Cara Mudah Menggunakan Fitur Raise Hand di Zoom

fitur raise hand di zoom

Raise hand merupakan fitur di aplikasi Zoom berupa angkat tangan yang digunakan untuk menarik perhatian peserta rapat agar pengguna dapat menyampaikan pendapatnya. Dibanding langsung berbicara, lebih baik kamu menggunakan fitur ini saat ingin berpartisipasi dalam forum rapat.

Jika pemimpin rapat sudah mempersilahkan untuk berbicara, sampaikan pemikiran  atau ide kamu dengan tenang. Sehingga, kamu akan lebih disegani dan tidak terkesan memotong pembicaraan orang lain. Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Fitur Raise Hand di Zoom?

Berdasarkan data dari Business of Apps, pendapatan Zoom pada tahun 2022 meningkat sebesar 12,3 % daripada tahun lalu. Kondisi tersebut terjadi karena Zoom merupakan aplikasi video conference yang paling banyak diunduh khususnya di Indonesia (sumber: Databoks).

Pencapaian itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, Zoom terus meningkatkan pelayanan untuk mempermudah pengguna dengan menghadirkan beragam fitur. Salah satunya adalah fitur raise hand di aplikasi Zoom. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengangkat tangan saat rapat sedang berlangsung. Sehingga, kamu bisa menarik perhatian host ketika ingin berpendapat atau berbagi keresahan kepada peserta lain. Dengan demikian, rapat dapat berjalan lancar.

Cara ini termasuk yang paling efektif daripada kamu mengangkat tangan secara langsung atau berbicara melalui mikrofon Zoom sebelum dipersilakan. Maka, bisa dikatakan raise hand termasuk fitur yang penting.

Manfaat Fitur Raise Hand Zoom

Setelah memahami apa itu fitur raise hand di Zoom, setidaknya kamu sudah mengetahui manfaatnya yaitu sebagai alat komunikasi.

Di samping itu, manfaat lainnya yaitu sebagai alat untuk menyampaikan pendapat, ide atau gagasan tertentu; sebagai alat untuk mengetahui keaktifan peserta forum; sebagai penanda bahwa ada pihak lain yang ingin berbicara; sebagai media bantu saat sesi tanya jawab; dan lain sebagainya.

Selain manfaat di atas, dengan adanya fitur ini akan memudahkan kamu dalam menjaga sikap serta menjaga ketertiban selama rapat berlangsung. Untungnya, Zoom sudah mengurutkan peserta yang “angkat tangan” dari yang tercepat.

Oleh karena itu, meski banyak peserta yang mengangkat tangan, kamu tetap mendapat kesempatan berbicara di awal. Dengan catatan kamu memang yang tercepat mengangkat tangan ketimbang peserta lain.

Nah, banyak kan manfaatnya? Maka, kamu harus bisa menggunakan fitur ini untuk memaksimalkan peran dan kontribusi dalam rapat. 

Cara Menggunakan Fitur Raise Hand di Zoom

Bagi orang yang tidak terlalu akrab dengan teknologi, menggunakan aplikasi Zoom pasti tidaklah mudah. Namun, perkembangan zaman menuntut mereka untuk bisa menyesuaikan diri dengannya. 

Jika kamu adalah seorang pebisnis, sebaiknya gunakan Zoom premium agar lebih optimal dan tidak terbatas dengan durasi waktu meeting serta jumlah peserta rapat.

Sebenarnya, baik akun premium Zoom maupun yang biasa sudah memiliki fitur yang lengkap untuk membantu para pengguna. Apalagi aplikasi video conference seperti Zoom memiliki berbagai fitur yang sangat berguna.

Akan tetapi, apa jadinya jika masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakan fitur-fitur tersebut, misalnya fitur “angkat tangan”? Jika kamu dalam kondisi demikian, tidak usah bingung atau bimbang. Karena sekaranglah saatnya kamu untuk mempelajarinya.

Tulisan ini akan menjelaskan cara menggunakan fitur raise hand di Zoom secara detail. Berikut penjelasannya, yaitu:

1. Cara Raise Hand di Zoom Melalui PC atau Mac

Apabila kamu sering menggunakan personal computer (PC) atau Mac, ikuti langkah-langah di bawah ini ketika ingin menggunakan fitur raise hand.

