8 Cara Hemat Kuota Data Internet Saat Zoom Meeting

Zoom menjadi salah satu aplikasi video conference yang banyak digunakan hingga saat ini, terlebih di masa pandemi yang mengharuskan kita untuk melakukan berbagai aktivitas secara online.

Baik untuk meeting bersama rekan kerja, proses belajar mengajar, hingga sekedar mengobrol dengan saudara atau teman dekat. Diketahui data dari Databoks yang menunjukkan, pendapatan Zoom meningkat hingga 191% pada kuartal 1 tahun 2021, artinya pengguna Zoom terus meningkat setiap tahunnya.

Kamu bisa melihat datanya pada gambar berikut.

pendapatan zoom meningkat 2021

Baca juga: Mengenal Apa itu Zoom

Namun, beberapa pengguna Zoom mengatakan, semakin lama durasi menggunakan Zoom, kuota internet yang dibutuhkan juga semakin besar, apakah kamu salah satu pengguna Zoom yang juga menyadari akan hal ini?

Kamu tidak perlu khawatir, ada 8 cara hemat kuota data internet saat zoom meeting.

1. Gunakan Fitur Share Screen Sesuai Kebutuhan

Saat melakukan zoom meeting, kamu bisa menggunakan Share Screen ketika melakukan presentasi agar peserta meeting (partisipan) bisa melihat materi presentasi.

Pastikan untuk berhenti membagikan layar (sharing screen) ketika tidak perlu lagi menampilkan presentasi. Cukup gunakan fitur ini jika hanya dibutuhkan saja, karena penggunaan fitur ini membutuhkan lebih banyak kuota data internet.

2. Mematikan Kualitas Video HD

Mengaktifkan tampilan video dengan resolusi HD (High Definition) dapat menghabiskan lebih banyak penggunaan kuota internet. Sebisa mungkin cukup gunakan tampilan video dengan resolusi standard.

Untuk mematikan kualitas video HD, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut:

A. Klik “Meeting Information” pada sudut kiri atas.

meeting information zoom

B. Pilih icon “Setting”.

menu setting pada zoom

C. Pilih menu “Video” dan Unchecklist pada bagian Kamera.

Cara Mematikan Kualitas Video HD pada zoom

3. Matikan Kamera Jika Tidak Dibutuhkan

Menghidupkan kamera saat meeting ternyata juga membutuhkan lebih banyak kuota saat melakukan zoom meeting. Kamu bisa mengurangi penggunaan kamera di saat tertentu, misalnya bergabung dalam sebuah meeting yang sekiranya tidak terlalu resmi atau bersifat non formal.

Untuk mematikan kamera, kamu cukup memilih opsi “Turn Off Camera” ketika awal bergabung ke dalam sebuah meeting. Atau klik “Stop Video” pada bagian kiri bawah setelah bergabung dalam meeting.

Matikan Kamera pada Zoom

4. Mematikan Microphone Saat Tidak Dibutuhkan

Selain kamera, penggunaan microphone juga membutuhkan lebih banyak kuota dibandingkan tidak menggunakan kuota. Matikan microphone ketika kamu sedang tidak berbicara (tidak dibutuhkan).

Kamu juga bisa memilih opsi “Turn Off Audio” ketika awal bergabung ke dalam sebuah meeting. Atau klik “Mute My Audio” pada bagian kiri bawah setelah bergabung dalam meeting.

Mematikan Microphone pada Zoom

5. Pilih Tampilan Layar Yang Lebih Kecil

Diketahui dari website resmi Zoom yang mengatakan, untuk pengguna iPad dan iPhone, jika kamu akan mengaktifkan video dengan tampilan layar yang penuh, maka kamu harus menggunakan bandwidth seluler yang memadai. Kamu juga bisa melihat beberapa peserta meeting melalui tampilan Gallery.

Artinya dengan tampilan layar yang penuh, penggunaan kuota data internet akan lebih banyak. Sehingga kamu bisa memilih tampilan layar yang lebih kecil untuk menghemat kuota data internet.

6. Memanfaatkan Platform Document Online

Pengguna zoom juga bisa memanfaatkan platform document online apabila ingin membagikan file, misalnya presentasi.

Ada beberapa document online yang bisa kamu gunakan seperti Google Sheet, Docs, atau layanan lainnya.

Hal ini peserta meeting bisa saling berbagi document tanpa menggunakan fitur share screen yang membutuhkan lebih banyak kuota data internet.

7. Gunakan Opsi Perekam Cloud Saat Meeting

Saat melakukan meeting, kamu dapat memanfaatkan opsi perekaman video conference di layanan cloud yang disediakan oleh Zoom.

Rekaman video kamu tersebut akan langsung di transfer ke layanan cloud, sehingga kamu tidak perlu upload kembali ke komputer yang hanya akan memenuhkan hardisk komputer.

8. Hindari Penggunaan Data Lain Saat Mengaktifkan Zoom

Cara terakhir untuk menghemat kuota data internet ketika melakukan zoom meeting yaitu dengan tidak menjalankan aplikasi lain, seperti streaming video Youtube, music, game online, upload dan download file besar selamat meeting berlangsung.

Nah itulah 8 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota data internet saat melakukan zoom meeting. Mulai sekarang kamu bisa menghemat lebih banyak penggunaan kuota data internet.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Tags: