Kenapa Ada Lagu Yang Tidak Bisa Diputar Di Spotify?

Spotify adalah layanan musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia.

Spotify menyediakan akun pemutaran musik secara free (gratis) dan premium (berbayar). Untuk pengguna versi gratis, kamu akan menemui beberapa batasan, seperti tidak bisa memutar semua lagu yang tersedia, akan ada musik-musik dari artis tertentu yang hanya tersedia bagi pelanggan berbayar.

Selain itu, pengguna juga diganggu dengan beberapa iklan yang muncul setiap beberapa waktu.

Sedangkan untuk pengguna premium bisa bebas download musik, tidak terdapat iklan, bisa memutar semua lagu yang ada di Spotify, serta bisa melewati lagu sesukamu (tersedia tombol next tanpa batas).

Spotify tersedia di berbagai perangkat, termasuk komputer, ponsel, tablet, speaker, TV, serta mobil, dan kamu bisa dengan mudah beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya menggunakan Spotify Connect.

Sejauh ini, Spotify memiliki banyak perubahan, baik itu pada perangkat komputer maupun ponsel untuk membuat pengguna merasa nyaman ketika mendengarkan musik.

Tetapi terkadang ada beberapa permasalah yang terjadi saat menggunakan Spotify, salah satunya yaitu ada lagu yang tidak bisa diputar.

Kenapa Ada Lagu Yang Tidak Bisa Diputar Di Spotify?

Biasanya terjadi karena beberapa alasan dibawah ini:

  • Karena caching.
  • Karena aplikasi Spotify kamu belum di update.
  • Karena gangguan koneksi internet.
    Karena memang kesalahan sistem dari aplikasi (aplikasi Spotify).
  • Karena kamu bukan pengguna Premium.
  • Atau karena penggunaan fitur yang tidak didukung oleh semua perangkat.

Cara Mengatasi Jika Ada Lagu yang Tidak Bisa Diputar di Spotify

Jika kamu menemukan beberapa permasalahan diatas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Masuk Ulang Ke Spotify

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu keluar dari akun spotify dan masuk (login) kembali. Dengan keluar dari akun, segala sesi dan cache yang lama akan terhapus, sehingga ketika login kembali akan membuat data sesi dan cache yang baru.

2. Upgrade Versi Terbaru

Jika cara pertama juga tidak bisa, check aplikasi Spotify kamu sudah merupakan versi terbaru atau belum. Jika belum, maka kamu perlu mengupdate aplikasi pada versi terbaru.

3. Check Koneksi Internet

Langkah mudah selanjutnya yaitu pastikan koneksi internet kamu tetap stabil dan berjalan dengan baik.

4. Install Ulang Spotify

Jika tiga cara sebelumnya membuat kamu tidak bisa memutar lagu di Spotify, kemungkinan ada masalah pada program atau aplikasi Spotify itu sendiri.

Jika kamu menggunakan Spotify pada ponsel, cukup uninstall dan install kembali aplikasi. Sedangkan jika pada PC, silahkan uninstall dan kemudian tekan tombol WIN+R, ketik %APPDATA% dan Enter. Setelah itu hapus folder bernama Spotify.

5. Nonaktifkan Hardware Acceleration

Fitur Hardware Acceleration yang ada di Spotify sebenarnya memiliki sisi positif, tetapi untuk sebagian perangkat tidak mendukung penggunaan fitur ini. Sehingga menimbulkan masalah seperti tidak bisa memutar lagu.

Kebanyakan yang mengalami masalah ini akan muncul notifikasi “can’t play the current song”. Ikuti langkah berikut untuk melakukannya.

A. Login ke akun Spotify kamu.

B. Pilih menu “Setting” dan klik “Show Advanced Setting”.

menampilkan advanced settings pada spotify

Sumber gambar: TuneFab

C. Kemudian disable pada bagian Hardware Acceleration.

nonaktifkan hardware acceleration spotify

Sumber gambar: TuneFab

6. Beralih Ke Akun Premium

Untuk pengguna free, kamu tidak bisa memutar lagu secara bebas, sehingga ada beberapa lagu yang tidak bisa diputar. Sehingga kamu bisa beralih pada pengguna akun premium, caranya juga cukup mudah:

A. Buka Spotify Premium.

B. Pilih salah satu paket yang disediakan dan klik tombol “Mulai”.

paket premium spotify

C. Lakukan pembayaran

Ada beberapa cara melakukan pembayaran untuk penggunaan akun premium Spotify. Mulai dari Kartu Kredit/Debit, Gopay, DANA, OVO, Bank Transfer, bayar tunai melalui Alfamart, Alfamidi, DanDan, Lawson, atau pembayaran melalui Doku Wallet.

In case, banyak juga pengguna Spotify yang kesulitan beralih ke akun Spotify Premium, biasanya mereka menggunakan Jasa Akun Premium Spotify oleh IdCopy. Proses lebih mudah dan lebih cepat. Tinggal hubungi kontak Spotify dan lakukan konsultasi dengan admin IdCopy.

7. Jangan Aktifkan High Quality Streaming

Jika kamu sudah beralih ke akun premium, kamu akan mendapatkan fitur tambahan berupa high quality streaming yang berguna untuk mendengarkan lagu dengan kualitas paling tinggi.

Tetapi disisi lain terdapat kekurangan, karena sebagian perangkat tidak dapat memutar lagu dengan alasan kompatibilitas. Jadi alahkah lebih baik jika kamu mematikan fitur ini dan mencoba memutar lagu kembali.

Nah itulah beberapa alasan kenapa ada lagu yang tidak bisa diputar di Shopify dan 7 cara menanganinya. Jika kamu pengguna Spotify, kamu bisa melakukan 7 cara diatas jika mengalami permasalahan yang sama.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Semua

Premium