi di bagian toolbar dengan penomoran yang berurutan. Misalnya, koneksi kamu ke perangkat pertama akan mendapatkan nomor 1, koneksi kedua dengan nomor 2, dan seterusnya.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan remote desktop ke lebih dari satu perangkat sekaligus. Kamu tidak harus memutus koneksi dari satu perangkat untuk dapat terhubung ke perangkat lainnya. Jika kamu membutuhkan aplikasi remote desktop untuk terhubung ke banyak perangkat, maka kamu perlu memilih AnyDesk.

Tetapi, AnyDesk belum mendukung tampilan banyak monitor sekaligus ke dalam satu jendela. Jika kamu perlu memantau beberapa monitor secara bersamaan, maka kamu bisa membuka jendela AnyDesk baru untuk melakukannya. Buat koneksi dari setiap jendela untuk menampilkannya secara berdampingan.

2. Dukungan Sistem Operasi

Perbandingan AnyDesk vs TeamViewer yang kedua terletak pada kompatibilitas. Kedua aplikasi ini sama-sama bersifat multi platform atau bisa dikatakan dapat mendukung banyak platform atau sistem operasi. Seperti Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS sudah jelas didukung oleh keduanya.

Akan tetapi, ada satu sistem operasi yang menjadi selisih AnyDesk dengan TeamViewer, yaitu FreeBSD. AnyDesk mendukung FreeBSD, sedangkan TeamViewer tidak. Walaupun target pasar FreeBSD tidak sebesar sistem operasi lainnya, namun AnyDesk tetap menyediakan versi aplikasi untuk sistem operasi ini.

Kelebihan ini menjadi kabar baik untuk pengguna FreeBSD, yang selama ini kerap tersisih dalam pasar aplikasi. Berkat AnyDesk, pengguna FreeBSD kini memiliki aplikasi remote desktop canggih yang bisa mereka gunakan untuk terhubung ke sistem operasi lain.

3. Unattended Access

Salah satu kelebihan utama AnyDesk adalah fitur unattended access. Fitur ini memungkinkan kamu dapat terhubung ke perangkat lain, tanpa memerlukan persetujuan dari perangkat tujuan. Di sisi lain, TeamViewer hanya mengizinkan koneksi dengan persetujuan manual dari perangkat target.

Walaupun tidak melalui persetujuan, namun keamanan koneksi tetap terjamin. AnyDesk menggunakan mekanisme kata sandi untuk mengautentikasi koneksi, sebagai ganti mekanisme persetujuan konvensional. Dengan begitu, hanya pengguna yang mengetahui kata sandi tujuan yang dapat melakukan remote.

4. Uji Coba Gratis

Mungkin kamu sering memerlukan uji coba sebelum memutuskan untuk membeli sebuah aplikasi. Masa uji coba inilah yang menjadi kesempatan kamu untuk memastikan apakah aplikasi tersebut sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Dengan adanya uji coba gratis (free trial), kamu bisa lebih yakin untuk membelinya.

AnyDesk menyediakan free trial selama 14 hari supaya kamu bisa mencoba semua fitur-fiturnya. Jika hasil percobaan kamu memuaskan, maka kamu bisa upgrade ke versi berbayar untuk menikmati semua berbagai fitur AnyDesk lainnya. Tetapi, TeamViewer tidak menyediakan fasilitas yang sama untuk penggunanya.

Kami sarankan untuk mencoba AnyDesk free trial terlebih dahulu. Manfaatkan kesempatan free trial untuk melakukan semua jenis pekerjaan yang kamu perlukan dengan remote desktop. Jika kamu puas dengan AnyDesk free trial, maka jangan ragu untuk mendapatkan fitur penuhnya dengan AnyDesk premium.

5. Harga

Salah satu pertimbangan utama kamu dalam memilih AnyDesk vs TeamViewer pasti berhubungan dengan harga. Membandingkan harga antara dua aplikasi memang tidak mudah. Apalagi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi, serta dengan pilihan level paket harga yang berbeda pula.

Walaupun begitu, AnyDesk terbukti jauh lebih mudah daripada TeamViewer. AnyDesk terdiri dari tiga pilihan harga, yaitu $14,90 (Rp242.493), $29,90 (Rp486.615), dan $79,90 (Rp1.300.353). Di sisi lain, TeamViewer menyediakan empat level harga.

Untuk membandingkan AnyDesk vs TeamViewer, maka kamu sebaiknya mengacu pada level harga 1 sampai 3. Pilihan harga TeamViewer yaitu $24,90 (Rp405.241), $50,90 (Rp828.385), $112,90 (Rp1.837.420), dan $229,90 (​​Rp3.741.566).

Jika kamu perhatikan, selisih harga antara dua aplikasi tersebut pada setiap level harga memang cukup signifikan. TeamViewer lebih mahal hampir dua kali lipat dari AnyDesk. Padahal jika kamu pertimbangkan dari sisi fungsi dan fiturnya, AnyDesk relatif lebih unggul dari TeamViewer.

AnyDesk vs TeamViewer, Mana yang Kamu Pilih?

Setelah melihat berbagai perbandingan AnyDesk vs TeamViewer di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa AnyDesk lebih unggul dari TeamViewer. Baik dari segi fitur, kompatibilitas, hingga harga dan free trial, AnyDesk menyediakan banyak hal yang tidak tersedia di TeamViewer.

Jika kamu tertarik untuk membeli AnyDesk premium, maka kamu bisa mendapatkan harga terbaik di IDCopy. Sebagai penyedia lisensi premium original terpercaya, IDCopy jual akun premium AnyDesk dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Penuhi kebutuhan remote desktop kamu dengan AnyDesk premium dari IDCopy. 

Kamu dapat berdiskusi dengan salah satu tim profesional IDCopy dengan cara menghubungi kontak IDCopy.

Semua

Premium

x