Cara Melihat dan Download Hasil Zoho Form dengan Mudah

cara melihat hasil zoho form

Saat kamu telah berhasil membuat formulir Zoho, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa dan melihat hasil formulir yang telah kamu buat.

Namun, ternyata masih banyak yang bingung mengenai cara melihat hasil Zoho form dan cara mengunduh file formulir yang telah terbuat di platform situs tersebut.

Pada dasarnya, mengunduh hasil formulir ini tidak terlalu sulit dan relatif mudah. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara mengecek hasil formulir tersebut demi kebaikan sendiri. Jika tidak, hal ini bisa menghambat pekerjaan kamu terutama jika formulir tersebut akan digunakan untuk keperluan Zoho form Absensi.

Cara Melihat Hasil Zoho Form

Setelah membuat sebuah formulir kerja dengan Zoho, formulir tersebut sudah bisa diakses dan di input data oleh pengguna yang berkepentingan. Data tersebut akan masuk dalam Zoho form sehingga kamu dapat mengelola data tersebut. Berikut ini adalah cara melihat hasil Zoho form serta cara mendownload file-nya.

1. Login ke Dashboard Zoho

Pertama, silahkan kamu login ke situs Zoho.com. Kemudian, akan tampil halaman utama atau dashboard Zoho yang berisi beberapa fitur dari platform tersebut. Setelah masuk dalam halaman utama, silahkan kamu pilih menu Zoho Form. 

Pada menu Zoho Form, akan tampil deretan formulir yang pernah kamu buat sebelumnya. Kamu tinggal memilih saja formulir mana yang akan kamu lihat hasilnya dan mana yang akan kamu unduh filenya.

2. Masuk ke Opsi All Entries Form

Setelah kamu memilih formulir yang akan kamu akses dan melihat hasilnya, pada daftar formulir tersebut terdapat beberapa opsi pilihan. Opsi tersebut adalah:

  • All entries. Opsi ini berguna untuk melihat semua data yang telah terinput dalam formulir Zoho form yang kamu buat.
  • Reports. Pilihan ini berfungsi melaporkan jika terdapat error atau bug yang terjadi pada formulir yang telah kamu buat.
  • Settings. Berisi pengaturan umum secara keseluruhan formulir.
  • Analytic. Opsi ini berfungsi untuk menganalisis data yang telah terinput dalam formulir Zoho form.
  • Audit. Ini berfungsi sebagai alat penghitung data akurat yang telah terinput dalam formulir tersebut.
  • Edit. Menu pilihan ini berguna untuk melakukan proses edit data, nama formulir, deskripsi, dan lain sejenisnya yang berhubungan dengan formulir tersebut.

Opsi yang perlu kamu pilih sebagai bentuk cara melihat hasil Zoho form yaitu opsi menu All entries

Dalam opsi menu All entries, kamu dapat mengakses serta melihat hasil data formulir Zoho yang telah atau pernah kamu buat. Jika seluruh pengguna yang berkepentingan telah mengisi formulir tersebut, maka dalam opsi menu All entries akan menampilkan data yang telah pengguna isi pada formulir tersebut.

Setelah data tersebut tampil, maka kamu bisa melihat secara keseluruhan hasil formulir Zoho. Melalui cara ini lah kamu dapat melihat hasil Zoho form serta melakukan analisa dan pengecekan data yang telah terinput.

Jika Anda penasaran mengenai akun premium dan fitur-fiturnya, Anda bisa konsultasi kepada beberapa pihak jual akun premium Zoho.

Cara Mendownload Hasil Zoho Form

Sebelum kamu mengunduh file hasil formulir Zoho yang telah terinput, pastikan kamu telah mengetahui cara membuat Zoho form dan telah membuatnya. Kemudian, ikuti langkah berikut untuk mendownload formulir Zoho yang telah kamu buat:

1. Pilih Formulir Zoho yang Akan Kamu Download

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengunduh formulir Zoho yang telah kamu buat adalah silahkan kamu masuk kembali halaman utama Zoho.com. Setelah berhasil login pada halaman utama, silahkan kamu pilih menu Zoho Form.

Kemudian, akan tampil daftar formulir Zoho yang pernah kamu buat sebelumnya. Silahkan kamu pilih saja formulir yang ingin kamu cetak atau unduh. 

