Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom Meeting Online

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Zoom Meeting Online

Masa pandemi beberapa tahun lalu memaksa banyak orang untuk tetap tinggal di rumah selama beberapa waktu. Pekerjaan pun juga tidak jarang harus orang-orang lakukan di luar kantor. 

Untuk memudahkan komunikasi, kantor-kantor banyak memakai aplikasi video conference, termasuk Zoom. Lalu, apa kelebihan Zoom?

Apa itu Aplikasi Zoom?

Zoom adalah sebuah aplikasi video conference yang mulai beroperasi dari tahun 2012. Meski sudah selama itu, namun reputasi Zoom baru meningkat di masa pandemi. Banyaknya orang yang bergantung pada aplikasi ini membuat Zoom menjadi nama yang identik dengan meeting online, jauh melebihi merek lainnya.

Selain untuk meeting online, Zoom juga memungkinkan kamu untuk melakukan  webinar (web seminar), kegiatan belajar mengajar, sidang skripsi, dan banyak lainnya.

Namun sebelum menggunakan Zoom, pastikan kamu paham cara buat akun zoom terlebih dahulu. Dengan banyaknya pengaplikasian Zoom di berbagai situasi, lalu  apa sebenarnya keunggulan aplikasi meeting online ini dan apa pula kekurangannya?

Kelebihan Zoom

Zoom memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu temukan lewat berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya. Berikut ini adalah nilai plus dari Zoom dibandingkan dengan aplikasi video conference lainnya.

1. Tidak Perlu Bayar untuk Menggunakan Zoom

Salah satu kelebihan Zoom yang membuat aplikasi ini marak untuk orang-orang gunakan adalah karena model bisnisnya yang berbentuk freemium. Hal ini berarti Zoom bisa kamu gunakan tanpa harus membayar biaya apapun.

Meski begitu, Zoom tentu memerlukan uang untuk membuat bisnisnya tetap berjalan. Maka dari itu, ada fitur-fitur yang hanya bisa kamu akses dengan akun premium Zoom unlimited. Akun jenis ini sendiri bisa kamu dapat setelah membayar sejumlah uang tertentu untuk paket tertentu.

Hal ini tidak membatasi pengguna Zoom sama sekali sebagai pengunjung. Perbedaan antara Zoom berbayar dengan Zoom gratis baru bisa dirasakan oleh pihak yang mengadakan acara atau online meeting terutama dalam skala besar.

2. Kapasitas Ruangan Besar

Meski mungkin kamu hanya mengadakan rapat dalam jumlah puluhan orang. Namun, Zoom juga tetap menyediakan fitur untuk mengundang hingga 1000 orang ke dalam satu room. (sumber: pewarta-indonesia.com)

Hal ini tentu sangat berguna untuk acara-acara webinar yang kebetulan menampung banyak orang di dalamnya.

3. Mendukung Multi-Platform

Tidak sedikit aplikasi yang memiliki keterbatasan soal jenis device yang bisa pengguna gunakan. Namun, berbeda dengan aplikasi yang satu ini. Kelebihan Zoom yang lainnya adalah aplikasi ini dapat kamu gunakan di berbagai macam perangkat.

Semisal host membuka room lewat laptop atau PC, maka para tamu tidak harus menggunakan laptop juga. Mereka bisa menggunakan ponsel, baik Android atau iPhone, selama memiliki jaringan yang memadai.

4. Bisa Menggunakan Jaringan Telepon

Bicara soal jaringan, ternyata Zoom juga bisa kamu akses tidak hanya menggunakan koneksi internet. Pasalnya, Zoom juga memperbolehkan penggunanya untuk terhubung dengan jaringan telepon.

Nantinya, kamu wajib menelepon nomor yang tertera di Zoom untuk bisa menerima audio lewat ponsel. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna dengan koneksi internet yang tidak memadai sehingga mereka tetap bisa mengikuti meeting online.

5. Fitur Share Screen

Untuk mempresentasikan sesuatu, fitur share screen harus betul-betul menjadi fitur yang optimal dalam mengadakan online meeting. Meski banyak aplikasi video call yang memiliki fitur ini, namun Zoom yang benar-benar menyempurnakannya.

