Penjelasan Apa itu Turnitin Lengkap

Turnitin adalah program yang digunakan untuk melakukan validasi pada karya tulis seperti thesis, skripsi, karya ilmiah, disertasi, dan lain-lain. Turnitin memiliki database arsip terbesar di dunia. Tidak hanya arsip yang ada di internet, Turnitin juga memiliki arsip dari berbagai buku yang hanya dicetak. Jadi misal kamu menyalin tulisan dari buku LKS sekolah, maka Turnitin akan mendeteksinya.

Lalu siapa saja yang menggunakan Turnitin? Tentu sudah banyak, guru, dosen, instruktur, validator karya tulis, juri lomba, tim redaksi, dan lain-lain. Yang pada dasarnya fungsinya adalah mengecek tingkat plagiarisme dari karya tulis tersebut.

Selain itu Turnitin sudah digunakan oleh orang dari berbagai negara baik di kawasan Asia maupun Eropa karena memang database yang dimiliki oleh Turnitin cukup besar. Lalu apa saja kelebihan Turnitin daripada program cek plagiarisme lainnya?

  • Turnitin memiliki fitur menambahkan komentar, highlight, memberi nilai, dan lain-lain. Sehingga cocok sekali digunakan untuk para guru maupun dosen.
  • Murid atau mahasiswa dapat mengirim hasil pekerjaan langsung ke Turnitin sehingga paperless. Dengan begitu kamu sudah menyelamatkan bumi dari kekurangan populasi pohon akibat penebangan berlebih untuk membuat kertas.
  • Turnitin mampu mengecek tingkat plagiarisme dari berbagai bahasa, tidak hanya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saja.

Namun perlu diingat, Turnitin juga memiliki 1 kekurangan yaitu setiap dokumen yang kamu submit di Turnitin, tidak dapat dihapus secara permanen. Dalam kata lain Turnitin menjadikan dokumen tersebut sebagai arsip mereka.

Tips Agar Tidak Terdeteksi Plagiat Turnitin

  • Jangan Copy-paste Dari Karya Orang Lain

Algoritma pengecekan dari Turnitin bisa dikatakan sangat akurat bahkan beberapa orang menganggap over accurate sehingga jangan sampai kamu secara murni menyalin kalimat dari karya orang lain karena hal tersebut akan jelas terdeteksi plagiat oleh Turnitin.

  • Mencantumkan Sumber

Ketika kamu mengutip pendapat atau pembicaraan orang lain, usahakan kamu mencantumkan sumbernya. Karena ini memang etika dasar dalam dunia redaksi. Dengan begitu sistem Turnitin juga bisa mendeteksi bahwa kamu mengutip pendapat orang bukan menyalinnya.

  • Hindari Pemakaian Dokumen Legal

Teknik yang paling mudah adalah dengan melihat karya orang lain, lalu kita menulisnya ulang dengan kata-kata kita sendiri. Namun masalahnya jika kamu menggunakan dokumen undang-undang, tentu tidak bisa diubah. Dan tentu saja Turnitin akan mendeteksinya sebagai plagiat. Jadi usahakan tidak mengutip kalimat dari dokumen legal yang kata-katanya tidak bisa diubah.

Gunakan Teknik Parafrase

Parafrase adalah teknik pengungkapan kembali sebuah kalimat tanpa mengubah makna asli dari kalimat tersebut. Jadi kamu bisa mengganti kata dengan sinonimnya, mengubahnya menjadi kalimat pasif, dan lain-lain. Dengan teknik ini, bisa dipastikan kamu akan lolos dari pengecekan plagiat.

Jika kesulitan, coba untuk menggunakan teknik parafrase dengan mengubah kalimat per kalimat. Jika sudah mulai nyaman, coba paragraf per paragraf. Jadi baca dulu 1 paragraf, lalu coba tulis kembali paragraf tersebut dengan gaya bahasamu sendiri dan persingkat jika memungkinkan.

Bagi kamu yang ingin membeli akun Turnitin, kamu bisa menggunakan jasa IDCopy dengan beli di halaman jual akun turnitin. Terima kasih!