Pahami Perbedaan Lisensi AnyDesk dan Spesifikasinya sehingga Kamu Tidak Salah Pilih

AnyDesk adalah software yang khusus ditujukan untuk keperluan remote access. Dengan menggunakan AnyDesk, kamu bisa mengontrol device lain, seperti PC dan laptop dari jarak jauh dengan praktis. Dalam praktiknya, terdapat beberapa perbedaan pada fitur tergantung tingkatan lisensi berbayar AnyDesk yang dimiliki oleh user. Tingkatan lisensi AnyDesk adalah sebagai berikut:

  • Solo
  • Standard
  • Advanced

Sebenarnya ada satu lagi tingkatan tertinggi yaitu lisensi Ultimate namun tidak akan dibahas pada artikel ini karena lisensi tersebut merupakan lisensi enterprise (dapat request spesifikasi secara custom).

Lisensi SOLO

AnyDesk SOLO adalah lisensi single-user untuk pekerja self-employed bidang bisnis profesional dan spesialis IT. Lisensi ini menawarkan fitur basic untuk melakukan pekerjaan dan dukungan teknis secara remote.

Lisensi Solo memiliki fitur:

  • User terlisensi: 1
  • Koneksi keluar (outgoing connection) secara bersamaan (concurrent): 1
  • Device terlisensi (login device) untuk memulai koneksi : 3
  • Device target untuk koneksi (menggunakan Interactive Access, permintaan koneksi perlu diterima atau ditolak secara manual dari device target menggunakan Jendela Penerimaan / Accept Window) : unlimited 
  • Managed device (mengakses device target secara langsung hanya dengan menggunakan password, pelajari selengkapnya di Unattended Access): hingga 100 device

Contoh Kasus

Han Solo merupakan seorang arsitek yang mengharuskannya sering bepergian. Dia memiliki dua device untuk bekerja yaitu laptop yang dibawa bepergian dan PC yang berada di rumahnya. Ketika dia sedang berada di luar rumah atau bepergian, dia menggunakan AnyDesk di laptopnya untuk mengakses secara remote file-file berukuran besar yang ada di PC-nya.

Bagi kamu yang memiliki kebutuhan yang mirip dengan Han Solo, maka pilihannya adalah lisensi AnyDesk SOLO.

Lisensi STANDARD

AnyDesk STANDARD adalah lisensi yang ideal untuk tim dan bisnis kecil hingga menengah, seperti departemen IT hingga penyedia layanan yang ingin menggunakan AnyDesk dengan fitur bisnis dasar.

Lisensi STANDARD memiliki fitur:

  • User terlisensi: 20
  • Koneksi keluar (outgoing connection) secara bersamaan (concurrent): 1 secara default, 19 bisa dibeli secara terpisah sebagai add-on.
  • Device target untuk koneksi (Interactive Access) : unlimited 
  • Managed device (Unattended Access): hingga 500 device

Contoh Kasus

Perusahaan STR memiliki tim yang terdiri dari 20 staf IT Support yang bekerja dalam shift. Pada setiap shift, hanya 5 staf IT Support yang bekerja. Masing – masing staf  ini melakukan koneksi keluar (outgoing connection) selama shift mereka secara bersamaan. 

Berdasarkan kebutuhan ini, Perusahaan STR perlu membeli lisensi AnyDesk STANDARD dengan tambahan add-on 4 koneksi bersamaan.

Lisensi ADVANCED

AnyDesk ADVANCED mencakup seluruh fitur bisnis. Lisensi ini dirancang untuk bisnis berskala menengah dengan tim yang lebih besar di berbagai industri.  AnyDesk ADVANCED merupakan pilihan tepat bilamana kolaborasi menjadi kunci dan koneksi bersamaan yang banyak sangat dibutuhkan.

Lisensi ADVANCED memiliki fitur:

  • User terlisensi: 100
  • Koneksi keluar (outgoing connection) secara bersamaan (concurrent): 2 secara default, 48 bisa dibeli secara terpisah sebagai add-on.
  • Device target untuk koneksi (Interactive Access) : unlimited 
  • Managed device (Unattended Access): hingga 1000 device

Contoh Kasus

Perusahaan ADV adalah perusahaan bisnis berskala menengah. Ada total 40 karyawan terdiri dari tim IT Support dan tim Desain yang memerlukan akses remote.

Selama jam kerja, ke-40 karyawan ini melakukan koneksi keluar secara bersamaan. Koneksi keluar tersebut terdiri dari aktivitas seperti tim IT Support yang memberikan dukungan teknis kepada klien atau tim Desain yang mengakses program di perangkat eksternal.

Selain itu, untuk memiliki gambaran yang lebih baik tentang koneksi keluar yang dilakukan oleh karyawan, Direktur IT memerlukan konsol manajemen untuk menambah atau menghapus pengguna, memberikan izin kepada setiap pengguna, dan melacak penggunaan remote access di dalam perusahaan.

Berdasarkan kebutuhan ini, Perusahaan ADV perlu membeli lisensi AnyDesk ADVANCED dengan tambahan add-on 38 koneksi bersamaan.

Beli Lisensi AnyDesk Original

Semoga dengan artikel ini kamu makin paham kan perbedaan dari masing-masing lisensi AnyDesk dan tidak salah pilih lisensi. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli lisensi AnyDesk Original, klik disini untuk membelinya via IDCopy.

Semua

Premium

x