Sebelum mengunduh formulir tersebut, lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan akurasi data dan jumlah responden pengunjung yang telah mengisi formulir yang akan kamu unduh.

2. Masuk ke Menu All Entries

Setelah memilih dan mengecek formulir yang akan kamu unduh, silakan klik formulir tersebut dan kamu akan masuk ke menu All entries. Pada menu ini, terdapat dua pilihan untuk mengunduh, atau langsung mencetak dokumen formulir yang telah kamu buat tersebut.

Jika kamu ingin langsung mencetak formulir Zoho yang telah kamu buat, silahkan pilih opsi Print pada toolbar Formulir Zoho. Kamu bisa memilih opsi cetak sebagai daftar tabel formulir, atau mencetaknya dalam bentuk laporan tertulis. 

Namun, untuk langsung mencetak formulir Zoho, pastikan kamu telah menyambungkan perangkat printer ke komputer kamu. Nantinya, sistem Zoho akan secara otomatis membaca mesin cetak kamu dan melakukan pencetakan formulir sesuai dengan pilihan hasil cetak yang telah kamu pilih.

3. Download Zoho Form yang Telah Kamu Buat

Tahapan terakhir untuk mendownload formulir Zoho adalah proses pengunduhan data file formulir. Jika sebelumnya kamu tidak memilih untuk mencetak langsung formulir yang telah kamu buat, kamu juga bisa download formulir tersebut.

Pada menu All entries, silahkan kamu pilih opsi Export Data. Pada tahap ini, kamu juga bisa memilih format file formulir Zoho yang akan kamu unduh. Berikut adalah daftar format file yang tersedia dalam formulir Zoho:

  • CSV. Format .csv adalah format formulir dalam bentuk kalkulasi Excel. Jadi, jika kamu memilih format file ini sebagai hasil download, maka kamu bisa mengaksesnya kembali lewat Microsoft Excel dan melakukan proses editing pada Excel.
  • PDF. Format kedua adalah .pdf. Jika kamu memilih format .pdf, maka kamu tidak dapat melakukan proses edit data pada formulir Zoho tersebut. Biasanya, format .pdf dipilih jika formulir yang telah kamu buat sudah terinput datanya secara keseluruhan dan telah melewati fase finishing.

Setelah memastikan dan memilih format formulir yang akan kamu unduh, silahkan klik Oke dan ubah nama file formulir jika dibutuhkan. Kemudian, tunggu proses unduhan hingga selesai.

4. Opsi Pilihan Cetak dan Simpan Formulir

Jika kamu telah mengetahui cara melihat hasil Zoho form kemudian kamu ingin melakukan multi-tasking dengan cara mencetak dan mengunduh formulir secara langsung, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Sebelum kamu melakukan proses cetak formulir langsung, terdapat sebuah opsi pemilihan jenis printer yang akan kamu gunakan untuk mencetak formulir tersebut.
  • Silakan kamu ubah pilihan mesin cetak formulir, lalu pilih perintah Save as PDF. Kemudian, sebelum melakukan proses cetak dokumen, maka akan tampil formulir Zoho dalam bentuk .pdf. Terakhir, silakan unduh file tersebut dengan memilih tombol download di pojok kanan atas toolbar.
  • Namun, jika kamu ingin memilih format .csv sebagai hasil unduhan dan hasil cetak, silahkan kamu pilih perintah Save to Google Drive. Nantinya, formulir tersebut akan terunduh ke akun Google Drive yang telah kamu hubungkan ke Zoho form dengan hasil format unduhan .csv atau Excel.

Sudah Tahu Cara Melihat Hasil Zoho Form?

Itulah cara melihat hasil Zoho form beserta dengan cara mengunduhnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu untuk melakukan pekerjaan administrasi data formulir. Perlu kamu ingat, sebelum mengunduh formulir Zoho, kamu harus memeriksa dan memastikan akurasi data formulir agar tidak terjadi kesalahan.

Bagi yang memerlukan akun premium, Anda bisa menghubungi IdCopy yang merupakan jasa jual akun premium terpercaya. IdCopy menawarkan pembayaran tanpa kartu kredit serta mendukung berbagai e-wallet. Jadi, proses pembayarannya juga sangat mudah.

Semua

Premium

x