Kelebihan Zoom dari segi share screen terletak pada beragam fitur tambahan yang ada. Tidak hanya bisa share screen, kamu juga bisa membagikan audio yang kamu putar tanpa harus membagikan video. Fitur ini sangat berguna untuk memecah kesunyian sembari menunggu online meeting mulai.

Tidak hanya itu, fitur annotation pada share screen Zoom juga bisa memudahkan kamu untuk melakukan presentasi. Fitur ini membuat presentasi bisa kamu coret-coret layaknya sebuah papan tulis. Tentu fitur ini cocok bagi kamu yang suka berimprovisasi.

6. Virtual Background yang Beragam

Jika bicara soal video conference, maka virtual background adalah bumbu utama yang membuat aplikasi video call jadi lebih berwarna dan memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan.

Salah satu kelebihan dari aplikasi meeting ini adalah adanya virtual background yang beragam. Kamu bisa memilih beragam background untuk menjadi latar belakang selama kamu melakukan video conference. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat virtual background kamu sendiri.

Jika bicara soal background, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah sebuah gambar statis. Namun berbeda dengan aplikasi meeting lain, di Zoom kamu bisa memasang virtual background dalam format video yang membuat background kamu lebih dinamis.

Selain itu, ada juga fitur filter dengan beragam aksesoris di dalamnya yang bisa kamu pilih. Fitur-fitur ini bisa kamu gunakan untuk memberikan kesan yang lebih fun meski sebenarnya sedang melakukan meeting. Hanya saja, kamu harus tetap tahu batasannya, ya.

7. Bisa Merekam Hasil Video Conference

Fitur yang satu ini sebenarnya merupakan kelebihan Zoom yang memang terbukti sangat berguna bagi banyak orang, apalagi seorang pewawancara. Dengan Zoom, kamu bisa merekam hasil video call dengan berbagai macam versi, baik audio saja ataupun beserta video.

Perekaman ini hanya bisa dilakukan oleh host dan co-host, dan nantinya hasil rekaman tersebut tersedia dalam bentuk tautan unduhan atau justru langsung tersimpan di dalam perangkat pihak yang mengajukan rekaman.

Terlepas dari prosedur rekamannya, yang terpenting hasil rekaman Zoom hadir dengan kualitas video baik dan dalam ukuran file yang tidak terlalu besar. Hal ini membuat hasil rekaman Zoom ini bisa diakses oleh berbagai macam kalangan.

Kekurangan Zoom

Selain membahas kelebihan Zoom, tentu ada kekurangan yang membuat aplikasi ini memiliki kendalanya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Zoom:

1. Menggunakan Kuota yang Banyak

Karena berbasis video, maka tidak heran jika Zoom memiliki kebutuhan data yang sangat tinggi. Hal ini tentu bukan masalah bagi pengguna Wi-Fi atau jaringan fiber optic. Tetapi bagi orang yang masih mengandalkan paket data atau kuota ponsel, maka hal ini tentu sangat memberatkan.

Maka dari itu, pemerintah dan pihak sekolah sempat memberikan kuota gratis untuk mengatasi masalah ini.

2. Pengaturan yang Rumit

Satu hal yang kamu harapkan ketika sudah mengunduh sebuah aplikasi yaitu akses yang mudah di satu aplikasi tersebut. Namun, Zoom belum bisa menyediakannya untuk saat ini.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengubah password atau gambar profil, aplikasi akan mengalihkan kamu ke browser di mana kamu harus mengatur semuanya lewat website. Tentu hal ini cukup merepotkan, apalagi bila kamu sedang menggunakan ponsel.

3. Durasi Meeting Online yang Terbatas

Ini tentu adalah kendala paling utama yang dirasakan oleh banyak orang. Jika kamu tidak menggunakan Zoom unlimited, maka waktu menggunakan room hanya terbatas selama 40 menit.

Oleh karena itu, jasa Zoom Meeting menjadi solusi yang paling sering orang-orang cari. Selain mudah, kamu hanya perlu membayar satu kali saja sesuai kebutuhan.

Kelebihan Zoom Cukup Memudahkan Meeting Online, bukan?

Jika ingin mengadakan meeting online, maka kelebihan Zoom bisa selalu kamu andalkan untuk memenuhi kebutuhan video conference yang nyaman dan tanpa halangan.

Semua

Premium

x