Bingung Cara Share Screen Di Zoom Menggunakan HP? Ini Caranya

cara share screen di zoom menggunakan hp

Salah satu cara untuk melakukan pertemuan secara daring dengan mudah yaitu menggunakan aplikasi Zoom Meeting atau Webinar. Sebagai sebuah aplikasi pertemuan melalui video secara online, aplikasi Zoom memang memungkinkan untuk digunakan pada banyak perangkat, seperti Laptop, Desktop ataupun HP, baik yang berbasis operasi Android maupun iOS.

Fitur tambahan dari Aplikasi Zoom berupa berbagi layar ini akan sangat memudahkan pembicara saat akan membagikan informasi penting. Berikut uraian tentang cara share screen di Zoom menggunakan HP bagi kamu yang belum paham cara untuk melakukannya.

Fitur Share Screen Di Zoom 

Pada banyak hal, bahkan pada beberapa kalangan masyarakat termasuk kegiatan silaturahmi, pertemuan menggunakan media online menjadi hal yang biasa. Adanya perbedaan jarak serta perkembangan teknologi menjadi beberapa faktor yang membuat hal ini menjadi tren.

Bermula dari terjadinya pandemi beberapa tahun lalu, berbagai aplikasi untuk pertemuan secara online pun saat ini semakin lengkap fitur-fiturnya. Dari sekian banyak fitur unggulan pada aplikasi pertemuan online misalnya Zoom, fitur berbagi layar termasuk fitur favorit. 

Tak hanya melalui perangkat desktop, seperti Laptop atau PC, sekarang cara share screen di Zoom menggunakan HP juga bisa kamu lakukan. Dengan adanya fitur ini maka semakin banyak kemudahan yang bermanfaat bagi penggunanya.

Langkah mudah cara share screen di Zoom menggunakan HP yaitu dengan mengaktifkan fitur membagikan layar yang terdapat pada menu. Dengan cara ini kamu dapat membagikan apa saja kepada semua peserta pertemuan daring tersebut.

Nantinya di dalam fitur berbagi layar tersebut para peserta pertemuan online Zoom akan dapat melihat content of shared screen dari layar monitor. Kamu juga bisa lebih leluasa berbagi banyak hal entah masalah pekerjaan, pendidikan atau hal menyenangkan lainnya.

Cara Berbagi Layar Zoom Pada Beberapa Perangkat 

Berikut ini uraian serta penjelasan akan beberapa langkah mudah pada cara share screen di Zoom menggunakan HP serta pada perangkat lainnya.

1. Cara Berbagi Layar Dengan Laptop 

Sebelum masuk pada uraian langkah cara share screen di Zoom menggunakan HP, berikut ini tahapan langkah berbagi layar pada Zoom dengan laptop.

  • Langkah awal pastinya kamu harus menyiapkan materi yang akan kamu share.  
  • Kemudian buka aplikasi Zoom Meeting atau Webinar, dan ketikkan ID kode meeting atau kata sandinya. 
  • Tunggu selama beberapa saat hingga halaman awal yang terbuka dan muncul halaman utama dari aplikasi Zoom meeting.
  • Kemudian perhatikan pada bagian sisi sebelah bawah, carilah opsi menu Share Screen di sana. Lakukan klik tepat pada menu tersebut. 
  • Setelah itu pilih opsi yang tersedia, apakah menginginkan tampilan papan tulis, desktop atau berbagai jenis menu lainnya.
  • Lanjutkan dengan menekan menu Share audio dengan menekan tombol pada bagian sebelah kanan bawah dari menu.
  • Jika sudah maka pemberitahuan “You are sharing your screen” akan muncul pada layar. 
  • Jika pertemuan online telah selesai, untuk menghentikannya silahkan kamu tekan Stop share. Atau kamu juga dapat menekan tombol Pause jika ingin berhenti untuk sementara waktu saja. 

