Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Item di Envato

Envato market merupakan situs microstock tempat orang menjual maupun membeli berbagai produk microstock seperti template, foto, video, musik, dan lain-lain. Di artikel kali ini kita akan membahas khusus untuk envato elements dimana produknya kebanyakan template website untuk suatu platform seperti wordpress, joomla, laravel, dan lain-lain.

Di envato sendiri sang author dari item diharuskan melakukan update pada item yang mereka jual ketika platform (Ex: wordpress) dari item tersebut melakukan update bug, fitur, dan lain-lain.

Selain itu di envato juga ada yang namanya review pada semua item yang dijual di dalamnya. Jadi ketika author ingin menjual itemnya di envato, item tersebut akan melewati proses review yang cukup ketat dan dinilai dari berbagai aspek seperti fitur, keunikan tampilan, originalitas, dan lain-lain.

Dalam membeli item di envato ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu tidak mendapat masalah di kemudian hari. Oke ini tips sebelum membeli item di envato:

  1. Jangan Tergiur Wow Effect

Wow Effect adalah momen dimana kamu terlalu fokus pada tampilan dan tidak memperhatikan hal-hal penting lainnya seperti kompatibilitas, update, support, dan lain-lain. Hal ini sering terjadi karena memang mindset pertama kita saat menuju situs ini adalah mencari template website yang memiliki tampilan bagus.

Namun seharusnya kita juga tetap memperhatikan fitur, kompatibilitas, support, dan lain-lain karena hal ini sangat mempengaruhi untuk kedepannya. Contohnya anggap saja kamu membeli template wordpress A yang dibuat oleh sang author menggunakan builder WP Bakery. Sementara kamu sudah terbiasa menggunakan builder Elementor yang sangat beda sekali dengan WP Bakery. Jika kamu tidak memperhatikan hal ini, pasti kamu akan menyesal setelah membeli template A tersebut.

Kamu bisa melihat pada tabel compatible di atas terdapat berbagai plugin yang digunakan untuk membangun theme tersebut. Mulai dari plugin builder, contact form, forum, dan lain-lain. Sehingga kamu bisa memutuskan apakah theme tersebut cocok atau tidak.

Maka dari itu penting untuk memperhatikan segala aspek sebelum membeli item di Envato.

  1. Pilih Elite Author

Di envato ada yang namanya badge Elite Author. Dimana author yang sudah memiliki nilai penjualan minimal $75.000 yang dapat memiliki badge ini. Nah dalam membeli item di envato, usahakan kamu memilih author yang memiliki badge ini.

Karena apa? Karena dapat dipastikan author yang mendapatkan badge ini sudah memiliki jam terbang tinggi dan memiliki reputasi yang bagus. Dan dapatkan dipastikan support yang diberikan dari sang author juga pasti bagus. Jadi usahakan ketika membeli item di envato agar memilih author dengan badge Elite Author.

  1. Multi Purpose

Tema multi purpose adalah tema yang memiliki fleksibilitas dalam penggunaanya. Dalam arti lain kamu bisa menggunakan tema multi purpose untuk berbagai jenis website seperti blog, landing page, ecommerce, dan lain-lain.

Seperti pada gambar di atas, theme multipurpose pasti memiliki fleksibilitas akan dibuat website apa theme tersebut. Kamu bisa lihat pada bagian tags bisa menjelaskan bisa dijadikan website jenis apa saja theme tersebut. Mulai dari landing page agency, blog, photography, corporate, woocommerce, dan lain-lain.

Dengan begitu jika kamu memiliki keinginan untuk menambah fitur ecommerce misalnya di masa mendatang, kamu bisa menggunakan theme tersebut tanpa harus membeli baru lagi.

  1. Fitur Kekinian

Banyak sekali fitur-fitur baru yang kehadirannya terkadang sangat dibutuhkan sebagai eksistensi dari website kamu. Contohnya seperti fitur dark mode, responsive, dan lain-lain.

Fitur responsive memang bisa dikatakan harus wajib ada mengingat saat ini sudah banyak sekali perangkat dengan berbagai ukuran baik itu laptop, tablet, maupun smartphone. Tujuannya agar website kita bisa menyesuaikan tampilannya saat diakses dari berbagai ukuran perangkat tersebut.

Nah fitur-fitur seperti itulah yang harus kamu perhatikan karena teknologi terus berkembang dan kita dituntut untuk terus menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Dan tentunya juga menyesuaikan dengan kebutuhan website yang kamu butuhkan.

  1. Perhatikan Rating dan Ulasan

Seperti yang kamu lakukan sebelum membeli barang, selalu perhatikan rating. Ini menjadi tolak ukur terakhir yang bisa kamu lihat dari orang-orang yang telah membeli item tersebut. Apakah mereka merasa puas atau malah sebaliknya.

Selain itu juga lihat bagian kolom komentar, biasanya para calon pembeli item tersebut akan menanyakan beberapa hal yang dengan item tersebut dan akan dibalas langsung oleh developer. Contohnya kamu bisa gambar dibawah ini:

Nah dari 1 komentar saja kamu bisa mengetahui bahwa pada template tersebut kamu bisa melakukan penyesuaian pada bagian header sesuai yang kamu inginkan. Dan masih banyak berbagai komentar yang bisa membantu kamu memutuskan untuk membeli template tersebut atau tidak.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli item di envato. 5 tips di atas sangat penting untuk kamu terapkan agar kamu tidak menyesal ketika sudah terlanjur membeli sebuah item yang tentunya harganya juga tidak murah.

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu