Apa itu Spotify ? Serta Kegunaannya!

Spotify menjadi salah satu aplikasi populer yang digunakan untuk streaming music. Bukan hanya music, Spotify juga memungkinkan pengguna mereka untuk mendengarkan podcast dan menonton video. Untuk menggunakannya juga cukup mudah, tinggal daftar menggunakan email, akun Google, Facebook, atau Apple ID.

Kamu juga bisa menggunakan Spotify pada perangkat komputer, smartphone, tablet, speaker, TV, bahkan di mobil. Spotify juga menyediakan fitur Spotify Connect yang memungkinkan kamu untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Spotify, mulai dari apa itu Spotify, sejarah Spotify, cara kerja Spotify, fitur Spotify, kelebihan dan kekurangan Spotify.

Apa Itu Spotify?

Spotify adalah layanan musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia.

Melalui Spotify, pengguna dapat mendengarkan musik dari berbagai genre dan artis baik lokal maupun mancanegara.

Spotify menawarkan akun free (gratis) dan akun premium (berbayar) untuk para pengguna mereka. Untuk pengguna versi gratis, kamu akan menemui beberapa batasan, seperti tidak bisa memutar semua lagu yang tersedia, akan ada musik-musik dari artis tertentu yang hanya tersedia bagi pelanggan berbayar.

Selain itu, pengguna juga diganggu dengan beberapa iklan yang muncul setiap beberapa waktu.

Sedangkan untuk pengguna premium bisa bebas download musik, tidak terdapat iklan, bisa memutar semua lagu yang ada di Spotify, serta bisa melewati lagu sesukamu (tersedia tombol next tanpa batas).

Spotify tersedia di berbagai perangkat, termasuk komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, serta mobil, dan kamu bisa dengan mudah beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan Spotify Connect.

Contoh tampilan Spotify jika diakses pada perangkat PC atau komputer.

spotify web

Contoh tampilan Spotify jika diakses menggunakan perangkat mobile.

spotify-mobile

Sejarah Spotify

Diketahui dari Wikipedia, Spotify berasal dari Martin Lorentzon dan Daniel Ek ketika menentukan nama dengan cara meneriakkan kata-kata potensial secara acak, kemudian Daniel Ek salah dengar “Spotify”, kemudian mereka mengklaim etimologi “Spotify” berasal dari lakuran kata “Spot” dan “Identify”.

Spotify dikembangkan pada tahun 2006 oleh tim di Spotify AB, di Stockholm, Swedia. Perusahaan ini didirikan oleh Daniel Ek, mantan CTO Stardoll, dan Martin Lorentzon, co-pendiri TradeDoubler.

Spotify diluncurkan pada September 2008 oleh Spotify AB, startup yang berasal dari Swedia. Pada Juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar.

Jumlah pelanggan berbayar mencapai 30 juta pada Maret 2016. Spotify Ltd beroperasi sebagai perusahaan induk, yang berkantor pusat di London, sementara Spotify AB menangani penelitian dan pengembangan di Stockholm.

Dan di Indonesia sendiri, Spotify resmi diluncurkan pada tanggal 30 Maret 2016, yang artinya perangkat lunaknya telah mendukung pilihan bahasa Indonesia, serta telah memungkinkan menerima pelanggan premium dari pelanggan Indonesia.

Bentuk keseriusan Spotify dengan industri musik Indonesia diperkuat dengan konser “Spotify On Stage” pada tanggal 4 Oktober 2019 di Jakarta International Expo yang menghadirkan musisi Indonesia dan mancanegara, diantaranya; Rich Brian, (G)I-dle, Ateez, Arsy Widianto, Brisia Jodie, Marion Jola dan Rizky Febian.

Langkah dan Cara Kerja Spotify

Untuk menggunakan Spotify, berikut beberapa langkah dan cara kerja untuk bisa menggunakan Spotify.

1. Unduh Spotify

Jika kamu menggunakan Spotify untuk pada perangkat mobile, terlebih dahulu kamu harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu melalui App Store untuk pengguna IOS atau Google Play untuk pengguna Android.

Dan bagi kamu yang menggunakan Spotify pada perangkat desktop (komputer atau laptop), tinggal buka Spotify web.