2. Cara Berbagi Layar Pada Aplikasi Zoom Menggunakan HP

Silahkan perhatikan tahapan langkah sebagai cara share screen di Zoom menggunakan HP berikut ini:

  • Langkah awal untuk memulai pemakaian fitur berbagi layar adalah kamu harus memastikan jika aplikasi Zoom telah terunduh serta terpasang pada HP Android. Tak perlu takut karena cara buat akun zoom cukup mudah.
  • Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, silahkan masuk ke dalam aplikasi zoom tersebut dengan memakai akun pribadi yang kamu buat pada proses sebelumnya. 
  • Pastikan juga jika informasi yang akan kamu bagikan sudah ready.
  • Selanjutnya tekan tombol menu untuk berbagi layar yang ada di bagian kanan sebelah atas dari layar HP milik kamu.  
  • Input kode meeting ID pada kolom yang tersedia, lalu tekan OK.
  • Setelah itu kamu harus memasukkan passcode pada bagian yang tersedia lalu tekan tombol OK.
  • Langkah terakhir, tekan tombol Start Now dan kamu sudah bisa share screen. 

Berbagai Informasi Tambahan Pada Fitur Share Screen

Sebelum menggunakan fitur untuk berbagi layar, ada beberapa informasi tambahan yang penting sekali untuk kamu pahami, yaitu antara lain adalah:

  • Hal pertama yang harus kamu pahami pada cara share screen di Zoom menggunakan HP adalah keseluruhan layar dari HP akan terekam secara otomatis. Hal ini merupakan setelan default sehingga tak mungkin kamu untuk merubah pengaturannya.
  • Berdasarkan hal tersebut, maka sebelum mulai mengaktifkan fitur berbagai layar pastikan jika kamu hanya mengakses serta membuka informasi positif saja.
  • Selain itu selama ada pada mode share screen, jangan pernah sekalipun membuka aplikasi pribadi. Misalnya membuka chat pada aplikasi percakapan, atau membuka mobile banking ataupun juga mengakses kata sandi pada aplikasi tertentu. 

Ketika kamu baru pertama kali melakukan berbagi layar, maka akan ada permintaan untuk akses pada zoom. Tak perlu bingung, silahkan kamu ikuti 2 urutan langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Geserlah bagian slider ke arah sebelah kanan.
  2. Setelah itu silahkan kamu tekan tombol back agar dapat masuk lagi pada aplikasi Zoom.

Opsi Lain Pada Fitur Share Screen

Pada saat kamu melakukan kegiatan share screen pada aplikasi Zoom melalui HP, maka akan menemukan berbagai pilihan menu lain. Pilihan menu tersebut terletak pada sebelah kiri di bagian bawah, berikut penjelasannya. 

  • Share Audio.

Fitur ini adalah pilihan bagi kamu yang ingin membagikan materi yang berwujud suara atau audio. Fitur ini juga dapat kamu pakai jika ingin berbicara kepada para peserta Zoom yang ada. 

  • Stop Share.

Sebagaimana namanya, maka fitur Stop Share adalah sebuah pilihan tambahan bagi pengguna aplikasi Zoom pada saat akan menghentikan proses pembagian materi kepada peserta.

  • Annotation. 

Selanjutnya terdapat fitur Annotation. Fitur ini akan membantu pengguna aplikasi saat ingin melakukan corat coret pada layar yang dibagikan. Fitur annotation ini juga berguna untuk membubuhkan tkamu atau keterangan pada layar HP.

Sudah Paham Cara Share Screen di Zoom Menggunakan HP?

Ternyata share screen di Zoom menggunakan HP bukan hal yang sulit. Jika kamu berminat untuk menggunakan akun premium Zoom dengan mudah, IdCopy bisa membantu kamu.

IDCopy menyediakan jasa Zoom meeting dengan konsep B2B yang bisa kamu gunakan. Kamu akan memiliki akses jenis Zoom unlimited untuk kemudahan serta kebebasan dalam melaksanakan berbagai kelas online atau meeting online.Demikianlah uraian tentang cara share screen di Zoom menggunakan HP, semoga bermanfaat.

Semua

Premium

x