Cara Membuat Zoom Meeting Agar Unlimited

Pandemi yang tengah terjadi saat ini, mengubah berbagai aktivitas dan kebiasaan kita. Salah satunya yaitu intensitas pertemuan secara langsung untuk mengurangi penyebaran. Akibatnya kegiatan diluar rumah seperti sekolah atau bekerja harus dilakukan di rumah.

Zoom menjadi salah satu aplikasi video conference yang paling populer dan banyak digunakan untuk melakukan belajar online maupun meeting (pertemuan) online.

Zoom menyediakan dua jenis akun, yakni akun basic (free) dan akun premium (pro). Namun Zoom versi basic, pengguna hanya diberi waktu (durasi) penggunaan selama 40 menit.

Sedangkan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk rapat ataupun memberikan kelas pelajaran yang biasanya butuh waktu lebih dari 40 menit. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menggunakan fitur Recurring tanpa harus beralih ke akun premium (berbayar).

Bagaimana cara melakukannya? Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Login ke akun Zoom kamu.
2. Buat sebuah meeting dengan memilih bagian “Schedule” atau “Jadwalkan”.

cara membuat zoom meeting unlimited

3. Tunggu hingga proses selesai, biasa kamu akan diminta untuk mengatur jadwal meeting. Disini kamu perlu mengaktifkan fitur Recurring agar kamu bisa mengakses Zoom lebih dari 40 menit.

cara membuat schdule zoom meeting

Keterangan gambar:

  • Topik – Kamu bisa mengisi nama rapat, kapan rapat dilaksanakan, dan berapa lama durasi rapat. Tetapi jangan lupa ubah terlebih dahulu Time Zone ke Jakarta (GMT +7) dan berikan centang pada kotak Recurring. (abaikan pop up yang muncul)
  • Security – Disini kamu bisa mengatur security ID yang akan digunakan ketika masuk rapat.
  • Video – Aktifkan host bila kamu menginginkan rapat dimoderatori oleh host, pastikan centang bagian partisipan On.
  • Calendar – Pilih dimana kamu akan menandai rapat di kalender, disini saya biasa menggunakan layanan dari Google akhirnya saya memilih Google Calendar.

4. Kamu juga bisa membuka fitur Advanced Options untuk setting yang lebih lengkap, saya biasa mengaktifkan “Mute participant upon entry”. Ini menjadi bagian yang penting agar ketika partisipan masuk secara otomatis akan di mute terlebih dahulu dan rapat akan lebih cepat dikondisikan.

mengatur jadwal zoom meeting

5. Klik tombol “Save”, kemudian kamu akan diarahkan ke akun Google Calendar kamu. Pilih email yang mau kamu gunakan dan klik “Allow”.

6. Jika sudah masuk ke Google calendar, disana kamu bisa menemukan undangan rapat, copy link meeting tersebut dan bagikan ke peserta meeting kamu. Jika sudah pastikan untuk menekan tombol “Save”.

Cara Mudah Membuat Zoom Meeting Unlimited

7. Selesai

Nah sekarang kamu sudah berhasil membuat zoom meeting dengan durasi waktu yang unlimited. Ternyata untuk melakukannya juga tidak sulit ya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beli akun zoom banner