Begini Cara Zoom Meeting di HP, Lebih Mudah dan Praktis!

cara zoom meeting di hp

Semenjak pandemi penyakit virus Covid-19 melanda berbagai negara di seluruh belahan dunia, hampir semua aktivitas perkantoran dilakukan secara daring (online). 

Dan semenjak saat itu, tak sedikit orang yang mulai mencari cara Zoom Meeting di HP untuk keperluan kerja, bahkan sampai dengan pendidikan.

Hal ini merupakan suatu bentuk pencegahan terhadap penyebaran penyakit virus Covid-19 yang pada saat itu sedang sangat mengganas.

Namun setelah pandemi mereda, penggunaan aplikasi rapat daring dan metode kerja dari rumah atau WFH (Work From Home) masih terus diterapkan.

Hal ini karena WFH dinilai memiliki banyak keuntungan sehingga keperluan Zoom Meeting masih tetap ada agar bisa terhubung dengan pekerjaan kapanpun dan dimanapun.

Cara Zoom Meeting di HP 

Karena banyaknya fitur-fitur dalam aplikasi Zoom Meeting yang sangat optimal untuk melakukan kerja dari rumah, penggunaan aplikasi ini kini menjadi tren baru. Ini dia cara Zoom Meeting di HP:

1. Install Aplikasi Zoom Meeting di Ponsel Kamu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk bisa mengakses aplikasi rapat daring ini yaitu, unduh aplikasi Zoom Meeting di Play Store. Kemudian install aplikasi tersebut pada ponsel kamu.

Namun, sebelum kamu menginstalnya, baca dulu ketentuan minimal spesifikasi ponsel yang dapat mengakses aplikasi rapat daring ini. Pada ketentuan Zoom Meeting, sistem operasi ponsel terendah yang mampu mengakses aplikasi ini adalah sistem OS 5 Android Lollipop ke atas.

Sedangkan, untuk pengguna iPhone, minimal sistem operasi agar dapat mengaksesnya adalah iOS 8 atau setara dengan series iPhone 4. Jadi, jika sistem operasi ponsel kamu tidak memenuhi syarat tersebut, maka ponsel kamu tidak dapat mengakses aplikasi ini secara optimal. Bahkan, bisa saja terjadi error.

2. Lakukan Sign In Zome

Setelah kamu menginstalnya, kamu perlu melakukan Sign in ke aplikasi rapat daring ini dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih menu Sign In pada layar utama Zoom Meeting.
  • Kemudian, pilih akses masuk dengan menggunakan akun Gmail.
  • Setelah itu, beri izin akses aplikasi agar semua fitur dalam aplikasi ini dapat berjalan secara optimal.

Atau, sebagai cara Zoom Meeting di HP, kamu juga bisa melakukan Sign In dengan memberi akses masuk melalui media sosial Facebook. Selain itu, kamu juga bisa lakukan pendaftaran dengan menggunakan jenis email lainnya.

3. Mulai Membuat Sebuah Rapat Daring

Ketika kamu sudah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi ini, kamu sudah bisa mulai untuk membuat sebuah rapat daring. Ikuti langkah berikut untuk membuat sebuah rapat daring via Zoom Meeting:

  • Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi menu “New Meeting” untuk membuat sebuah ruang rapat daring.
  • Setelah membuat ruang rapat, kamu akan dialihkan ke halaman awal rapat. Pada tahap ini akan tampil keterangan akses kamera dan suara pada ponsel kamu. Kamu bisa menonaktifkan kamera ponsel dan suara kamu dengan cara menggeser tombol kamera aktif yang tertera di halaman ruang rapat.
  • Kemudian, pilih opsi “Invite” yang terletak pada bagian bawah halaman ruang rapat. Lalu, silahkan kamu salin tautan ruang rapat kamu tersebut, untuk kemudian kamu bagikan kepada peserta yang akan mengikuti rapat daring.
  • Setelah kamu membagikan tautan rapat daring, jangan lupa bagikan juga ID serta password untuk dapat masuk ke rapat tersebut. Biasanya, ID dan password rapat terletak pada bagian depan halaman ruang rapat.
  • Terakhir, kamu sudah bisa memulai rapat daring hanya dengan menggunakan ponsel. Bagaimana, mudah bukan?

