Perbedaan Fitur Zoom Premium dan Gratis, Pilih Mana?

fitur zoom premium

Apa saja perbedaan antara fitur Zoom premium dan gratis? Sebelum membahas seputar fitur, masyarakat masa kini tentu tahu bahwa Zoom Meeting merupakan aplikasi yang sudah sangat terkenal. Apalagi selama pandemi Covid-19 dimana berbagai pertemuan atau aktivitas harus berlangsung secara online.

Pertemuan yang sebelumnya telah direncanakan pun harus dilakukan melalui rumah. Untuk memudahkan aktivitas tersebut, ada sebuah aplikasi yang menawarkan fitur menarik, aplikasi tersebut yaitu Zoom Meeting.

Sudah banyak yang memakai aplikasi ini. Ketika menggunakan Zoom untuk pertama kali, kamu akan diminta memilih apakah akan menggunakan akun gratis atau berbayar. Kedua jenis akun ini tentu memiliki perbedaan sehingga penting untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Inilah Perbedaan Fitur Zoom Premium dan Gratis

Ketika mempelajari cara buat akun Zoom, kamu juga harus memikirkan jenis akun yang ingin kamu gunakan nanti apakah versi gratis atau berbayar. Pastinya untuk akun berbayar akan memiliki lebih banyak kelebihan daripada versi gratis.

Ini bisa kamu lihat pada kelengkapan fitur-fiturnya. Adapun beberapa perbedaan fitur Zoom premium serta gratis antara lain:

1. Kapasitas Jumlah Peserta

Untuk Zoom Meeting versi gratis, akun tersebut hanya mampu menampung kapasitas peserta hingga mencapai 100 orang saja.

Mungkin untuk kegiatan seperti pembelajaran, hal ini tidak terlalu berpengaruh karena umumnya jumlah murid dalam satu kelas tidak mencapai 100 anak.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika akun tersebut kamu gunakan untuk menggelar acara pelatihan atau seminar dalam skala besar. Apalagi, jumlah pesertanya pun berpotensi lebih dari 100 orang. Maka dari itu, solusinya adalah kamu harus memilih akun Zoom berbayar.

Ketika menggunakan akun berbayar, kapasitas peserta yang bisa bergabung bisa meningkat 10 kali lipat atau tepatnya mencapai 1000 orang. Namun hal tersebut menyesuaikan paket yang kamu pilih.

2. Durasi Meeting

Aplikasi Zoom yang kamu gunakan secara gratis hanya memberikan batasan durasi sampai 40 menit. Ketika durasinya akan habis, biasanya kamu akan memperoleh notifikasi setidaknya 5 sampai 10 menit sebelum durasi pertemuan tersebut habis.

Tentu saja ini akan menjadi kendala ketika kamu harus menggunakan Zoom Meeting untuk melakukan pertemuan dengan durasi lebih dari 40 menit.

Lalu bagaimana untuk akun berbayar? Fitur Zoom premium lain yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan akun berbayar yaitu durasi meeting yang lebih panjang, waktunya pun bisa bahkan mencapai 24 jam.

Ini merupakan durasi yang sangat lama daripada hanya 40 menit. Untuk itu, sebuah pertemuan yang diselenggarakan selama berjam-jam sudah pasti akan lebih pas jika menggunakan akun Zoom berbayar.

3. Dukungan Live Streaming

Ketika memilih akun berbayar, akun tersebut dapat mendukung streaming secara langsung pada media sosial. Itu artinya, video conference yang kamu lakukan bisa langsung dilihat banyak orang.

Mereka tidak harus bergabung ke akun kamu untuk melihat aktivitas di Zoom Meeting.

Fitur ini sangat bermanfaat ketika jumlah peserta mencapai lebih dari 1000 orang. Jadi peserta yang tidak dapat bergabung bisa menyaksikan live streaming kamu seperti lewat YouTube.

4. Record Meeting

Bagi kamu yang ketinggalan pada saat pertemuan online sementara pertemuan Zoom tersebut menggunakan akun berbayar, maka kamu tidak perlu khawatir. Hal ini karena salah satu fitur Zoom premium yang juga kamu dapatkan adalah fitur perekaman atau record meeting.

Untuk akun berbayar, sudah tersedia juga fitur penyimpanan yang berbasis cloud. Sebuah fitur yang tidak bisa kamu peroleh ketika kamu memakai akun Zoom gratis. Nanti, hasil perekaman akan otomatis tersimpan di cloud. Selain itu, hasil rekaman juga bisa kamu simpan dalam perangkat dengan memilih penyimpanan local.

