Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Di tengah pandemi COVID-19 mengharuskan kita semua untuk bekerja maupun belajar dari rumah. Video Conference menjadi istilah yang familiar karena menjadi alternatif berbagai kegiatan pertemuan. Aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi terbaik yang menyediakan media untuk melakukan rapat secara online atau yang biasa disebut dengan video conference.

Zoom pertama kali dirilis pada 2013, dan hingga saat ini Zoom sudah bisa diakses dari berbagai Operating System seperti Windows, MacOS, Linux, iOS, dan Android. Saat pertama kali kamu mendaftar, kamu berada di paket basic yang artinya memiliki fitur seperti:

  • Dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan
  • Gratis 40 menit video conference untuk rapat kelompok, kamu dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis
  • Kualitas suara dan gambar HD
  • Screen-sharing
  • Akses ke virtual background
  • Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting
  • Membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms

Walaupun saat ini Zoom memiliki ratusan juta user dari berbagai negara, faktanya masih banyak orang yang kesulitan dalam menggunakan Zoom. Hal ini sangat wajar karena Zoom adalah aplikasi baru dan mengharuskan kita untuk beradaptasi. Tapi tenang saja, saya akan membagikan tutorial cara menggunakan Zoom.

Beli akun zoom banner

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Alat yang harus ada sebelum menggunakan Zoom Meeting:

  1. Kamera, baik itu kamera eksternal ataupun webcam yang sudah tertanam langsung dalam perangkat desktop maupun smartphone.
  2. Mikrofon, sama seperti kamera, kamu bisa menggunakan mikrofon eksternal maupun mikrofon yang sudah ada dalam perangkat yang kamu gunakan.
  3. Koneksi internet. Sama seperti chatting pada berbagai aplikasi, untuk menggunakan aplikasi Zoom kamu memerlukan koneksi internet.
  4. Dan yang terakhir tentu saja aplikasi Zoom. Baik itu di smartphone ataupun di perangkat desktop.

Jika saat meeting kamu berperan sebagai host, sebaiknya kamu menggunakan perangkat desktop seperti laptop ataupun komputer karena akan lebih mudah. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Zoom.
  2. Lalu klik “New Meeting”.buka aplikasi zoom
  3. Jika sudah maka akan muncul detail tentang room kamu. Seperti invitation link, jumlah participant, dan lain-lain.room zoom
  4. Selain itu, kamu dapat menggunakan berbagai fitur yang termasuk dalam paket yang kamu miliki di bagian bar yang paling bawah.fitur zoom

Bagaimana? Mudah sekali bukan melakukan video conference menggunakan Zoom. Memang keunggulan Zoom dari kompetitor lainnya adalah kemudahan dalam penggunaannya. Selain itu juga terdapat berbagai fitur menarik yang mendukung kegiatan kita saat video conference.

Oh iya buat kamu yang ingin membeli akun premium Zoom Pro, kamu bisa menggunakan jasa dari IDCopy ya. Pembayaran menggunakan mata uang Indonesia dan bank Indonesia. Sehingga kamu tidak perlu susah-susah membuat kartu kredit. Terima kasih!