Selain bisa melakukan rapat secara daring, kamu juga bisa menemukan banyak fitur menarik jika kamu menggunakan akun Zoom Meeting versi premium berbayar. 

Kelebihan Utama Fitur Zoom Meeting Premium

Setelah mengetahui cara Zoom Meeting di HP, kamu juga harus mengetahui tentang fitur premium berbayar pada aplikasi rapat daring ini. Ini dia beberapa kelebihan fitur Zoom Meeting premium yang wajib kamu ketahui.

1. Tidak Ada Batasan Waktu

Pengguna akun gratis perlu melakukan perubahan pengaturan setiap 30 menit sekali untuk mengatur durasi rapat. Hal ini karena, akun gratis hanya bisa mengakses rapat dengan durasi sekitar 40 menit saja.

Memang sangat terbilang tanggung, terlebih jika rapat membahas suatu persoalan yang detail dan penting terkait proyek bisnis kamu atau terkait materi penting perkuliahan.

Berbeda dengan fitur premium berbayar, kamu bisa mengakses rapat daring tanpa adanya batasan waktu sama sekali.

2. Kapasitas Peserta Rapat Lebih Banyak

Kapasitas peserta yang dapat bergabung dalam sebuah rapat daring tentu menjadi sebuah persoalan tersendiri. Apalagi, jika rapat daring tersebut merupakan agenda rapat dengan skala besar.

Jika kamu menggunakan akun Zoom Meeting versi gratis, kapasitas peserta rapat daring yang bisa mengikuti rapat hanyalah 100 orang saja. Tentu hal ini akan menjadi kendala jika skala rapat besar dan pesertanya lebih dari 100 orang.

Dengan akun premium, kapasitas peserta rapat bisa mencapai 300 sampai dengan 1000 orang tergantung jenis lisensi yang kamu beli dari jasa Zoom Meeting premium.

3. Fitur Rekaman Rapat Lebih Optimal

Jika pada sebuah rapat daring ada beberapa peserta rapat yang tidak dapat mengikuti rapat tersebut, pilihan terbaik agar seluruh peserta mengetahui isi rapat adalah dengan merekamnya.

Zoom Meeting premium profesional dapat memberikan fasilitas fitur untuk merekam rapat serta menyimpannya dalam penyimpanan sebesar 1 GB per akun berlisensi. Selain itu, kamu juga bisa mengakses rekaman ini meski dengan cara Zoom Meeting di HP. Praktis, bukan?

Jika kapasitas tersebut kurang, kamu dapat berlangganan akun enterprise dengan fitur Unlimited Cloud dan akses ke penyimpanan lokal.

4. Terdapat Ruang Istirahat (Breakout Room)

Selain fitur-fitur teknis yang berhubungan dengan isi rapat, dengan akun berbayar premium ini kamu bisa mendapatkan pengalaman untuk beristirahat dari penatnya rapat daring. 

Fitur tersebut adalah Breakout Room. Selain berfungsi sebagai ruang istirahat atau ruang tunggu rapat daring, fitur ini juga bisa menjadi ruang bagi peserta rapat yang harus melakukan diskusi tim. 

Jadi, jika dalam rapat terdapat kendala yang mengharuskan adanya diskusi personal, kamu bisa menggunakan Breakout Room sebagai ruang diskusi tanpa harus membuat ruangan baru.

5. Immersive Fitur

Immersive menjadi keunggulan dari Zoom Meeting premium terbaru yang menghadirkan fasilitas virtual room dalam sebuah rapat daring. 

Dalam fitur ini, kamu bisa merasakan sensasi rapat daring dengan suasana seperti berada di dalam sebuah gedung bioskop atau aula besar yang megah.

Selain itu, para peserta bebas memilih kursi mana yang akan ditempati. Nantinya, akan muncul tampilan seolah-olah kamu benar-benar menduduki kursi tersebut. Bahkan, fitur juga juga bisa diakses dengan cara Zoom Meeting di HP.

IDCopy Penyedia Layanan Zoom Meeting Premium

Itu dia langkah dan cara Zoom Meeting di HP dengan praktis dan penjelasan terkait fitur premium pada aplikasi ini. Jika kamu tertarik untuk membeli jasa Zoom Meeting Premium, kamu bisa mengunjungi IdCopy untuk mendapatkan pengalaman baru saat rapat daring.

Semua

Premium

x