2. Melakukan pendaftaran pada Spotify untuk Mendapatkan Akun Gratis

Untuk bisa menggunakan Spotify secara gratis, kamu juga perlu melakukan pendaftaran, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

A. Pendaftaran Spotify Melalui Mobile

  • Buka Spotify di perangkat mobile kamu.
  • Lakukan Pendaftaran
    Pendaftaran bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti mengisi form pendaftaran dengan mengklik tombol “Sign Up Free” atau melalui nomor handphone, akun Google, akun Facebook, atau Apple ID.
    pendaftaran spotify
  • Misalnya disini saya akan melakukan pendaftaran dengan cara mengisi form pendaftaran dan mengklik tombol ”Sign up free”.
    sign up pada spotify
  • Masukkan alamat email kamu dan klik “Next”.
    email untuk mendaftar spotify
  • Masukkan password kamu dan klik “Next”.
    password untuk akun spotify
  • Masukkan tanggal lahir kamu dan klik “Next”.
    masukkan tanggal lahir saat mendaftar akun spotify
  • Masukkan juga gender (jenis kelamin), kemudian klik “Next”.
    gender untuk mendaftar akun spotify
  • Masukkan nama (username) akun spotify kamu, kemudian centang bagian Privacy Policy yang sediakan, dan klik tombol “Create Account”.
    form pendaftaran akun spotify
  • Sekarang kamu telah berhasil melakukan pendaftaran dan siap menggunakan Spotify pada perangkat mobile (handphone) kamu.

B. Pendaftaran Spotify pada Perangkat Desktop

Bagi kamu yang menggunakan Spotify pada perangkat desktop, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk membuat akun.

  • Buka Spotify Web.
  • Klik “Daftar” pada bagian kanan atas.
    daftar akun spotify melalui website
  • Kamu bisa melakukan pendaftaran menggunakan akun Facebook atau dengan mengisi form pendaftaran.
    Jika kamu melakukan pendaftaran dengan cara mengisi form pendaftaran,jangan lupa untuk mengklik tombol “Daftar” untuk menyelesaikan pendaftaran.
    pendaftaran akun di spotify
  • Sekarang kamu telah berhasil melakukan pendaftaran dan siap menggunakan Spotify.

3. Dengarkan Berbagai Lagu yang Kamu Inginkan

Setelah melakukan pendaftaran, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan berbagai konten yang disediakan oleh Spotify secara gratis.

4. Beralih ke Akun Premium

Jika kamu berencana menggunakan akun premium untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu harus beralih menjadi pengguna akun premium terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Spotify Premium.
  • Pilih salah satu paket yang disediakan dan klik tombol “Mulai”.
  • Lakukan pembayaran
    Ada beberapa cara melakukan pembayaran untuk penggunaan akun premium Spotify. Mulai dari Kartu Kredit/Debit, Gopay, DANA, OVO, Bank Transfer, bayar tunai melalui Alfamart, Alfamidi, DanDan, Lawson, atau pembayaran melalui Doku Wallet.
  • Jika kamu kesulitan beralih ke akun Spotify Premium, kamu bisa menggunakan Jasa Akun Premium Spotify oleh IdCopy. Proses lebih cepat, mudah, dan tidak ribet. Tinggal hubungi kontak Spotify dan lakukan konsultasi dengan admin IdCopy.

Fitur-Fitur Spotify

Temukan beberapa fitur di bawah ini ketika menggunakan Spotify.

A. Membuat Playlist Sendiri

Spotify menyediakan fitur yang memungkinkan kamu untuk memasukkan lagu favorite kamu ke dalam playlist milih sendiri. Kamu bisa membuat playlist sesuka keinginan kamu.

Selain itu, playlist yang anda buat bisa juga dibagikan ke teman-teman anda yang ada di Spotify maupun lewat sosial media seperti Facebook dan Twitter. Dan anda juga dapat mengaturnya sebagai private playlist.

Berikut cara membuat playlist sendiri:

  • Login ke akun Spotify kamu.
  • Pilih menu “Your Library” dan klik tanda “ + “ pada bagian kanan atas.
    cara membuat playlist di spotify
  • Masukkan nama playlist dan klik tombol “Create”.
    membuat nama playlist di spotify
  • Tambahkan beberapa lagu dengan mengklik tombol “Add Song”.
    menambahkan lagu pada playlist spotify

B. Podcast

Podcast adalah siaran berupa rekaman suara dari host (orang yang berbicara dalam podcast) yang membahas topik tertentu.
Spotify juga menyediakan beberapa podcast dari berbagai content creator. Untuk kategori podcast, ada berbagai macam genre pembahasan yang bisa kamu dengarkan. Host yang membawakan podcast spotify juga beragam, bahkan kini tidak sedikit youtuber dan influencer yang merambah ke media rekaman suara tersebut.

