Dapatkan promo terbaru dengan mengisi formulir di bawah ini!

Langganan Promo Terbaru IDCopy

* indicates required

Tips Beli Tema di Themeforest Envato

Sebagai marketplace digital, envato menyediakan berbagai produk digital, salah satunya yaitu Themeforest. Themeforest menjual berbagai macam template untuk website dan blog, baik untuk bisnis, periklanan, dan lain sebagainya. Tinggal pilih template yang sesuai kebutuhan kamu.

Tapi sebelum membeli template di themeforest, perhatikan 5 hal ini:

1. Harga

Setiap template memiliki harga yang berbeda-beda, biasanya harga menunjukkan kualitas sebuah template. Semakin murah harga yang diberikan, semakin banyak pula kelemahan template tersebut, begitupun sebaliknya.

Maka dari itu jangan terpikat dengan harga yang murah saja. Kamu juga harus memperhatikan kualitasnya agar tidak merasa rugi ketika menggunakan template yang sudah kamu beli tersebut.

Dan harga template pada themeforest biasanya juga akan berubah sesuai dengan penjualan. Semakin banyak yang terjual, semakin cepat pula harganya menuju titik maksimum.

2. Lisensi

Themeforest menerapkan dua lisensi pada masing-masing template yang dijual, yakni Regular License dan Extended License.

Regular license yaitu template yang hanya bisa dipakai pada satu website, satu domain, dan tidak bisa di transmisi. Jika sudah dipakai pada satu website, kemudian kita ingin memindahkan ke website lain, maka hal ini tidak bisa dilakukan.

Sedangkan extended license adalah lisensi yang memperbolehkan pembeli untuk menjualnya dalam bentuk kemasan sendiri, misalnya kalau kamu membuatkan website untuk klien dengan memakai suatu template dan kemudian memasang tarif untuk klien tersebut, maka hal ini bisa dilakukan. Tetapi, tidak bisa juga diperjual belikan secara bebas.

Kamu bisa lihat perbedaannya pada tabel berikut:

Maka dari itu, jangan lupa memilih lisensi sebelum melakukan transaksi. Pilih lisensi sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

3. Jumlah Penjualan

Melalui themeforest kamu bisa melihat jumlah penjualan (jumlah orang yang sudah membeli) suatu template tertentu. Melalui jumlah penjualan ini, kamu bisa menilai kualitas sebuah template, karena semakin banyak yang membeli, semakin baik pula kualitasnya. Tetapi harganya juga akan semakin tinggi kan?

Berikut contoh jumlah penjualan sebuah template:

4. Rating dan Komentar

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan yaitu rating dan komentar yang diberikan oleh pembeli sebelumnya.

Pembeli berhak memberikan rating pada suatu produk yang pernah mereka beli dan rating tidak bisa diberikan oleh sembarang orang karena akan diminta kode pembelian. Sehingga rating yang kamu lihat, benar-benar murni berasal dari pembeli (bukan fake rating).

Selanjutnya lihat juga komentar-komentar untuk setiap produk, biasanya kolom komentar jarang yang kosong. Karena kebanyakan pembeli melakukan tanya jawab atau komplain dengan penjual. Tentunya hal ini bisa memberikan gambaran kepada calon pembeli, apakah template tersebut bagus atau tidak.

Kamu bisa melihat rating dan komentar sebuah template seperti gambar berikut:

5. Baca Informasi yang Disediakan

Tips terakhir sebelum membeli template di themeforest yaitu memperhatikan informasi yang disediakan oleh penjual. Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan, seperti tanggal update, compatible browser, layout, software version, dan informasi penting lainnya.

Lalu bagaimana jika penjual tidak menampilkan informasi yang lengkap? Tinggal tulis di kolom komentar atau hubungi langsung si penjual.

Setelah mengetahui beberapa informasi tentang template yang dijual, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Berencana mau beli template di Themeforest, jangan lupa baca 5 tips diatas ya.
Semoga bermanfaat!

Orang Telah Bertransaksi

30 menit yang lalu