Untuk fasilitas penyimpanan ini biasanya tersedia hingga kapasitasnya 1 GB. kamu juga bisa meningkatkan kapasitas tersebut dengan berlangganan akun enterprise.

5. Whiteboard Tidak Terbatas

Ketika kamu menggunakan akun gratis, kamu akan memperoleh 3 papan tulis. Sementara itu, ketika menggunakan akun Zoom berbayar, maka akan ada fitur papan tulis yang bisa kamu gunakan tanpa batas. Jadi, kamu bisa memakai papan tulis tersebut sesuai keinginan kamu.

6. Enkripsi Berupa GCM 256 bit

Fitur Zoom premium berikutnya yaitu terkait sistem keamanannya. kamu bisa memperoleh fitur keamanan berupa enkripsi yang terkenal powerful. Dengan GCM 256 bit tipe AES, jadi seluruh data-data kamu yang muncul selama meeting akan terjamin keamanannya.

Selain menawarkan jaminan keamanan terhadap data-data kamu, fitur berbayar ini juga menawarkan integritas jaminan keamanan pada video Zoom webinar. Berbeda dengan fitur gratis yang memang sudah ada fitur keamanan namun tingkat proteksinya tidak seperti pada akun berbayar.

Dengan sistem enkripsi pada Zoom premium ini, kamu bisa merasa lebih aman. Data-data kamu tidak akan tersebar karena proteksinya terbilang kuat. Akan sangat sulit jika ada orang lain yang ingin mencuri data-data kamu tersebut.

Apa Saja Fitur Zoom Premium Lainnya?

Selain keenam fitur di atas, para pengguna akun Zoom berbayar juga masih memperoleh fitur lain yang tidak kalah bermanfaat, berikut ini beberapa fiturnya:

A. Immersive

Pada Zoom premium ada sebuah fitur yang cukup menarik. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memperoleh tampilan berbeda. Jadi, peserta yang join ke Zoom kamu akan berada pada sebuah frame selayaknya ketika berada di bioskop.

Jadi, masing-masing peserta tersebut bisa duduk di kursi dan ketika ada peserta yang tidak hadir maka otomatis kursinya kosong. Tampilan menarik seperti ini sudah tentu menjadikan suasana pertemuan terasa hidup dan menyenangkan meskipun pertemuan tersebut hanya berlangsung secara daring.

Para peserta pun tidak akan bosan dan wajah peserta juga akan menyatu dengan background. Sebuah fitur yang memang sangat bermanfaat untuk menghadirkan pertemuan online ini mampu menarik perhatian para peserta Zoom dengan cukup efektif.

B. Transkrip serta Perekamannya

Fitur Zoom premium selanjutnya yaitu berkaitan dengan transkrip rekaman. Akun berbayar memang sudah mendukung fitur ini sejak pembicara pertama kali mulai menyampaikan materi.

Sudah tentu fitur ini sangat bermanfaat ketika ada peserta yang belum paham saat pembicara menggunakan bahasa asing. Melalui fitur transkrip tersebut, kamu bisa memahami apa yang sedang disampaikan pemateri. Kemudian ada juga audio transkrip yang akan semakin memudahkan para peserta Zoom Meeting.

3. Merek Perusahaan

Bagi yang akan menambahkan logo perusahaan maupun sekolah, kamu bisa melakukannya pada akun berbayar. Tujuannya untuk membuat pertemuan yang berlangsung terlihat lebih profesional. Biasanya fitur ini dipakai oleh perusahaan, instansi, atau organisasi tertentu yang sedang melakukan pertemuan online.

Sudah Paham Apa Saja Fitur Zoom Premium?

Kesimpulannya, bagi pengguna akun berbayar ternyata banyak fitur Zoom premium yang akan mereka dapatkan. Untuk itu, penting untuk beralih ke akun Zoom unlimited ini karena banyak fitur yang semakin memudahkan kamu ketika mengadakan pertemuan online. Pertemuan pun bisa tetap menyenangkan.

Bagi yang sedang mencari jasa Zoom Meeting atau untuk beli zoom premium, IDCopy adalah jawabannya. Di sini kamu akan mendapatkan banyak layanan mulai dari pembuatan akun, pembayaran, dan berbagai produk lainnya. Semoga bermanfaat.

Semua

Premium

x