Kamu bisa mendengarkan podcast secara gratis dan mengunduh (download) di Spotify. Namun, untuk menghilangkan iklan dan menggunakan fitur lain di Spotify, kamu dapat berlangganan bulanan atau harian (menggunakan akun Spotify premium).

C. Integrasi Media Sosial

Ada beberapa pilihan metode pendaftaran akun Spotify, dan salah satunya yaitu menggunakan akun media sosial, Facebook.

pendaftaran akun spotify menggunakan facebook

Selain itu, kamu juga bisa membagikan lagu atau podcast yang kamu dengarkan ke berbagai media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, atau Line.

share lagu spotify ke media sosial

D. Spotify Lirik

Salah satu hal yang menarik dari Spotify yaitu dapat menampilkan lirik lagu layaknya karaoke. Kamu bisa melihat lirik lagu pada bagian bawah pemutaran musik.

spotify lirik

E. Mode Offline

Bagi kamu yang tidak bisa terhubung ke internet, kamu bisa mendengarkan musik secara offline dengan cara melakukan download terlebih dahulu. Tetapi untuk bisa download lagu, kamu harus berpindah menjadi pengguna akun premium.

F. Mendukung Banyak Perangkat

Spotify mendukung beragam platform gadget yang populer digunakan di dunia. Bahkan tidak sekedar komputer dan mobile device seperti iPhone atau iPad. Layanan Spotify juga mendukung perangkat gadget, baik mobile atau home device.

Beberapa diantaranya adalah Smart Speaker, TV, sound system di mobil, Games Console dan masih banyak lainnya. Daftar lengkap perangkat yang mendukung Spotify bisa kamu cek di Spotify Connect.

Kelebihan dan Kekurangan Spotify

Pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa kelebihan dan kekurangan dari Spotify.

Kelebihan Spotify

Berikut beberapa kelebihan Spotify yang perlu kamu ketahui.

  • UX dan UI Spotify terasa lebih friendly dan mudah dinavigasi.
  • Spotify memiliki opsi akun gratis yang meskipun didukung iklan dan tidak bisa download untuk digunakan secara offline, tetapi cukup untuk membuat kamu menikmati jutaan musik meskipun tidak berlangganan secara berbayar.
  • Spotify memiliki fitur untuk membagikan playlist keren dengan pengguna lain. Kamu juga bisa menyusun playlist bersama dengan user lain untuk menjadi soundtrack bertema tertentu yang bisa didengarkan oleh orang lain.
  • Spotify tersedia di berbagai platform.
  • Spotify memiliki discovery musik yang lebih baik, kamu bisa lebih mudah mengeksplorasi lagu baru yang mungkin kamu sukai berdasarkan artis, related songs, fitur Daily Mix, Public playlist dan sebagainya.
  • Banyak pengguna Spotify yang memberikan review positif karena mereka bisa menemukan artis-artis dan juga lagu baru yang sesuai dengan selera pengguna.
  • Spotify Premium memungkinkan kamu untuk mengunduh lagu favorite kamu dan digunakan secara offline.

Kekurangan Spotify

Selain kelebihan, kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangan dari Spotify.

  • Tidak bisa mengganti thema (tampilan Spotify) demi meringankan beban aplikasi. Pihak developer tidak menyediakan fitur untuk mengganti thema pada Spotify sehingga tampilan terlihat lebih minimalis.
  • Tidak terdapat timer yang berfungsi untuk mengatur waktu untuk menghentikan lagu agar bisa mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kamu atur.
  • Untuk dapat mengunduh lagu, kamu harus menjadi pengguna premium terlebih dahulu.
  • Jika kamu merupakan pengguna dengan akun gratis, terdapat iklan yang mengganggu kamu ketika mendengarkan musik.

Nah, setelah membaca beberapa penjelasan diatas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan Spotify? Cobain sekarang yuk, jika ada pertanyaan kamu bisa menghubungi kontak IdCopy ya.

Semua

Premium