Preset Lightroom : Pengertian, Kelebihan, Jenis, Dan Cara Penggunaan

Adobe Lightroom atau biasa dikenal Lightroom adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh para profesional untuk mengedit foto. Tidak hanya tersedia untuk PC, Lightroom juga hadir dalam versi mobile.

Kemudahannya dalam proses editing membuat aplikasi ini cukup digemari dan digunakan oleh banyak orang. Dan dalam proses pengeditan ada preset-preset yang bisa kita gunakan.

Bagi pemula yang menggunakan aplikasi Lightroom, mungkin masih bingung dengan istilah Preset Lightroom. Di artikel ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai preset lightroom.

Apa Itu Preset Lightroom?

Preset lightroom adalah hasil settingan di aplikasi lightroom yang kita jadikan sebuah file dan file tersebut bisa dipakai kembali dengan hasil editan yang sama.

Simpelnya preset lightroom yaitu save dari settingan yang telah dilakukan sebelumnya. Pada preset ini memuat settingan yang beragam mulai dari exposure, contras, highlights, coloring, dan lain-lain.

Dengan preset lightroom maka seseorang tidak perlu membuat settingan editing lagi dari awal, cukup dengan klik preset maka foto kalian akan teredit sesuai dengan preset kalian.

Kelebihan Menggunakan Preset Lightroom

Berikut beberapa kelebihan menggunakan preset Lightroom yang bisa kamu dapatkan.

1. Menghemat Waktu

Untuk mengedit sebuah foto, berapa lama waktu yang kamu butuhkan? Lima menit? Sepuluh menit? Atau bahkan 30 menit? Durasi yang dibutuhkan biasanya tergantung hasil efek yang diinginkan. Semakin rumit effect yang kamu gunakan, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan.

Berbeda dengan preset, kamu tinggal menggunakan preset yang sudah ada. Sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

2. Praktis Untuk Digunakan

Kelebihan preset selanjutnya yaitu kepraktisan saat menggunakannya, hanya dengan satu klik saja, kamu sudah bisa mendapatkan editing foto yang menarik.

Kamu tidak perlu mengatur banyak aspek lain di dalam fotomu. Tinggal pilih preset yang kamu inginkan, maka fotomu langsung teredit.

3. Membuat Tone Warna yang Konsisten

Preset mengandung banyak aspek yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu, misalnya dalam penggunaan exposure, shadow, warna, dan grain.

Jika sudah mendapat satu kombinasi yang cocok, kamu bisa menggunakannya untuk semua foto kamu. Sehingga foto-foto tersebut memiliki tone warna yang seragam (konsisten).

4. Mengedit Foto Sekaligus

Terkadang kamu perlu mengedit foto secara bersamaan, tentu ini akan menjadi sesuatu yang melelahkan jika harus mengedit satu per satu dari awal. Mulai dari pencahayaan, saturasi, warna, detail, hingga crop perlu kamu atur sedemikian rupa.

Oleh karenanya, manfaatkanlah preset Lightroom. Kamu bisa menggunakan preset tersebut untuk beberapa foto sekaligus.

Jenis Preset Lightroom

Ada beberapa jenis preset lightroom untuk adobe lightroom mobile dan preset untuk adobe lightroom windows atau macOS. Berikut penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

A. Jenis Preset Berformat .lrtemplate

Preset berformat .Irtemplate adalah jenis preset yang digunakan pada adobe lightroom versi windows atau macOS.

Jenis format ini merupakan format awal dari sebuah perkembangan lightroom, karena dulu lightroom menjadi aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk perangkat desktop (pc atau laptop) dengan berbasis windows atau macOS.

B. Jenis Preset Berformat .dng

Preset dengan format .dng adalah format gambar mentah lossless raw image format Non-Free yang ditulis oleh adobe yang digunakan untuk fotografi digital.

Jika menggunakan format .lrtemplate kamu hanya bisa menyimpan file settingan saja, dengan format ini kamu juga bisa menyimpan dengan foto kamu.

C. Jenis Preset Berformat .xmp

Preset dengan format .xmp adalah jenis preset yang digunakan pada adobe lightroom versi mobile. Ketika menyimpan preset, maka kamu akan menghasilkan file dengan format .xmp .

Cara Menggunakan Preset Lightroom

Untuk menggunakan preset, terlebih dahulu kamu harus membuat preset sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Ikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Upload salah satu foto yang akan kamu edit

Cara Menggunakan Preset Lightroom

2. Atur tone warna yang kamu inginkan

Atur tone warna pada preset lightroom

3. Pilih tombol titik di bagian kanan atas, dan klik “Create Preset

create preset pada lightroom

4. Masukkan nama preset dan klik tombol “Save

save preset pada lightroom

5. Sekarang kamu sudah berhasil membuat preset dan untuk menggunakannya kamu bisa melihat contohnya pada bagian dibawah ini

Contoh Penggunaan Preset Lightroom

A. Upload salah satu foto yang akan kamu edit.

B. Pilih menu “Preset”.

Contoh Penggunaan Preset Lightroom

C. Pilih “User Preset”.

user preset pada lightroom

D. Dan pilih preset yang telah kamu buat sebelumnya, jangan lupa klik tombol “Save” untuk menyimpan perubahan. .

user preset pada lightroom

E. Foto kamu sudah berhasil diedit sesuai dengan foto yang sebelumnya.

Rekomendasi Beli Akun Lightroom Dimana?

Untuk membeli akun Lightroom bukan sesuatu yang sulit, banyak seller yang menjual preset yang menjual prest yang bisa kamu temukan secara online. Salah satunya yaitu melalui IdCopy.

IdCopy yaitu penyedia jasa premium account seperti Ryushare, Rapidgator, FileParadox, NetLoad, Lightroom dan sebagainya. Jika kamu ingin tahu apa saja premium account yang dijual oleh IdCopy, kamu bisa kunjungi Premium Account.

Dan untuk pembelian akun premium Lightroom, prosesnya sangat mudah, cepat, dan dengan harga terjangkau. Buka halamanpremium account Lightroom, dan klik tombol “Beli Sekarang”, kamu akan langsung terhubung dengan admin IdCopy.

Rekomendasi Beli Akun Lightroom

Sudah Siap Menggunakan Preset Lightroom?

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai preset lightroom, dan jangan lupa untuk membeli akun premium Lightroom melalui IdCopy ya.

Baca juga: Lightroom : Sejarah, Pengertian , Kegunaan, Kelebihan, Dan Fitur Terbaru

Semua

Premium