  • Saat rapat sedang berlangsung, cari ikon “Participants” pada meeting control di bagian bawah layar.
  • Setelah itu pilih label “Raise Hand” dari beberapa opsi yang tersedia.
  • Jika sudah, ikon tangan akan terangkat.
  • Kamu bisa menunggu hingga moderator, host, atau pemimpin rapat mempersilahkan untuk berbicara. 
  • Kemudian kamu bisa menyalakan pelantang atau mikrofon pada Zoom.

2. Cara Raise Hand di Zoom Melalui Android atau Smartphone

Selain memakai PC, biasanya orang menggunakan smartphone saat melakukan meeting di aplikasi Zoom. Jika kamu tipe orang yang seperti itu, fitur raise hand pun juga bisa kamu gunakan dengan mudah. 

Langkah-langkah yang perlu kamu tempuh antara lain yakni:

  • Cara ini bisa dilakukan ketika rapat sedang berlangsung di aplikasi Zoom smartphone.
  • Lalu, kamu perlu mengklik ikon titik tiga.
  • Berikutnya, klik ikon “More” yang ada di meeting control pada sisi bawah kanan layar smartphone atau Android kamu.
  • Selanjutnya klik “Raise Hand” pada pop up yang muncul di bawah layar.
  • Jika sudah dilakukan, ikon angkat tangan akan muncul.
  • Penyelenggara rapat akan mengetahui bahwa tangan digital kamu sudah terangkat.
  • Bersabarlah sampai penyelenggara mengizinkan kamu untuk berbicara.

3. Cara Raise Hand dalam Panggilan Telepon Zoom

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur raise hand dengan cara yang lain. Jika kamu bergabung dalam meeting memakai panggilan telepon, cara “angkat tangan” yang harus dilakukan agak berbeda.

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan yaitu saat sudah bergabung dengan rapat, tekan *9 pada papan tombol telepon kamu untuk mengaktifkan fitur raise hand atau angkat tangan.

Cara Lower Hand di Zoom

Setelah kamu menggunakan fitur raise hand di Zoom, jangan lupa menurunkannya kembali atau lower hand saat sudah selesai berbicara. Sehingga, kamu tidak membingungkan host dalam rapat tersebut. 

Cara melakukan lower hand sebenarnya tidak sulit. Tapi, sangat wajar jika kamu masih belum memahami saat pertama kali menggunakannya. Berikut langkah-langkah lower hand di Zoom yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Cara Lower Hand Diri Sendiri di Zoom

Apabila kamu sudah selesai berbicara dalam forum atau tidak sengaja mengetuk fitur raise hand, sebaiknya segera turunkan tangan tersebut agar tidak mengganggu. 

Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan menekan “Lower hand” yang muncul di pop up menggantikan ikon “Raise hand”. Mudah, bukan?

2. Cara Lower Hand Peserta Zoom

Sebaliknya, jika kamu merupakan penyelenggara rapat dan ingin lower hand peserta, maka langkah yang harus dilakukan yaitu klik tombol “Peserta”. 

Selanjutnya, ketika panel peserta muncul kamu perlu mengarahkan mouse ke nama yang ingin diturunkan tangannya. Saat kamu mengarahkan nama peserta, klik opsi “Tangan Bawah” untuk lower hand.  

Apabila kamu memakai ponsel saat meeting di Zoom, untuk dapat lower hand seseorang silahkan klik tab “Peserta”. Kemudian ketuk nama pengguna dan pilih opsi “Lower Hand” yang terdapat pada menu pop up

Sudah Pernah Coba Fitur Raise Hand di Zoom?

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa itu fitur raise hand di Zoom, manfaatnya, dan cara menggunakannya. Cukup mudah, bukan? kamu bisa dengan mudah berpartisipasi menyumbangkan ide/gagasan/pendapat dalam meeting melalui aplikasi Zoom.Jika kamu ingin menggunakan akun premium Zoom untuk mengoptimalkan meeting, bisa gunakan jasa pembayaran Zoom Pro yang disediakan oleh IDCopy. Di samping itu, kamu bisa membantu teman yang kesulitan menggunakan fitur “angkat tangan” atau membagikan tulisan ini agar makin banyak orang yang paham.

Semua

Premium

x