Peran Envato Sebagai Pendukung Kerja Para Freelancer Online

freelancer online

Bagi para pekerja digital atau freelancer online, keberadaan Envato market dapat membantu memudah berbagai pekerjaan kamu. Ada banyak konten yang membutuhkan media digital untuk meningkatkan mutu tampilannya terbantu dengan adanya Envato ini.

Namun ternyata belum banyak yang tahu akan keberadaan Envato sebagai sebuah marketplace produk digital yang berskala dunia. Padahal hingga saat ini pasar digital tersebut telah beranggotakan lebih dari 6 juta orang dengan 9 juta karya digital di dalamnya.

Kumpulan karya digital tersebut merupakan hasil karya para developer, desainer global, fotografer, produsen serta illustrator dari seluruh penjuru dunia. Jika tertarik untuk mengetahui tentang Envato lebih lanjut, silahkan simak detail uraiannya di bawah ini.

Apa Itu Envato?

Envato adalah sebuah marketplace yang berdiri pada 2006 lalu sebagai sebuah perusahaan IT yang berasal dari Australia. 

Pendiri Envato adalah Jun Rung, Collis Ta’eed, serta Cyan Ta’eed. Misi sederhana yang diusung Envato pada awal berdirinya adalah sebagai ajang untuk membantu orang belajar sekaligus menghasilkan pendapatan secara online. 

Bentuk Envato adalah marketplace yang khusus menyediakan berbagai hasil karya digital. Oleh karena itu di dalam Envato akan dapat kamu temukan beragam template web, foto, video, game dan lain sebagainya.

Nantinya berbagai karya digital tersebut akan masuk pada ruangan online khusus yang sesuai dengan kategorinya, misalnya Envato Elements. Yaitu salah satu wadah di Envato yang berisi aneka produk digital seperti plugin atau tema untuk situs web dengan basis WordPress.

Apakah Fungsi Envato?

Fungsi utama Envato ada dua buah. Yang pertama, Envato akan menjadi suatu tempat bagi pekerja freelancer online untuk mendapatkan berbagai jenis produk digital. 

Hal tersebut karena sebuah karya digital pasti akan membutuhkan tampilan bermutu tinggi agar menarik minat.

Padahal tidak semua Freelancer online memiliki cukup skill atau cukup waktu untuk menghasilkannya. Nah inilah yang tersedia di Envato, yang mana hal tersebut terkait pada fungsi kedua Envato.

Yaitu Envato berfungsi sebagai sarana pemasaran khusus bagi para desainer digital yang kreatif. Tentunya tak semua karya digital dapat lolos dan masuk ke dalam bursa pasar Envato, kecuali jika karya tersebut bermutu tinggi.

Jenis Produk Envato

Berikut beberapa jenis produk yang ada di Envato yang dapat dimanfaatkan oleh para Freelancer online, yaitu:

1. Videohive

Vidiohive adalah nama salah satu elemen yang ada di Envato yang berisikan berbagai stok video editing. Oleh karena itu elemen ini akan sangat cocok bagi Freelancer online yang berkecimpung di dunia video editing.

2. Audiojungle 

Jenis produk Envato yang kedua bernama Audiojungle. Sesuai dengan nama yang digunakan, maka pada kategori ini akan banyak sekali kamu temukan berbagai koleksi contoh suara. 

Misalnya suara lingkungan sekitar, suara binatang, animasi ragam binatang dan lain-lain.

Kategori yang satu ini akan sangat berguna bagi pencipta musik, YouTuber serta berbagai pekerjaan digital online lainnya.

3. Graphicriver

Di kategori ini kamu akan dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis desain grafis serta visual. Elemen ini biasanya berguna dalam proses pembuatan ilustrasi, ikon, logo dan berbagai produk digital lainnya.

4. Photodune

Produk Envato selanjutnya adalah Photodune. Di dalam Photodune ini kamu akan dapat menemukan berbagai stok foto yang memiliki nilai seni dengan kualitas tinggi. 

5. 3Docean

Bagi para pekerja seni digital atau Freelancer online yang sedang membutuhkan berbagai objek yang berbasis tiga dimensi, 3Docean adalah jawabannya. 

6. Activeden

Di dalam Activeden terdapat banyak ragam produk flash (vector animasi), silverLight atau ActionScript. Selain itu terdapat juga kumpulan GIF, video animasi, video flash dan masih banyak produk digital yang sejenis lainnya.

7. ThemeForest

Untuk kebutuhan web template, ThemeForest dari Envato ini akan jadi solusi. Di ThemeForest kamu akan menemukan berbagai tema, desain template situs, sampai file PSD yang sederhana. 

8. Codecanyon

Nah jenis kategori paling akhir yang ada di Envato adalah Codecanyon. Di dalam Codecanyon terdapat banyak sekali pilihan produk pemrograman dengan berbagai jenis bahasa pemrograman. Selain itu terdapat juga berbagai aplikasi bagi perangkat mobile. 

Manfaat Envato bagi Para Freelancer 

Nah setelah paham apa itu Envato, fungsi serta jenis produknya, yuk pahami manfaat keberadaan marketplace digital ini bagi para Freelancer online.

Pada dasarnya bagi pekerja digital, kehadiran Envato dapat menjadi alat bantu yang efektif. Bagaimana tidak, Envato memiliki banyak sekali materi yang berisi gambar, video dan audio berkualitas tinggi yang dapat dimanfaatkan.

Tentu saja ragam materi ini akan sangat berguna bagi para YouTuber, Blogger dan beragam jenis profesi freelancer online lainnya. Hal ini termasuk juga bagi yang bergerak di bidang creative industry company serta pemerintahan.

Akan tetapi untuk dapat menikmati full feature yang tersedia, kamu harus membeli akun premium Envato elements terlebih dahulu. Kabar baiknya, kamu tak perlu bingung melakukan semua proses pendaftaran secara mandiri. Serahkan saja semua pada layanan di IDcopy.net. 

Melalui IDcopy.net kamu akan leluasa memilih jenis pelayanan sesuai kebutuhan melalui prosedur yang mudah dan tak rumit. 

Apalagi sistem pembayarannya juga mendukung banyak jenis rekening bank. Jadi tunggu apalagi, yuk segera langganan Envato elements di IDcopy.net. 

Gunakan Envato Sekarang!

Semoga uraian tentang Envato sebagai alat pendukung para pekerja Freelancer online ini dapat membuka wawasan kamu, hubungi kontak IdCopy.net untuk berlangganan Envato dengan mudah. 

Semua

Premium

x